Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMP Labschool Jakarta

Begitu cepat waktu bergulir. Masih terbayang suasana keceriaan, suka dan duka, semangat dan antusiasme yang tergambar di wajah siswa-siswi angkatan baru (angkatan ke-15) SMP Labschool Jakarta ketika menyambut tahun pelajaran 2007/2008 setahun silam. Kini, tanpa terasa tahun pelajaran 2008/2009 telah di depan mata. Angkatan ke-15 telah bersiap menapaki tingkatan kelas selanjutnya seiring lulusnya angkatan ke-14. Dan layaknya sebuah generasi yang terus berganti, angkatan ke-16 pun hadir sebagai tunas-tunas baru.

Banyak perubahan yang terjadi di sekitar kehidupan kita dari waktu ke waktu. Mulai dari perubahan alam hingga perubahan-perubahan yang lahir dari revolusi pemikiran manusia, seperti perubahan budaya masyarakat, kebijakaan pemerintah, bahkan sistem pendidikan. Hanya tinggal menunggu waktu, roda-roda perubahan itu akan melindas kita apabila kita tidak membekali diri untuk menyikapi segala perubahan itu. Bekal itu tak lain adalah iman, ilmu, dan amal.

Dalam diri seorang anak, pada dasarnya bekal tersebut -secara terencana atau pun tidak- telah tertanam sejak dini melalui didikan dalam keluarganya. Ketika anak memasuki usia sekolah, lembaga pendidikan formal turut serta menjalankan peran menumbuhkembangkan bekal tersebut hingga tertanam kokoh dalam diri anak didiknya.

Di SMP Labschool Jakarta, peran tersebut tidak hanya dilakukan dalam proses belajar mengajar secara formal di kelas, tetapi terimplementasikan dalam seluruh kegiatan dan aktivitas siswa selama ia berada di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang merupakan sebuah agenda rutin SMP Labschool Jakarta di awal tahun pelajaran.

Bagi diri setiap anak, memasuki jenjang pendidikan formal yang baru merupakan sebuah masa ketika ia harus berhadapan dengan lingkungan dan dunia yang baru. Untuk itu, mereka memerlukan tahap peninjauan, pengenalan, dan adaptasi terhadap lingkungan baru yang mereka masuki. Tahap itulah yang akan mereka lalui dalam kegiatan MOS 2007 SMP Labschool Jakarta.

Setiap tahun ajaran baru, SMP Labschool Jakarta selalu mengadakan kegiatan yang bernama Masa Orientasi Siswa Baru disingkat MOS. Tujuannya adalah untuk lebih memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Sekaligus juga memperkenalkan kegiatan-kegiatan dan budaya sekolah SMP Labschool Jakarta. Tujuan lain yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah :

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu Hymne dan Mars Labcshool
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di SMP Labchool Jakarta
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. menanamkan sikap mental, spiritual, budipekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar secara formal di kelas.

Kegiatan MOS tahun ajaran 2008-2009 ini dilaksanakan dari tanggal 14 s.d. 17 Juli 2008. Materi yang diberikan pada kegiatan MOS adalah Mengenal Labschool oleh Bapak. Rusmono (Ketua BPS Labschool Jakarta), setelah itu materi tentang Tata tertib sekolah diberikan oleh Pak Rosiman, mengenal lingkungan dan fasilitas yang ada di Labschool, dan terakhir materi wawasan wiyata mandala yang dijelaskan sendiri oleh wali kelas tujuh atau guru pembimbing group di kelas tujuh pada hari pertama Senin, 14 Juli 2008.

Pada MOS hari kedua Selasa, 15 Juli 2008 materi yang diberikan adalah Cara belajar Efektif oleh Prof. Dr. Arief Rachman, disusul kemudian dengan materi Kebijakan Umum SMP Labschool Jakarta, baik Kegatan Akademik mapun Kesiswaan oleh Pimpinan sekolah (Pak Uswadin dan Pak Rosiman). Materi bimbingan konseling diberikan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) dan ada materi yang sangat menarik yang mungkin tidak ada di sekolah lain, kecuali Labschol, yaitu Achievement Motivation Training (AMT) yang dibawakan oleh motivator terkenal Aris Ahmad Jaya. Materi ini sangat disenangi oleh siswa peserta MOS.

