Mengapa anak lebih senang bermain games?

main games

main games

Setiap kali pelajaran TIK akan berlangsung, anak-anak di SMP Labschool Jakarta selalu minta waktu untuk bermain games. Alasannya singkat, rileks sebentar pak!. Lalu kemudian mereka dengan asyiknya bermain games di komputer. Mulai dari cara memasak makanan, sampai balap-balapan. Pokoknya mereka enjoy banget dengan beraneka ragam games yang mereka install sendiri. Kayaknya kalau ada gunung meletus, mereka nggak bakal denger tuch!.

Selidik punya selidik, dan saya tanyakan langsung pada anak-anak kenapa mereka senang bermain games?, jawabannya karena games itu menarik mereka untuk berperan aktif di dalamnya. Mereka menjadi pelaku utama dan penentu kemenangan. Tak ada yang sanggup menghalangi mereka karena niat yang begitu kuat untuk mendapat score yang tinggi. Games telah membuat pembelajaran yang mengundang. Mengundang mereka dengan suasana asyik dan menyenangkan. Tak peduli banyaknya tugas sekolah yang datang setelah ini, yang penting mereka enjoy dan rileks dulu. 

Nampaknya para pendidik dituntut untuk membuat media pembelajaran seperti games, yang dapat membuat anak, belajar sambil bermain, dan bermain sambil belajar. Bagaimana yach caranya? Ada yang bisa kasih komentar ???

Iklan

12 responses to “Mengapa anak lebih senang bermain games?

  1. Waaaa… Kok fotonya anak Aksel-2 sih??? Buka kartu nih…

  2. Adityo Wicaksono

    yah bapak… namanya juga masih SMP

    sedang masa asyik2-nya main game..

  3. karena susah buat main kalo di rumah pak..
    pasti sama orang tua disuruh belajar..

    tapi walau kita senang main waktu pelajaran TIK, setelah main juga kita mengerjakan tugas dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan pak…

  4. yaiyalah pak, main games kan seruu..hehe soalnya kalo dirumah gamesnya cuma dikit pak..hehehe

  5. gini pak, sebaiknya kita kita di kasih stngah jam main game dulu, baru belajar, kalo nggak pas di kasih pelajaran banyak yang main game loh pak..
    oya, tambahin game lagi pak…
    tapi yang kaya jojo’s fashion show gitu pak
    heheheh

  6. mungkin karena di rumah gak pernah maen game??
    hehe…
    soalnya di skul pasti adanya minigame2 gitu ?(kalo menurut saya gamer sejati kurang tertarik)
    tapi saya juga pernah ngalamin masa2 kayak gitu ??
    menyenangkan walau sesaat…

  7. wah setuju banget tuh pak! secara ya kalo belajar pake games games gitu kan kitanya jadi lebih semangat gara gara menarik gitu pak!
    Nah terus ya pakgames nya tuh ditambahin yang seru seru gitu, kayak cooking academy ato ga jojo’s fashion show. kan kita juga jadi bisa ngelatih kesabaran tuh pak pas main cooking academy! ehehehe 😀

  8. aduh pak, games itu hiburan buat kita. kan biar kita ceria terus pak, udah gt biar ngga bete mulu. hemm abis itu kalo misalnya lagi ngga ada materi pas belajar TIK kan kita bisa maen pak, lah kalo ngga ada games kita mo ngapain coba? makanya banyakin games lagi pak he 😀

  9. ya sekalian maen dulu pak sambil nunggu di absen sama di kasih tugas habis maen tugasnya juga dikerjain pasti

  10. games kan buat merefresh otak pak! coba ga ada game.. otak bisa overload terus ngeror deh.. udah main aja bisa error gimana kalo enggak?
    jadi pelajaran TIK digunakan semaksimal mungkin untuk digunakan sbagai jeda dr plajaran.. ya tapi asal mainnya nggak ganggu pelajarannya juga..

  11. ahahahahahah! ya jelas aja lah pak, namanya juga manusia, butuh refreshing. kan game sedikit banyak melatih koordinasi antara penglihatan, otak kanan, dan tangan. gak melulu jelek kok pak….

  12. mungkin karena main game itu tidak ada evaluasinya jadinya mereka lebih enjoy melakukannya, coba kalo main game ada ulangannya mereka akan terbebani dengan score yang mereka dapat….