Sambutan Buku PTK dari Rektor Universitas Terbuka

Cover Buku PTK

Cover Buku PTK

Membaca buku ini anda akan lebih mengetahui bahwa PTK adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipasif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru yang berujung kepada peningkatan hasil belajar siswa. Bila hasil belajar siswa meningkat, maka kualitas pembelajaran di sekolah pun akan meningkat pula.


Untuk melakukan PTK tidaklah sulit, asal bersedia memulainya. Memulai sebuah penelitian yang bermanfaat untuk dirinya sebagai guru dan lingkungan sekolahnya. Dengan membaca buku ini, para guru diharapkan termotivasi untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah yang membuat guru menjadi guru kreatif.

Untuk menjadi guru yang kreatif dalam membuat karya tulis ilmiah diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran yang matang, tindakan pembelajaran yang menantang, proses pengamatan yang cemerlang, dan refleksi diri dengan teman sejawat bahwa pembelajaran telah membuahkan keberhasilan. Semua kegiatan itu dicatat prosesnya, dan  terangkum dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang membuat guru akhirnya mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah.

Perkembangan teknologi informasi, perubahan struktur masyarakat, dan maju pesatnya pengetahuan, serta munculnya teori pembelajaran baru telah mengubah hal yang esensi dari tugas pokok seorang guru. Guru bukan lagi satu-satunya ”aktor” di kelas, dengan kekuasaannya dan pengetahuannya, yang mengatur apa pun yang terjadi di kelas. Guru bukan lagi menjadi ”sumur kang lumaku tinimba”, sumber dan mata air satu-satunya dalam pembelajaran di kelas. Sekarang, justru siswa yang menjadi pusat pembelajaran. Peran guru lebih menjadi fasilitator bukan sekedar orator, yang hanya bisa memerintah anak didiknya melakukan ini atau itu. Ia juga lebih menjadi motivator dan bukan sekedar eksekutor. Karena perannya itulah maka para guru dituntut untuk dapat meneliti di kelasnya sendiri dan melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK).

Akhirnya, saya ucapkan selamat kepada kedua penulis buku ini, Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. Semoga terus berkarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia. Kepada para pembaca, saya ucapkan selamat membaca buku ini dan galilah khasanah ilmu pengetahuan baru demi peningkatan mutu pendidikan kita.

Jakarta, 23 April 2009

Rektor Universitas Terbuka

Prof. Dr. Atwi Suparman

About these ads

One response to “Sambutan Buku PTK dari Rektor Universitas Terbuka

  1. Bambang Sutikno

    Luarrrr biasa, mohon di kirim soft copy nya nnn sukses indonesia kita