Mengapa PTK Penting Bagi Guru?

Mengapa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Itu Penting Bagi Guru?


 

 

13478213741221040759

Workshop PTK di Yayasan Al Muslim Tambun Bekasi

Sabtu, 15 September 2012 bersama kepala sekolah hebat pak dedi dwitagama, saya belajar dan berbagi ilmu penelitian tindakan kelas (PTK) di yayasan Al Muslim Tambun Bekasi. Di sekolah ini kami melaksanakan praktik membuat proposal PTK. Adapun yang menjadi tema besar kegiatan ini adalah meningkatkan potensi unik siswa melalui PTK, dan Motivasi Meneliti di Kelas. Foto Lengkap ada dalam facebook Omjay di sini.

http://trainerkita.files.wordpress.com/2012/09/20120915-170412.jpg?w=480&h=480

Materi Kegiatan Workshop PTK di Yayasan Al Muslim

Guru-guru Yayasan Al Muslin

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi

Ada ratusan guru hadir dalam workshop atau pelatihan PTK di yayasan Al Muslim Bekasi ini. Kegiatan pelatihan PTK memang sudah diprogramkan oleh pusat sumber belajar (PSB) yayasan Al Muslim. Kegiatan pelatihan PTK diharapkan mampu memotivasi para guru untuk meneliti di kelasnya sendiri. Sekaligus juga menemukan potensi unik siswa di dalam pembelajaran.

 

1347822488606192614

Presentasi Proposal PTK oleh Guru Yayasan Al Muslim Bekasi

Tentu semua itu akan didapatkan bila para guru mampu memahami PTK dengan baik, dan mampu mempraktikkannya dalam kegiatan pembelajaran secara langsung. Metode PTK yang dilakukan diharapkan tidak sebatas sekedar tahu secara teoritis saja, tetapi dapat dikembangkan oleh guru secara praktis dalam mengembangkan, media, dan metode pembelajaran terkini.

Guru-guru Yayasan Al Muslin

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi

PTK itu penting bagi seorang guru. Setiap guru diharapkan mampu memperbaiki cara mengajarnya melalui PTK. Peka terhadap dinamika pembelajaran yang terjadi saat ini. Guru menjadi gemar membaca buku dan mampu menuliskan apa-apa yang sudah dilakukannya dalam laporan PTK. Guru pada akhirnya, akan menemukan metode pembelajaran yang tepat dan mempraktekkan media pembelajaran yang mugkin sudah dibuatnya sendiri dengan cara-cara yang inovatif.

 

13478219291180657414

Pak Dedi Dwitagama di Games Worskhop PTK yayasan Al Muslim Bekasi

 

Dalam Blog Ahmad Sudrajat dijelaskan. Ada beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru :

 

 

 

 

 

  1. PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap lakukan.apa yang dia dan muridnya
  2. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya.
  3. Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya.
  4. Pelaksanaan PTK tidak menggangu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
  5. Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya.
  6. Penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasil instruksional; mengembangkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.
http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/542102_10151013197386582_434875574_n.jpg

Omjay berdialog tetang PTK bersama teman-teman guru Al Muslim

Antusiasme guru-guru Al Muslim Bekasi terlihat dari awal hingga akhir kegiatan workshop PTK. Terbukti selepas coffee break dan ishomapun guru-guru kembali dengan segera ke ruang aula sekolah. Sampai akhir acara, jumlah peserta tetap sama. Pembicara dan panitiapun mendapat kiriman hasil pekerjaan segepok dari peserta. Mereka diminta membuat 10 judul PTK, dan membuat rancangan proposal PTK untuk dapat diterapkan pada saat semester berikutnya.

Guru-guru Yayasan Al Muslin

Guru-guru Yayasan Al Muslim Bekasi

Mudah-mudahan proposal yang terkumpul mengantarkan penelitan tindakan kelas yang sesungguhnya untuk perbaikan proses mengajar di kelas. Kita pun berharap terjadi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah-sekolah Al Muslim Bekasi. Dari banyaknya judul PTK yang mereka buat, saya optimis akan ada hasil laporan PTK yang baik, dan dapat terasakan manfaatnya untuk guru, siswa, dan sekolah.

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi

Senang sekali rasanya bisa belajar dan berbagi ilmu PTK di sekolah yang bagus ini. Semoga bisa terus belajar dan berbagi ilmu ptk kepada teman-teman guru lainnya. Saya pun bersyukur dapat bertemu guru-guru hebat di yayasan al muslim bekasi. Guru-guru yang masih muda, dan memiliki semangat yang sangat luar biasa untuk melakukan PTK. Mereka tidak lagi menjadi guru konvensional, tetapi sudah menjadi guru yang benar-benar profesional.

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi sedang Membuat Proposal PTK

Guru-guru Yayasan Al Muslim, Bekasi sedang Membuat Proposal PTK

Salam blogger persahabatan
Omjay

http://wijayalabs.com

Mengapa PTK Penting Bagi Guru?

About these ads

One response to “Mengapa PTK Penting Bagi Guru?

  1. Semoga dengan pelatihan PTK yang di laksanakan guru -guru yayasan Al- MUSLIM Bekasi lebih profesinal shg lembaga pendidikan ini lebih maju dan sukses.