Model Pembelajaran

Terus terang saya merasa tersanjung karena banyak sahabat-sahabat baru yang berkunjung ke blog saya untuk mencari informasi tentang model pembelajaran. Saya sungguh tak menyangka kalau apa yang saya tuliskan tentang model-model pembelajaran mendapatkan respon yang luas dan akhirnya menjadi rating tertinggi dari blog saya ini.

Berbicara model pembelajaran tentu kita juga akan memikirkan bagaimana menciptakan proses belajar yang kreatif dan efektif. Pembelajaran dalam suatu defenisi dipandang sebagai suatu upaya memengaruhi siswa untuk belajar. Atau secara singkat dapat dikatakan bahwa pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa. Akibat yang mungkin nampak dari tindakan pembelajaran adalah siswa akan:

  1. Belajar sesuatu yang mereka tidak akan pelajari tanpa adanya tindakan pembelajar
  2. Mempelajari sesuatu dengan cara yang lebih efisien

Usaha memperbaiki proses pembelajaran tersebut diperlukan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajaran. Maksud dengan kondisi pembelajaran di sini adalah tujuan bidang studi, kendala bidang studi, dan karakteristik siswa. Biasanya karakteristik bidang studi dan karakteristik siswa yang berbeda memerlukan model pembelajaran yang berbeda pula.

Karena itu dalam tulisan ini saya ingin memberikan informasi kepada para pembaca blog ini bahwa masih ada model pembelajaran yang lain dan nantinya akan saya kupas secara gambalng dalam blog saya ini. Model-model pembelajaran itu adalah:

  1. Model pembelajaran sosial
  2. Model pembelajaran jarak jauh
  3. Model pembelajaran orang dewasa
  4. Model pembelajaran eraborasi
  5. Model pembelajaran keterampilan

Kesemua model di atas harus memperhatikan strategi pembelajaran dan manajemen diri dalam pembelajaran. Oleh karena itu disarankan untuk dapat mendesain pembelajaran dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran kita di sekolah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda membeli buku Prof. Dr. Hamzah. B. Uno, M.Pd yang berjudul “MODEL PEMBELAJARAN” yang diterbitkan oleh BUMI AKSARA. rawamangun jakarta Timur. Atau bisa anda beli di toko-toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, dan lain-lain.

cover-buku-model-pembelajaran1

Iklan

Komentar ditutup.