PENINGKATAN IMTAK SISWA

KATA PENGANTAR 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.            

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, akhirnya penulisan karya tulis ini dapat diselesaikan dalam upaya meningkatkan imtak siswa di kelas VII SMP Labschool Jakarta melalui pengintegrasian imtak-iptek dalam proses Pembelajaran Word dengan menggunakan metode CTL dan Penilaian Portofolio.            

Pembelajaran tanpa metode yang tepat akan menimbulkan ketidaktertarikan siswa dalam belajar, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak berhasil. Melihat kenyataan tersebut, pemilihan metode yang tepat oleh guru untuk meningkatkan imtak akan menghasilkan banyak manfaat dalam pembelajaran, antara lain : pembelajaran menjadi lebih bermakna, sangat menarik, menyenangkan, merubah perilaku siswa, serta menumbuhkan minat dan kemandirian siswa dalam belajar. Teknik evaluasi yang akurat juga sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Namun demikian, peran guru dan orang tua tetap sangat besar kontribusinya dalam pembelajaran yang holistik.            

Karya tulis ini dibuat untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Imtak 2007 yang mendiskripsikan pengintegrasiam imtak-iptek. Penulis mengucapkan terima kasih atas dukungan dari keluarga, pimpinan sekolah, teman-teman guru, dan bimbingan dari Bapak Drs. Faried Wadji (bidang iptek), M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Junizar Sofjan (bidang imtak) serta Ibu Prof. Dr. Conny R. Semiawan (bidang pendidikan anak) yang banyak memberikan masukan dalam penulisan PTK ini.                

Akhirnya penulis mengharapkan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan studi banding bagi tiap sekolah dan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya yang telah menjadi pelajaran wajib di SMP. Penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam tulisan ini, sehingga enak dibaca dan mudah dipahami.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.                                                                                                       Jakarta, September 2007                                                                                                       Penulis,Wijaya Kusumah, S.Pd.


ABSTRAK Wijaya Kusumah. Peningkatan Imtak Siswa Berbasis Proses Pembelajaran Word Melalui CTL dan Portofolio (Suatu Upaya Mengintegrasikan Imtak-Iptek di Kelas VII SMP Labschool Jakarta), September 2007.                    

Tujuan penulisan dalam karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pengintegrasian imtak dan iptek dengan materi Microsoft Word dalam mata pelajaran TIK di SMP melalui metode CTL dan penilaian portofolio. Selama ini modul praktik komputer dengan materi Word yang digunakan di sekolah-sekolah masih kurang menyentuh sisi imtak. Para guru TIK mengganggap bila muatan imtak dimasukkan, maka akan mempengaruhi jumlah pertemuan yang dibuat oleh guru. Lihatlah modul-modul praktik dan buku-buku komputer yang sampai ke tangan siswa di sekolah. Hampir semua buku dan modul praktik lebih mengedepankan perkembangan iptek dalam mata pelajaran TIK. Akhirnya tanpa disadari, para guru TIK telah melupakan unsur imtak dalam proses pembelajarannya.  Berdasarkan hal tersebut di atas, Guru TIK membuat modul praktik komputer berbasis Word yang terintegrasi dengan perkembangan aspek kognitf, psikomotor, afektif, dan kreatif dalam meningkatkan imtak siswa di kelas VII SMP Labschool Jakarta yang mayoritas beragama Islam. Pembelajaran ini juga mengintegrasikan lima metode yang berpengaruh dalam pendidikan anak dalam ajaran Islam, yaitu : pendidikan dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasehat, memberikan perhatian, dan memberikan hukuman. Pembelajaran diarahkan untuk lebih mengenal ARI (Allah sebagai Tuhannya, Rasullullah Muhammad SAW sebagai Nabinya, dan Islam sebagai Agama yang paling sempurna) dengan tidak melupakan tiga aspek ajaran Islam yaitu :  TIA (Tauhid, Ibadah, dan Akhlak).  Proses pembelajaran berbasis Word dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Labschool Jakarta. Melalui modul praktik Word bermuatan imtak, keteladanan guru di sekolah, dan budaya sekolah yang melibatkan orang tua siswa diharapkan terjadi peningkatan imtak siswa berbasis proses pembelajaran Word dengan metode CTL dan Penilaian Portofolio. Pembelajaran diharapkan benar-benar bermakna dan bersifat holistik bagi kehidupan siswa sehari-hari dan guru dapat mengumpulkan hasil kerja siswa berupa disket/flashdisk ke dalam format portofolio yang dibuat oleh guru dan diketahui oleh orang tua siswa.            

Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dibuat dalam Silabus dan RPP tercapai. Siswa pun dapat terampil menggunakan program Word dengan baik dan benar serta sekaligus dapat menambah pengetahuannya di bidang agama. Sehingga terjadi integrasi antara imtak dan iptek secara terpadu di kelas VII SMP Labschool Jakarta.  Karya tulis imtak ini dapat dijadikan studi banding oleh sekolah lainnya, karena pembelajaran yang mengintegrasikan imtak-iptek belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya dalam pelajaran TIK di SMP.


 

Iklan

Komentar ditutup.