Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik

Banyak yang tidak paham dengan perbedaan anatara strategi, model, pendekatan, metode, dan teknik. Nah berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah tersebut.
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Pendekatan adalah konsep dasar yang mewadahi,menginsipi rasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan,langkah- langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.

Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.

Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti- ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.

Bungkus dari penerapan pendekatan, metode, dan teknik pembelajarantersebut dinamakan model pembelajaran.

Sebagai ilustrasi, saat ini banyak remaja putri menggunakan model celana Jablai yangterinspirasi dari lagu dangdut dan film Jablai. Sebagai sebuah model, celana jablai berbeda dengan celana model lain meskipun dibuat berdasarkan pendekatan, metode, dan teknik yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada sajian, bentuk, warna, dan disainnya. Kembali ke pembelajaran, guru dapat berkreasi dengan berbagai model pembelajaran yang khas secara menarik, menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa. Model guru tersebut dapat pula berbeda dengan model guru di sekolah lain meskipun dalam persepsi pendekatan dan metode yang sama.

Oleh karena itu, guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi yang di dalamnya terdapat pendekatan, model, dan teknik secara spesifik. Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya aspek yang juga paling penting dalam keberhasilan pembelajaran adalah penguasaan model pembelajaran.

Sumber:
http://www.klubguru. com

About these ads

13 responses to “Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik

  1. saya mhs pend. Kimia Unj 2004
    Bagus pak.
    Singkat, padat, n jelas.

  2. trims, atas artikelnya.

  3. saya juga suka wacana beginian, coba ungkap lebih jauh antara perbedaan pendekatan dan metode saja…

  4. wacana nya good…

  5. aku belum nangkap beda pendekatan dengan model. Boleh diperjelas lagi. Kasih contoh di dalam kelas.
    Makasih…

  6. mar'atus Sholihah

    makasih ngeh Wacana nya kalau bisa dikasih juga Contoh realnya didalam pendidikan

  7. terima kasih untuk penjelasannya..tapi tolong berikan contoh yang lebih mudah dicerna lagi

  8. wah…
    wah…
    sama betul dengan ujian aku pas komprehensif nich. Jawabanku hampir sama meski digoyang-goyang sama penguji. Tapi aku tetap bertahan dengan jawaban ini, sampai diakhir ujian belliau tak memberikan jawaban pasti. Setidaknya versi beliau.

  9. tenang aja, pasti benar, hehehe
    soalnya beliau juga bikin soalnya dari sini, hahaha

    salam
    Omjay

  10. kalo inside outside cercle masuk yang mana?

  11. thaks ts tlisanxa xa