Sambutan Buku PTK dari Rektor UNJ

Buku Penelitian Tindakan kelas

Buku Penelitian Tindakan kelas

Ketika saya diminta kata pengantar oleh kedua penulis buku ini, yang paling menggunggah saya bukan bukunya yang tebal dan juga bagus, tetapi lebih tertarik kepada para penulisnya, yakni para ‘GURU’.

Ditengah banyaknya keluhan para guru yang sulit untuk menulis dan meneliti, dan banyak guru yang pangkat dan golongannya berhenti di IV/a karena tidak punya tulisan ilmiah, kedua ‘Bapak Guru’ ini bukan sekedar menulis ilmiah, tetapi menulis ‘BUKU’.

Sudah pasti kedua orang Pak Guru ini adalah orang-orang yang sangat rajin membaca dan pembelajar yang tekun. Karena untuk menulis buku, dibutuhan pengetahuan dan keterampilan diatas rata-rata. Perlu ketekunan dan keuletan yang didukung pengetahuan yang sangat cukup, untuk menghasilkan sebuah buku. Masih ditambah dengan keberaniannya, yang hanya dimiliki oleh sedikit guru.

Semangat kedua penulis ini untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada sesama guru, juga pantas mendapat acungan jempol. Disamping pendidik bagi para siswanya, para penulis juga pendidik bagi para guru lainnya, dan juga para pendidik lainnya khususnya di dalam mengenalkan isi buku ini tentang classroom action research/penelitian tindakan kelas.

Dengan buku ini, pembaca dapat belajar tentang penelitian tindakan kelas mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai dengan cara menyiapkan pelaporan sebuah hasil riset. Dengan buku ini pula, pembaca diperkenalkan berbagai model penelitian tindakan kelas menurut berbagai ahli.

Kalau dilihat dari judulnya ‘Mengenal Penelitian Tindakan Kelas’, tersirat pemikiran dan ajakan para penulis kepada pembacanya untuk ‘berani’ melakukan penelitian sambil terus bekerja sesuai dengan tugas pokoknya.

Artinya para guru dapat melakukan penelitian tanpa harus meninggalkan tugasnya, dan justru kelas dimana para guru mengajar adalah yang dijadikan obyek penelitiannya. Aktivitas di kelas merupakan latar dan sekaligus obyek penelitian dari para guru yang ingin melakukan penelitian tindakan kelas.

Bayangkan, betapa banyak hasil penelitian yang dapat ditulis oleh para guru. Terbayang kedepan, disetiap sekolah terdapat hasil penelitian sebagai buah karya guru. Sesuatu yang sangat membanggakan, khususnya para guru.

Saya menyampaikan selamat kepada penulis, Pak Wijaya Kusumah dan Pak Dedi Dwitagama, karena dengan buku ini banyak sekali guru-guru yang akan belajar untuk melakukan penelitian sambil mengajar. Setelah guru-guru ‘mengunyah’ habis buku ini, mungkin saja nantinya banyak guru yang berhasil menulis buku yang berkaitan dengan tugas-tugasnya di dalam kelas. Penulis buku ini adalah guru dan penulis yang luar biasa.

buku-ptk-backgroundbuku-ptk-background

Mudah-mudahan diwaktu mendatang, dapat dihasilkan buku-buku lain yang lebih hebat. Sukses untuk Anda berdua!

Jakarta, 9 April 2009

Rektor UNJ

Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd

38 responses to “Sambutan Buku PTK dari Rektor UNJ

  1. mantap om jay. sekalipun pernah pernah lihat dan baca bukunya, namun tersirat dan tersurat dari sambutan rektor unj, buku tersebut bisa menjadi contoh para guru yang lain untuk tiada henti menelurkan karya.

    menulis memang gampang-gampang sulit. sekalipun demikian, jika sudah terbiasa akan mengalir begitu saja. yang saya salut pada om jay ini, ketekunan dan pantang menyerahnya itu lho.

    itu sudah modal dasar yang tiada duanya.

  2. Terima kasih mas dwiki, saya juga salut dengan anda. Kapan menikmati doorprizenya? Menginap di hotel slipi?

  3. wah, salut banget dengan kreativitas rekan-rekan sejawat. yang pasti buku ini akan banyak dibutuhkan rekan2 guru yang sedang ingin belajar ttg PTK, apalagi konon sdh ada ketentuan baru, mulai golongan IIIB hukumnya wajib menyusun karya ilmiah.

  4. terima kasih pak Sawali, saya juga salut dengan kreativitas anda. Semoga kita bisa berkolaborasi dalam satu kegiatan

  5. Selamat Bang Jay..!! Semoga semangat dan kreativitasnya dapat diikuti oleh ratusan bahkan ribuan guru2 yang lainnya. Sukses Selalu Bang Jay..
    Wassalam

  6. Terima kasih, semoga emil juga membuat buku. salam

  7. Surtiyo Utomo

    Selamat ya atas terbitnya buku PTK pak Wijaya ini, semoga berhasil memotivasi rekan guru untuk melakukan PTK. Oh, Ya, di Kaltim khususnya Samarinda buku ini belum ada di Toko buku Gramedia, tolong di kirimi saya tentang daftar isinya saja. Salam sukses!

