Dibalik Cerita Pesta Blogger 2008

Terus terang baru tahun ini saya ikut pesta blogger. Tahun kemarin saya belum ikut, karena saya belum tertarik banget sama kedahsyatan blog. Saya pikir blog cuma mainan anak-anak kemarin sore yang cuma ngabisin waktu untuk curhat alias orang yang nggak ada kerjaan.

Orang yang pertama kali mengenalkan blog adalah sahabat saya di pascasarjana UNJ, bapak dedi dwitagama yang kemarin baru saja menerima penghargaan sebagai juara kedua e-Learning award dari Pustekkom Depdiknas RI. Lalu kemudian saya banyak belajar tentang blog dari para blogger favorit dan idola, seperti Mas Budi Putra yang ngajarin saya bikin blog video di acara depkominfo. Mereka inilah yang membawa saya menjadi aktif dalam dunia blog. Terima kasih Ya!


Saya pun menularkannya kepada anak didik agar mereka juga bisa ngeblog. Bahkan blog saya jadikan bahan untuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengantarkan saya menjadi finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran tahun 2008 yang dapat dilihat di http://ditpropen.net/.

Blog sungguh luar biasa. Adanya blog membuat kita menjadi kreatif dalam menulis. Dalam pesta blogger kemarin, 22 November 2008, bagaimana kocaknya si kambingjantan Mas Raditya Dika ngoceh tentang keberhasilan dia dalam dunia blog yang dalam sehari blognya bisa dikunjungi lebih dari 2000 orang. Dahsyat banget!. Ternyata rahasianya dia fokus pada selera pasar, yaitu HUMOR.

Tapi bagi saya, dengan kedatangan menteri Riset dan Teknologi, Bapak Kusmayanto Kadiman membuat semakin berartinya pesta blogger ini. Bayangkan ada tiga menteri mendukung acara ini, yaitu depkominfo, dep. pariwitasata dan budaya, serta dep. ristek. Di luar negeri seperti Malaysia atau Singapura tidak ada pesta blogger yang dapat dukungan sampai tiga menteri. Bahkan kabarnya belum ada pesta blogger di dunia ini yang dihadiri lebih dari 1200 orang dan kalau tidak dibatasi jumlahnya bisa mencapai 200o orang. Baru di negara Indonesia hal itu terjadi. Indonesia adalah negara pertama yang menyelenggarakan pesta blogger dengan meriah dan sukses dengan tema Blogging for Society.

foto pesta blogger2008

foto pesta blogger2008

Saya salut sama panitianya yang dikomandoi oleh ndoro kakung. Meski di sana-sini masih ada kekurangannya, tapi saya acungi dua jempol. Apalagi bisa mendatangi para blogger terkenal dari negara lain. Kocak abis, mereka ternyata pandai sekali mengambil moment yang tepat untuk mencari foto yang bernilai tinggi. Hasil foto mereka sangat luar biasa bagus. Foto-foto mereka adalah foto-foto yang mengajak kita bicara tentang Indonesia yang kaya. Sungguh sebuah kreativitas yang patut untuk ditiru.

Dari event acara yang menarik adalah dialog dengan Mas Budi Putra dan dan Mas Pepih Nugraha. Wah seru banget. Saya sangat merasakan mendapatkan ilmu tambahan. Apalagi dengan adanya pak Said dan pak Iwan para senior blogger yang pengalaman menulisnya luar biasa. Saya juga mendapatkan teman baru mbak Nenden Novianti dari vivanews.com dan Mang Kumlod. Saya juga bertemu dengan Mr. Dougleas R. Stoltz dari sekolah bogor Raya. Pesta blogger membuat saya mendapatkan teman baru dan juga…. hadiah-hadiah doorprize yang bagi saya cukup berarti. Saya mendapatkan voucher untuk berlangganan PUSH selama 6 bulan Gratis melalui ponsel saya. Tapi sayang ponsel saya masih jadul, jadi harus diganti dulu dengan yang baru. Oh, Tuhan Tolonglah aku untuk bisa membeli HP baru!.

Buat Para blogger yang dapat doorprize PC dan Laptop Hp, saya ucapkan selamat. Ternyata uang Rp. 50 ribu bisa beranak jadi banyak. Para peserta sangat dimanjakan karena nilai nominal yang didapatkan lebih dari Rp. 50 ribu. Tahun besok cari sponsor yang lebih banyak lagi, biar pesertanya juga semakin nyaman dan enjoy. Juga acaranya jangan dibikin kayak acara kuliahan, kasihan para blogger muda. Mereka ingin ada sedikit yang serius tapi santai. Tapi, biar bagaimanapun pesta ini sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga tahun depan lebih meriah dan lebih oke lagi.

Sampai jumpa tahun depan di pesta Blogger tahun 2009.

Iklan

6 responses to “Dibalik Cerita Pesta Blogger 2008

  1. Wah pak Wijaya dapet hadiah toh… Selamat..!

    Hmm… padahal menuturku acara pembagian doorprizenya ga seru… Ga dapet sih…!!! 😛

  2. Selamat Bang Haji, semoga Allah kabulkan doanya … sayang kita ga bisa jumpa saat itu

  3. Ping-balik: Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita | Ayo ngeBlog!

  4. Ping-balik: Cerita Pesta Blogger — Pesta Blogger 2008

  5. wah luar biasa sekali jd terharu liat perjuangan bapak….