MENUJU INDONESIA BARU

Menuju Indonesia Baru

Saya yakin kita semua akan merasa sangat bahagia jika bisa hidup di lingkungan & masyarakat yang aman & damai. Tidak ada lagi tawuran, tidak ada lagi pengemis, tidak ada lagi gelandangan, tidak ada lagi rasa takut di jarah, di todong, di perkosa & tidak ada lagi orang yang hidup sengsara.

Walaupun masih dalam perdebatan, saya pribadi masih percaya bahwa penyebab semua itu adalah proses pembodohan bangsa yang telah berlangsung lama & sistematik. Berapa sih jumlah orang yang berpendidikan S1 ke atas di Indonesia? Berapa jumlah wajib pajak di Indonesia? Berapa jumlah pengguna Internet di Indonesia? Berapa jumlah mahasiswa di Indonesia? Berapa persenkah lulusan SMU / SMK yang tertampung di perguruan tinggi? – jawabannya akan sangat menakjubkan karena saat ini semua-nya berkisar di angka dua (2) juta orang saja dari jumlah bangsa Indonesia yang 200 juta manusia itu. Tidak heran jika sebagian besar bangsa ini masih hidup menggunakan otot-nya bukan kekuatan otak-nya.

Satu-satu-nya cara yang akan memberikan effek jangka panjang hanyalah dengan cara memandaikan bangsa ini. Saya yakin bahwa hanya dengan memandaikan bangsa ini maka dunia usaha, dunia pendidikan, dunia perdagangan, dunia industri di Indonesia akan semakin marak. Jelas utangan ke IMF, Bank Dunia, ADB bukan solusi yang baik!

Proses pemandaian yang paling sederhana adalah menyebarkan ilmu yang sempat kita miliki, sempat kita kumpulkan ke masyarakat banyak. CD-ROM yang di usahakan oleh rekan-rekan di APKOMINDO seperti rekan Hoky, rekan Michael & banyak di sponsori oleh para pengusaha komputer Indonesia merupakan salah satu usaha sederhana untuk memandaikan bangsa ini. CD-ROM merupakan media yang sederhana & murah dalam penyebaran pengetahuan dibandingkan dengan buku.

Saya pada kesempatan ini ingin menyampaikan ucapaan terima kasih sebesar-besarnya pada semua rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam membantu penyebaran pengetahuan ini ke masyarakat banyak. Saya yakin sekali usaha teman-teman tidak akan sia-sia. Bagi rekan-rekan pembaca, saya sangat berharap agar anda dapat menyebarkan kembali ilmu yang anda peroleh ke rekan, tetangga, pacar, mertua, orang tua, kakek, nenek, oom, tante, opa, oma dsb agar semua orang di Indonesia dapat merasakan manfaat yang baik dari teknologi informasi.

Mudah-mudahan usaha ini dapat di-ikuti oleh rekan-rekan terutama yang berada di perguruan tinggi untuk keluar dari menara gading-nya & secara real memberdayakan bangsa Indonesia. Agar semua ini menjadi awal sederhana dari sebuah proses panjang, mengangkat martabat & derajat bangsa Indonesia ke tingkat yang lebih baik, lebih beradab.

Saya pribadi tidak akan pernah bisa membalas amal & ibadah yang telah anda-anda berikan. Akan tetapi, saya yakin Tuhan tidak akan pernah salah menghitung pahala & riski yang sesuai dengan amal & ibadah yang telah anda berikan.

Terima kasih
Akhir April 2008
Onno W. Purbo

2 responses to “MENUJU INDONESIA BARU

  1. Saya sempat study banding ke Labschol Jakarta beberapa tahun yang lalu, tapi yang saya rasakan itu bukan study banding tetapi melihat hal yang sangat sulit saya berharap banyak untuk dapat diterapkan di tempat saya, hari saya optimis dengan bentuan BAPAK saya akan menggapai apa yang akan saya impikan, maka dari itu tolong dan bimbinglah saya selalu, insyaallah Bapak senantiasa diselimuti kebahagiaan.Amin

  2. Insya Allah, kita saling membimbing ya mas.

    salam
    omjay