Pada MOS hari ketiga Rabu, 16 Juli 2008 setelah lari pagi mengelilingi komplek Universitas Negeri Jakarta UNJ) Rawamangun, peserta MOS diberikan materi Pengenalan Perpustakaan Labschool oleh kepala Perpustakaan Labschool, Ibu Esti Gularsi. Malalui materi ini diharapkan anak-anak Labschool memiliki budaya baca yang baik. Setelah itu ada materi School Culture yang dibawakan langsung oleh Kepala Sekolah SMP Labsschool Jakarta, Bapak Ali Chudori. Pengenalan majalah Gema diberikan oleh redaksi majalah Gema SMP Labschool Jakarta dengan guru pembimbing bapak arif Rachaman, bapak, wijaya Kusumah, bapak Warisno, dan Ibu Entin Gunawati. Setelah makan siang siswa diberikan materi Pengenalan Organisasi (OSIS) oleh Pengurus OSIS dan Ketua MPO Bapak Asdi Wiharto.

Pada hari terakhir Kamis, 17 Juli 2008 setelah latihan PBB, siswa diberikan materi Ekstra kurikuler dengan pembicara bapak Sudarto (Ketua MPE). Di hari itu para siswa baru juga diberikan kesempatan untuk unjuk gigi di bidang seni melalui kegiatan Pentas Seni.

Tema kegiatan MOS pada tahun ini adalah MOS merupakan pondasi menuju siswa SMP Labschool Jakarta yang KREATIF & BERPRESTASI.

About these ads

9 responses to “Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMP Labschool Jakarta

  1. Nadya Akira Azzahra,7c

    Assalamualaikum pa,artikel bapak bagus banget!kenapa bapak tidak coba mengirimkan tulisan-tulisan bapak ke kompas atau lainnya?saya yakin tulisan bapak bisa ditampailkan di media cetak. jadi kenapa tidak mencoba?!

  2. Nadya Akira Azzahra,7c

    Assalamualaikum pa,artikel bapak bagus banget!smoga bapak bisa mencari untung dengan tulisan-tulisan bapak!

  3. kami minta bapak memberi kritik MOS yang ada disekolah kami….., kegiatan MOS dapat dilihat di http://mtsdaarulishlah.wordpress.com. terimakasih

  4. Saya dipercaya oleh Kepsek di skul t4 saya ngajar sekarang utk menjadi ketua MOS.. Sulitny adalah saya baru pertama kali ditunjuk pegang posisi itu, mengingat pengalaman saya kurang, dan di skul saya yg baru 2th berdiri, MOS ini yg pertama dilaksanakan.. Mohon ilmu dan motivasinya pak, thanks a lot before

  5. Insya allah ibu Bisa, yang terpenting adalah ibu mampu mengarahkan mos sebagai sara untuk mendekatkan siswa baru dengan kakak kelasnya dan juga sekolah yang didalamnya ada guru yang berprestasi.

    salam
    Omjay

  6. LUKAS L IANGLERA

    Kl boleh bpk tlg lampirkan materi Mos misalnya masalah Wawasan Wiyata Mandala, Atau masalah tata krama siswa dan materi lain yang berkaitan dengan MOS di Labschool Jakarta agar berguna bagi rekan-rekan guru di sekolah lain di seluruh Indonesia.

  7. Yth Pak Lukas,
    Bapak bisa membaca tulisan terbaru saya, dan bila bapak memerlukan materi panduan mos, dapat mengirimkan email kepada saya di wijayalabs@gmail.com

    http://edukasi.kompasiana.com/2010/07/11/mos-bukan-arena-perpeloncoaan-siswa-baru/

    salam
    Omjay

  8. Tolong dong materi mos dibagi , biar semangat lab school menyebar kemana-mana trim

  9. iya pak, tlong dong materi mosnya di bagikan,, biar bermanfaat bagi guru-guru yang lain, sebagai acuan. trim,s