Bagaimana Caranya Agar Pembelajaran Menjadi Menyenangkan?

Bagaimana Caranya Agar Pembelajaran Menyenagkan

Ada sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang kawan guru kepada saya. “Bagaimana caranya agar belajar menjadi menyenangkan?”. Secara kebetulan, hari senin kemarin saya diminta untuk menjadi narasumber di RRI Pro 1 FM dalam tema pembelajaran yang menyenangkan. Saya menjelaskan panjang lebar tentang pembelajaran yang menyenangkan. Alhamdulillah banyak respon dari para pendengar yang saya terima, dan tanpa terasa acarapun berjalan hampir satu jam lamanya, hanya melalui handphone saja.

Cara agar pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan adalah guru sebagai pendidik harus mampu memiliki keikhlasan yang tinggi dalam mengajar. Setelah ikhlas tumbuh di hati, maka akan terlihatlah kebahagiaan seorang guru. Guru pun menjadi happy atau senang. Ketika guru senang, maka akan terlihat wajah yang penuh dengan senyuman. Dari wajah yang penuh senyuman manis inilah pembelajaran yang menyenangkan dimulai.

Seringkali guru kurang memperhatikan hal yang kecil ini. Terlalu menganggap media pembelajaranlah yang membuat pembelajaran itu menjadi menyenangkan. Bukan karena senyuman atau kebahagiaan seorang guru.

Saya menjadi teringat presentasi dari seorang motivator yang bernama mas Aris Ahmad Jaya. Beliau memberikan materi motivasi kepada seluruh siswa baru kelas 7 di SMP Labschool Jakarta yang berjumlah hampir 250 orang. Semua anak memperhatikan beliau, dan sangat antusias sekali mendengarkan apa yang beliau sampaikan. Presentasi yang beliau sampaikan selama dua jam itu, nyaris tanpa ada keributan dari siswa. Semua siswa memperhatikan, dan mendengarkan presentasi itu dengan penuh antusias yang tinggi. Saya pun mengatakan dalam hati, inilah contoh guru tangguh berhati cahaya.

Setelah acara berakhir, saya menanyakan kepada beliau apa yang membuat anak-anak labschool yang “ramai” itu seperti kerbau dicocok hidungnya? Apa yang membuat anak itu begitu senang mendapatkan materi motivasi dari mas Aris ahmad jaya? Apa yang membuatnya begitu terampil dalam menyampaikan materinya? Segudang pertanyaan sebenarnya ingin saya tanyakan kepada beliau.

Dari pertanyaan-pertanyaan itu didapatkan jawaban yang membuat saya mendapatkan sesuatu yang baru.

Mas Aris mengatakan bahwa, untuk menjadi seorang motivator itu harus ikhlas, happy, dan menggunakan strategi dalam penyampaiaannya. Hal tersebut ternyata diamini pula oleh teman saya bapak Dedi Dwitagama ketika kami seperjalanan dalam memberikan materi penelitian tindakan kelas (PTK) di politeknik Telkom Bandung.

Saya pun tak lupa meng-SMS sahabat baik saya mas Johan Wahyudi di Sragen tentang ketiga hal itu, dan oleh mas Johan ditambahkan dengan kata guru harus profesional. Itulah yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Guru harus mampu profesional di bidang keilmuan yang diampunya. Dia harus menguasai materi yang akan disampaikan kepada para peserta didiknya. Tanpa penguasaan materi, jangan harap pembelajaran menjadi menyenangkan.

Guru juga harus mampu memotivasi, dan mengembangkan potensi guru dalam mengajar sehingga menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang mampu menghasilkan peserta didik yang cerdas, dan memberikan kontribusi di bidangnya masing-masing.

Setidaknya teman-teman guru sudah harus menginstrospeksi diri sendiri untuk memperbaiki cara mengajarnya yang kurang menyenangkan. Perubahan metode pengajaran para guru ke arah yang lebih interaktif jelas diperlukan. Guru pun dituntut untuk menyampaikan materinya dengan menarik, baik menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Lebih bagus lagi bila mampu mengembangkan multimedia pembelajaran.

Metode pembelajaran yang baik dan menarik akan dapat menumbuhkan minat dan kecintaan peserta didik karena materi yang diberikan dengan suasana menyenangkan. Guru senang, peserta didikpun senang. Kita pun akan bernyanyi di sini senang, di sana senang, dan dimana-mana hatiku senang.

Akhirnya untuk menjawab pertanyaan bagaimana caranya agar belajar menjadi menyenangkan adalah mulailah belajar dengan penuh keikhlasan hati, memiliki perasaan senang (happy), dan pelajari strategi pembelajaran agar anda menjadi seorang guru yang profesional. Seorang guru yang mampu melakukan sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Murid senang, guru pun senang.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com/

Bagaimana Caranya Agar Pembelajaran Menjadi Menyenangkan?

About these ads

Komentar ditutup.