Menciptakan Informasi Melalui Blog

Kamis, 22 Januari 2009 saya kedatangan seorang tamu yang merupakan salah satu guru TIK dari SMP Perguruan Cikini Jakarta Pusat. Beliau ingin melakukan observasi untuk tesisnya. Kebetulan masalah yang dipilih adalah bagaimana blog dimanfaatkan sebagai pusat sumber belajar bagi siswa. Saya sendiri menyambutnya dengan penuh sukacita. Bagi saya blog adalah media paling canggih dalam meningkatkan kreativitas menulis. Apalagi bila dijadikan sebagai pusat sumber belajar (PSB)

Dalam diskusi bersama beliau, kami bersepakat untuk menjadikan blog sebagai ajang untuk menciptakan informasi. Selama ini, dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP, siswa hanya dituntut untuk mencari informasi di internet. Siswa-siswi tidak didorong untuk menciptakan informasi. Karena itu, jadilah anak didik kita sebagai konsumen, bukan produsen pengetahuan atau informasi.

Cobalah lihat tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah kepada peserta didik. Anak disuruh mencari informasi sebanyak-banyaknya. Lalu biasanya merangkumnya dalam bentuk kliping. Akibatnya, anak-anak tidak terbiasa untuk menulis yang berujung kepada minimnya kreativitas menulis.

Meningkatkan kreativitas dan minat menulis bukan perkara gampang. Guru harus memotivasi siswa terus menerus. Saya sendiri pernah melakukan penelitian di kelas akselerasi. Masalah yang saya teliti adalah bagaimana meningkatkan minat dan kreativitas menulis siswa melalui pengelolaan blog di internet. Butuh waktu 9 bulan menyelesaikan penelitian ini.

Dalam penelitian itu, saya mengarahkan siswa untuk selalu meng-update blog yang telah dibuatnya. Mereka saya arahkan untuk menciptakan informasi dalam blog. Mareka saya minta untuk menuliskan apa saja yang mereka sukai. Mulai dari dirinya, keadaan sekolahnya, dan lain-lain. Pokoknya kegiatan menulis wajib dilakukan di blog. Saya pun bertindak sebagai pembaca setia mereka dan selalu memberikan komentar. Saya pun tak lupa memberikan contoh bagaimana menulis yang baik melalui blog saya sendiri.

Awalnya tulisan mereka biasa-biasa saja. Namun, dengan berprosesnya waktu dan tindakan motivasi yang terus menerus saya lakukan, akhirnya tulisan-tulisan mereka menjadi sangat menarik.  Saya senang sekali membaca tulisan mereka. Sangat inspiratif dan membawa saya dalam dunia mereka. Dunia remaja yang akan beranjak dewasa. Dari merekalah saya mengetahui situs-situs yang disukai oleh anak-anak remaja.

Blog anak-anak aksel itu saya link dalam blog http://wijayalabs.blogspot.com dan sampai saat ini tulisan mereka terus berkembang pesat dan mengundang para blogger lain untuk mengunjunginya.

Blog telah menggiring mereka untuk menciptakan informasi. Informasi yang dibutuhkan oleh blogger lainnya dalam mencari informasi. Kini mereka tidak lagi sebagai konsumen, tetapi sudah menjadi produsen informasi. Mereka pun menjadi sangat ahli dalam membuat rumah virtualnya  menarik dengan design template yang beraneka ragam. Anda pasti tidakpercaya kalau blog itu dikelola oleh anak seusia  SMP.

Karena hal tersebut di atas, keajaiban blog yang dimilikinya terbukti. Saya berhasil menjadi finalis dalam lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran (LKGDP) 2008 yang diselenggrakan rutin tiap tahun oleh direktorat profesi guru depdiknas RI. Blog bukan hanya sebagai alat menciptakan informasi, tetapi juga Blog telah menghantarkan saya menjadi finalis LKGDP 2008 walaupun belum menjadi juara pertamanya.

Saya telah membuktikan kedahsyatan blog. Adanya blog membuat saya menjadi rajin menulis setiap harinya. Berbagi cerita dengan teman-teman di blog kompasiana ini. Saya pun banyak mendapatkan pengetahuan tambahan dari teman-teman lainnya dari informasi yang ada dalam blog kompasiana.com. Bila hal itu kita ajarkan pada anak didik kita, maka mereka pun akan merasakan enaknya menciptakan informasi melalui blog. Blog mereka pun tidak lagi sepi tulisan dan sepi pengunjung.

Semoga kita semua dapat mengarahkan anak-anak kita untuk lebih banyak menciptakan informasi melalui blog dan bukan hanya sekedar mencari informasi di internet. Dengan demikian anak-anak kita telah dilatih untuk menjadi produsen informasi yang berujung kepada bertambahnya khasanah ilmu pengetahuan di dunia maya. Blog yang mereka buat kini tak menjadi sampah informasi, tapi telah berubah menjadi blog yang memiliki nilai informasi yang tinggi. Kalau anda tidak percaya, lihatlah blog mereka!.

Wijaya Kusumah, Guru TIK SMP Labschool Jakarta

Iklan

Komentar ditutup.