Belajar PTK di LPMP DKI Jakarta

Sabtu, 4 April 2009 saya diminta mengajar materi penelitian tindakan kelas (PTK) di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta, di Jl. nangka No. 60 Tanjung Barat Pasar Minggu. Senang rasanya dapat berbagi dengan para guru yang merupakan perwakilan dari berbagai propinsi di Indonesia.

Peserta Diklat Fasilitator Guru PKN MA Tingkat Mahir Depag

Peserta Diklat Fasilitator Guru PKN MA Tingkat Mahir Depag

Diklat tersebuat dilaksanakan dari tanggal 29 Maret s.d. 7 April 2009 yang diikuti oleh 35 orang peserta utusan kanwil Propinsi Departemen Agama Seluruh Indonesia. Adanya diklat ini diharapkan dapat meningkatkan SDM khususnya guru-guru PKn agar dapat melaksanakan pembelajarannya dengan baik melalui penelitian tindaan kelas (PTK).

Peserta sedang mendengarkan materi PTK

Peserta sedang mendengarkan materi PTK

Pendidikan dan Latihan fasilitator guru Pendidikan Kewarganegaraan PKn) MA Tingkat mahir ini diselenggarakan atas kerjasama Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen agama.

Peserta sedang mendengarkan materi PTK

Peserta sedang mendengarkan materi PTK

Saya mendpatkan kesempatan untuk memberikan materi penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilanjutkan dengan praktek membuat Proposal PTK dari pukul 10.30 s.d. 17.30 WIB.

Peserta diklat sedang mendengarkan materi PTK

Peserta diklat sedang mendengarkan materi PTK

Alhamdulilah, respon teman-teman guru sangat baik sehingga kegatan ini dapat berjalan sesuai dengan agenda acara.

Presentasi PTK oleh Wijaya Kusumah

Presentasi PTK oleh Wijaya Kusumah

Pada Diklat Fasilitator guru PKn ini, guru-guru dilatih untuk membuat proposal PTK yang baik dan benar sesuai dengan masalah yang akan diteliti.

Foto Bersama Peserta Diklat PKN

Foto Bersama Peserta Diklat PKN

Banyak pertanyaan muncul seputar PTK. Diskusi pun berjalan tak terasa selama7 jam dengn diselingi satu jam istirahat untuk istirah, sholat, dan makan  siang.

Peserta Diklat PKN

Peserta Diklat PKN

Semoga semua peserta yang mengikuti Diklat Fasilitator ini dapat melaksanakan Penlitian Tindakan Kelas (PTK) di sekolahnya masing-masing dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan menigkatkan mutu pendidikan.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

13 responses to “Belajar PTK di LPMP DKI Jakarta

  1. Alhamdulillah, saya tahu para peserta mendapat orang yang tepat sebagai fasilitator dan narasumber.

    Sukses terus Om Jay

  2. Saya sangat setuju kegitan tentang Penelitian Tindakan Kelas, saya berpendapat PTK merupakan kegiatan profesional yang harus dilakukan oleh seorang guru. Tulislah apa yang dia lakukan, yang dialami, yang dia rasakan, kemudian apa hasilnya. Saya sangat terusik manakala sebagian besar guru kita tidak dapat atau tidak tergugah untuk menulis, hal ini mengakibatkan sebagian guru kita pangkat dan golongannya mandeg di golongan IV/a. karena gol IV dalam kenaikan pangkatnya diwajibkan mempunyai kegiatan pengembangan profesi diantaranya dengan karya tulis ilmiah. Padahal salah satu pasal dari kep Menpan No: 84/93, menyatakan apabila seorang guru tidak dapat mengumpulkan angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat berikutnya, selama 6 tahun, harus dibebaskan dari jabatan fungsional gurunya?. Semoga para penulis tentang PTK atau istilah lain dapat membantu dan menggugah para guru untuk membudayakan menulis, tentunya SDM kita juga akan meningkat.

  3. Terim kasih virgana atas komentarnya. Saya akan terus melakukan apa yang anda sarankan. Semoga para guru mampu menulis dan melaporkan hasil PTKnya di sekolah. Salam

  4. Salam kenal Pak.

    Senang ketemu blog anda. Jika anda ada waktu luang, singgah ke ‘pondokan’ saya ya Pak.
    Sukses untuk anda…

  5. sama-sama mbak. salam kenal juga

  6. wah, bagus pak. jadi membuat guru2 lebih berpengetahuan. semoga hasil didikannya mampu membuat Indonesia menjadi lebih baik.

  7. kalo saya masih di Jakarta, saya pasti ikut Jay…?

  8. ada gak buku PTK karangan anada?

  9. ada mas, bisa lihat di blog ini dan pesan langsung ke pt indeks atau beli saja di tB. Gramedia

    salam
    omjay

  10. saya beberapa kali diminta mengajar TIK untuk guru-guru di wilayah Makassar. Enak rasanya mengajari guru, walaupun agak kesulitan saat praktek langsung. :D

    Saat ini saya juga sedang ngajar. Tapi bukan di sekolah umum. Cuma sekolah blogging yang didirikan perusahaan tempat saya bekerja.

    Salam kenal, om…

  11. Saya seorang guru IPA di MTs. N. Daya Murni, Kec. Pelepat Ilir, Kab. Bungo, Prop Jambi kesulitan membuat PTK…mohon bantuannya…dan juga saya ingin mengetahui format yang baku untuk pembuatan bank soal…terima kasih atas bantuannya…Wassalam…

  12. kalau mau pake gedung di lpmp nanti nginapnya di mana yah, ada no telp nya.

    Nur Subiantoro
    085692408808

  13. di sana ada tempat menginapnya mas, coba cari infornya lewat google.

    salam
    Omjay