B=L

Tulisan ini diilhami dari membaca blog sahabat saya dari Pustekkom. Dalam tulisannya beliau mengatakan kalau B=L. Artinya B adalah Blogging dan L adalah Learning. Kalau digabungkan B=L artinya,  dengan menjadi Blogger dan melakukan Blogging anda telah melakukan suatu proses pembelajaran.

Belajar bisa di dapat darimana saja. Belajar tidak hanya di dapat dari guru. Guru hanyalah satu-satunya sumber belajar. Masih banyak sumber belajar yang lainnya. Salah satu contohnya adalah dengan menjadi Blogger dan melakaukan Blogging anda sebenarnya sedang belajar. Belajar mengelola sebuah blog yang berisi tulisan-tulisan anda yang kreatif dan mempesona. Belajar sedapat mungkin blog yang anda buat di kunjungi sebanyak-banyaknya orang. Akhirnya, tanpa disadari anda sebenarnya sudah melakukan sebuah pembelajaran kreatif dan mengundang. Mengundang orang untuk aktif terlibat dalam pemikiran-pemikiran anda yang cemerlang. Maka, terjadilah proses pembelajaran yang kreatif dan mengundang.

Pembelajaran kreatif dan mengundang diperoleh karena kita mau belajar dan berbagi. Pernah baca bukunya A. Chaedar Alwasila dan Senny Suzanna Al wasilah yang berjudul pokoknya menulis? Kalau belum bacalah dan belilah bukunya di toko buku Gramedia. Bukan promosi loh!. isi bukunya sangat bagus karena menawarkan cara dan pendekatan non konvensional dalam menulis, khususnya dengan menerapkan metode kolaborasi. Menurutnya, menulis itu berjamaah.

Kembali ke kompasiana. Dengan menjadi Blogger kompasiana anda akan melakukan blogging yang harus memposting tulisan-tulisan kreatif anda. Di sanalah terjadi proses berpikir. Berpikir bagaimana tulisan anda bisa dipahami oleh para pembaca setia anda bahkan dari orang yang belum anda kenal sebelumnya.

Itulah Blogging ada Learning di sana. Anda telah melakukan suatu proses pembelajaran mandiri dan kreatif. Anda menemukan sendiri pengetahuan dan anda mengkontruksinya sehingga menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca. Berbagi cerita tentang pengalaman anda hari ini atau analisis politik anda yang jitu. Tapi, kadang juga menjadi NARSIS kayak saya…he….3x.

B=L telah mengajarkan saya bagaimana cara belajar model baru. Belajar dari orang lain. Belajar dari membaca tulisan orang lain. Belajar dari belantara internet yang siap melayani kita.

Blogging and Learning adalah dua istilah lama yang mulai diperhatikan orang saat ini. Dengan Blogging anda bisa berbagi. Dengan Blogging anda pun akan mendapatkan pengetahuan baru. Pengetahuan baru yang di dapat dari para blogger mania. Pada akhirnya anda pun tanpa terasa telah melakukan pembelajaran dari blogger lainnya.

Apakah pembelajaran itu?

Pembelajaran adalah istilah baru yang dulu namanya belajar dan mengajar. dengan adanya UU Sisdiknas tahun 2005, maka istilah belajar mengajar sudah tidak ada lagi dan berubah nama menjadi pembelajaran.

Dengan anda menjadi blogger dan melakukan blogging maka anda sedang melakukan suatu proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran bagaimana cara menulis yang kreatif secara kolaborasi di kompasiana.com.

Menulis akan menjadi kegiatan yang berbeda bagi anda dengan delapan jurus menurut A. Chaedar. Apa saja yang harus dilakukan?

  1. memakai bahasa “gaul”
  2. menggunakan gaya ekspresif dan imajinatif
  3. mengutamakan praktek
  4. menghargai proses
  5. berkolaborasi dengan kolega atau “suhu”(Biasa belajar dari kang pepih dan mas Wisnu)
  6. berguru kepada “jagoan” (Pak Pray dan pak CH)
  7. tidak membedakan proses menulis dalam bahasa ibu dan bahasa asing
  8. berpegang pada kebenaran hubungan menulis-membaca

Bila ke delapan itu anda lakukan, anda akan jadi blogger yang handal. Blogger yang selalu ditunggu-tunggu para pembaca setia anda. seperti pak Pray, pak CH, kang pepih, mas wisnu, bu dokter semuanya, pak profesor nurtjahjadi, pak suyuti, kang syukron, mas yulianto, mas yunanto, mas eko, cah bagus, dll wah masih banyak yang lainnya. Saya nggak hapal, maaf.

Akhirnya B=L. Blogging-Learning. Dengan menjadi Blogging anda telah melakukan pembelajaran. Sekali lagi pembelajaran. Pembelajaran di universitas terbuka yang bernama kompasiana tentunya.

Bila anda ingin memperdalam lagi silahkan dibaca http://fakultasluarkampus.net/blogging-learning/.

Wijaya Kusumah, B=L

2 responses to “B=L

  1. Pa Jay,

    Setuju sekali pak B=L, sepertinya menarik juga bukunya, nanti coba ta’ cari-cari dech. Tx infonya!…

    Oh iya mengenai pertanyaan Pa Jay diblog saya berikut adalah jawabannya:

    Pa’ Jay,

    Betul sekali Pak, sejak gabung di http://www.asiablogging.com (06/06/07) yang digawangi oleh mas Budi Putra, saya jadi kecanduan ngeblog sampai sekarang….

    Mas’ BP merupakan salah satu inspirasi saya untuk nge-blog, kalo guru semua hal baru yang saya dapat dari rekan-rekan blogger (termasuk P’ Jay) saya anggap sebagai guru saya…….

    Sebenarnya untuk sewa hosting dan domain personal web saat ini tidak begitu mahal pak.

    Kalo sempet mampir ajach di http://www.qwords.com, kebetulan pemiliknya juga co-founder http://www.asiablogging.com juga (Rendy Maulana), nah Pa’ Jay bisa pilih-pilih paket yang super murah sesuai kebutuhan…….

    Setelah selesai proses pertama, baru kita lanjut langkah berikutnya…..(design blog-nya), tapi satu2 dulu ya pa biar gak bingung…….

    Senang bisa berbagi sesama blogger….

    Salam,
    Yulyanto……

  2. oke, mas kalau pakai domain dot net kayak blognya mas romiwahono.net, biayanya sekitar berapa ya?