  8. Salut buat pak wijay. Mohon diberikan trik untuk menjadi kreatif seperti Bapak.
    (sunardi SMPN 1 sungai lilin MUBA Sumsel)

  9. cuma satu triknya pak sunardi, banayak membaca dan menulis.

    salam
    Omjay

  10. muhammad rochman

    salut saya buat omjay yang selalu meluangkan waktunya untuk terus membaca dan menulis,saya yakin semua murid di tempat mengajar omjay memilih omjay sebgai guru favorit,!!mudah2 omjay bisa terus mengajak rekan2 guru untuk selalu mempedulikan perkembangan anak didiknya dan mengetaui tindakan seperti apa yang harus dilakukan untuk mengajar yang benar,karena ribuan bahkan jutaan siswa bisa sukses karena mendapat pelajaran yang tepat dari gurunya.,.,,
    semangat terus omjay dan ditunggu karya2 selanjutnya

  11. Selamat ya atas terbitnya buku PTK pak Wijaya ini.semoga saja menjadi motipasi buat guru guru yang lainya

    salam

    rukmana mulya

  12. Terima kasih mas muhammad rochman yang sdh berkenan membetikan komentar.

    terima kasih juga buat kang rukmana mulya atas doanya.

    salam
    Omjay

  13. Assalam wr wb,
    salam kenal dari saya , alhamdulillah meski terlambat tapi saya masih bersyukur bisa menemukan blog omjay dan muncul sejuta mimpi untuk bisa menulis seperti omjay. saya begitu yakin dan optimis omjay akan mau membantu saya untuk menularkan ilmunya pada sesama. terus terang saya baru mengenal dunia maya ini kurang lebih satu bulan yang lalu. artinya saya baru belajar satu bulan yang lalu ketika anak2 memasangkan smart di rumah. betul2 syukur saya panjatkan pd Allah SWT sekarang saya telah bertemu dg omjay yang saya yakin akan dapat membantu saya untuk berlatih menulis. Saya ingin membuat ptk juga menulis tentang apa saja yang bisa saya tulis. omjay sekarang ini setelah ke 4 putra ptri saya jauh di luar kota saya ternyata mendapat kenikmatan dari Allah SWT mengenal omjay yang saya yakin akan dapat membantu sesama termasuk saya. omjay saya punya rencana mau mengadakan pelatihan salah satu materinya adalah ptk kira2 bersedia apa tidak om menularkan ke teman2 di kota ukir?

  14. Dengan senang hati pak, saya akan sangat senang bila bisa diundang oleh kak mimin ke kota ukir, mohon kirimkan undangannya ke wijayalabs@gmail.com.

    salam
    omjay

  15. Wow, bagus. Kami baru belajar menyusun PTK, Bapak sudah menuliskan buku petunjuknya. Di Kalteng belum ada mungkin ya.

  16. salam kenal pak jay, semoga pendidikan di Indonesia tambah maju http://cobaberbagi.wordpress.com

  17. salam kenal kembali mas

    salam
    omjay

  18. salam kenal pak dari SMP Nurul Falah Pekanbaru

  19. Salam kenal kembali mabka Yayuk.

    salam
    Omjay

  20. Ping-balik: ‘Anekdotal Records’ cara untuk menemukan permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (Laporan dari Seminar mengenai Penelitian Tindakan Kelas di Kota Batusangkar Sumatera Barat 14 Maret 2010) « Guru Kreatif. Creative Teacher

  21. wah … beruntung saya nyasar di blog bapak.. kebetulan saat ini saya sedang browsing ttg ptk yang efektiff…
    semoga kedepan saya banyak kesempatan berkunjung di blog ini…

  22. salam kenla pak ddari guru muda…ingin belajar dari para senior..terimakasih

  23. salam kenal kembali mas, silahkan diambil hal positif dari blog ini.

    salam
    Omjay

  24. Wow! Jadi terinspirasi ne! Terus menulis ya, Om! Makin jatuh cinta saja!!!

  25. ya, menulis dan terus menulis dengan niat untuk berbagi

    salam
    Omjay

  26. Alhamdulillah, kami bersyukur , dengan kreatifitas dan inovasinya untuk membenahi pendidikan di negri yang kita cintai ini semoga kita semua terinsvirasi dengan orang tua kita semua Bp Wijaya Kusuma ………… Amin @ Sariko SDIT Cordova KalTim

  27. terima kasih mas Sariko.

    salam
    Omjay

  28. Sa seorang guru dan saya kagum dengan dedikasi pak wijaya, selamat berjuang

  29. makasih yohandi

    salam
    Omjay

  30. congratulations bang jay atas prestasinya semoga menular ke yg lainnya
    salam kenal

  31. untuk menjadi guru yang profesional memang diharapkan semua guru,pada umumnya guru cara mengajarnya masih pola lama yang mendominasi mengajar hanyalah cerita sepanjang waktu,anak dibikin untuk mendengarkan saja .adakah pola mengajar yang kebih menyenangkan siswa

  32. tinggal kan metode lama, mulai lah guru bisa menganalisa dan menulis karya dalam proses ngajar mengajar.

  33. Salut Gan, muantabs! berikan pencerahannya dong, biar saya bisa menulis sperti Gan ini! sukses ya….!

  34. Gampang gan, sering-serung aja tengokin lapak ane ini, hehehe :D

    salam
    Omjay

  35. ini nih yang mantabz…

    kunjungi Baju Online, toko kaos nusantara ya! Dari bekasi lowh

  36. sip, terima kasih mas

    salam
    omjay

  37. hj.lilisrohaeti

    alhamdulillah saya menemukan situs bapa ,insya alloh saya akan segera membeli bukunya.memang sungguh sangat menyedihkan, karena saya sangat ingin belajar dan bisa menulis ptk tapi tak tahu kepada siapa harus meminta bimbingan ,malah yang memberi informasi katanya ptk yang susah-susah kita buat tidak akan dilihat sebelah mata ,paling juga masuk tempat sampah

  38. Alhamdulillah,s emoga bermanfaat ya bunda

    salam
    Omjay