Metode Pemberian Tugas

Metode pemberian tugas adalah merupakan suatu metode mengajar yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, yang biasa disebut dengan metode pemberian tugas. Biasanya guru memberikan tugas itu sebagai pekerjaan rumah. Akan tetapi sebenarnya ada perbedaan antara pekerjaan rumah dan pemberian tugas seperti halnya yang dikemukakan : Roestiyah dalam bukunya “Didaktik Metodik” yang mengatakan : “ Untuk pekerjaan rumah, guru menyuruh membaca dari buku dirumah, dua hari lagi memberikan pertanyaan dikelas. Tetapi dalam pemberian tugas guru menyuruh membaca. Juga juga menambah tugas (1),cari buku lain untuk membedakan(2), pelajari keadaan orangnya”(roestiyah, 1996 : 75 ). Dalam buku lainnya yang berjudul Startegi Belajar Mengajar  hal.132, Roestiyah mengatakan teknik pemberian tugas memiliki tujuan agar siswa menghasilkan hasil belajar yang lebih mantap, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas, sehingga pengalaman siswa dalam mempelajari sesuatu menjadi lebih terintegrasi.

Dengan pengertian lain tugas ini jauh lebih luas dari pekerjaan rumah karena metode pemberian tugas diberikan dari guru kepada siswa untuk diselesaikan dan dipertanggung jawabkan. Siswa dapat menyelesaikan di sekolah, atau dirumah atau di tempat lain yang kiranya dapat menunjang penyelesaian tugas tersebut, baik secara individu atau kelompok. Tujuannya untuk melatih atau menunjang terhadap materi yang diberikan dalam kegiatan intra kurikuler, juga melatih tanggung jawab akan tugas yang diberikan. Lingkup kegiatannya adalah tugas guru bidang studi di luar jam pelajaran tatap muka. Tugas ditetapkan batas waktunya, dikumpulkan, diperiksa, dinilai, dan dibahas tentang hasilnya. Dalam memberikan tugas keadaan siswa, guru harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

Memberikan penjelasan mengenai

  1. Tujuan penugasan
  1. Bentuk pelaksanaan tugas
  1. Manfaat tugas
  1. Bentuk Pekerjaan
  1. Tempat dan waktu penyelesaian tugas
  1. Memberikan bimbingan dan dorongan
  1. Memberikan penilaian

Adapun jenis-jenis tugas yang dapat diberikan kepada siswa yang dapat membantu berlangsungnya proses belajar mengajar :

  1. Tugas membuat rangkuman
  1. Tugas membuat makalah
  1. Menyelesaikan soal
  1. Tugas mengadakan observasi
  1. Tugas mempraktekkan sesuatu
  1. Tugas mendemonstrasikan observasi

Kelebihan dan Kelemahan Metode Pemberian Tugas

Metode pemberian tugas ini dalam pelaksanaannya memiliki beberapa kelebihan disamping juga mempunyai beberapa kelemahan. Adapun kelebihan metode pemberian tugas  diantaranya adalah Metode ini merupakan aplikasi pengajaran modern disebut juga azas aktivitas dalam mengajar yaitu guru mengajar harus merangsang siswa agar melakukan berbagai aktivitas sehubungan dengan apa yang dipelajari, sehingga :

  1. Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
  1. Dapat membina kebiasaan siswa untuk mencari, mengolah menginformasikan dan dan mengkomunikasikan sendiri.
  1. Dapat mendorong belajar, sehingga tidak cepat bosan
  1. Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa
  1. Dapat mengembangkan kreativitas siswa
  1. Dapat mengembangkan pola berfikir dan ketrampilan anak.

Adapun kelemahan metode pemberian tugas

  1. Tugas tersebut sulit dikontrol guru kemungkinan tugas itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih ahli dari siswa.
  1. Sulit untuk dapat memenuhi pemberian tugas
  1. Pemberian tugas terlalu sering dan banyak, akan dapat menimbulkan keluhan siswa,
  1. Dapat menurunkan minat belajar siswa kalau tugas terlalu sulit
  1. Pemberian tugas yangmonoton dapat menimbulkan kebosanan siswa apabila terlalu sering.
  1. Khusus tugas kelompok juga sulit untuk dinilai siapa yang aktif.

Demikianlah sedikit ulasan tentang metode pemberian tugas. Semoga bermanfaat. Ada berbagai metode pembelajaran yang akan saya tuliskan setelah metode pemberian tugas. Selamat menjadi guru yang baik dan profesional.

Salam Blogger Kompasiana

Omjay

http://wijayalabs.com

About these ads

6 responses to “Metode Pemberian Tugas

  1. Trim OM JAY,…hanya refrernsinya terlalu kuno. (roestiyah, 1996 : 75 ). Dalam buku lainnya yang berjudul Startegi Belajar Mengajar hal.132,

  2. iya, belum ketemu judul buku untuk referensi yg baru

    salam
    omjay

  3. cirilo ximenes freitas

    apakah ada teori yang berbicara mengenai memberi tugas kepada siswa sebelum diajarkan dan tidak diberi tugas sebelum diajarkan

  4. Trims banget ya pak