Menjadi Guru Profesional Melalui PTK

Sabtu, 14 Maret 2009 telah dilaksanakan seminar nasional peningkatan mutu Guru dengan Tema : MENJADI GURU PROFESIONAL MELALUI PTK (Penelitian Tindakan Kelas).


prof-diana

Prof. Dr. Diana Nomida

Seminar nasional ini dibuka oleh Prof. Dr. Diana Nomida, Ketua Jurusan Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Program Pascasarjana (Pps) UNJ. Awalnya, seminar ini akan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Atwi Suparman, Ketua Umum IPTPI, namun karena beliau sakit dan dirawat di RSPP maka acara ini dibuka oleh Pembina IPTPI (Ikatan Pengembang Pendidikan Indonesia) yang juga ketua jurusan Prodi TP di Pps UNJ. Kita doakan agar Prof. Dr. Atwi Suparman cepat sembuh dan bisa bekerja kembali sebagai Rektor Universitas Terbuka seperti sediakala. Amiin.

Dalam seminar ini, hadir sebagai keynote speaker Prof. Dr. Conny R. Semiawan dan Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc yang merupakan para pakar di bidang penelitian tindakan (Action Research). Adapun makalah dan slide presentasi kedua guru besar itu dapat anda pesan ke wijayalabs@gmail.com.

Prof Dr. Yusufhadi Miarso dan Prof. Dr. Conny R. Semiawan

Prof Dr. Yusufhadi Miarso dan Prof. Dr. Conny R. Semiawan

Selain kedua pakar itu yang memberikan pencerahan tentang pentingnya PTK bagi guru, hadir pula sejumlah pembicara pakar lainnya, yaitu :

1. Prof. Dr. Diana Nomida (Kajur Prodi TP PPs UNJ)
2. Drs. Martadi, M.Sn. (Direktur Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya)
3. Drs. Dedi Dwitagama, M.Si (Kepala SMK 36 Jakarta)
4. Drs. Akur Sudianto, Kons. (P4TK Depdiknas RI)

Para Pembicara Seminar PTK

Para Pembicara Seminar PTK

Dalam ceramahnya mereka memotivasi para guru agar dapat berprestasi melalui penelitian tindakan kelas.

Selain itu, acara ini juga diselingi dengan peluncuran buku mengenal PTK hasil karya dua orang guru yaitu Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama.

Dedi & Wijaya Penulis Buku PTK

Dedi & Wijaya Penulis Buku PTK

Selain para pembicara di atas, ada beberapa pembicara lainnya, yaitu:

1. Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc (Kajur TP-UNJ)
2. Dr. M. Soekardjo, M.Pd (Ka. Pengembang Labschool)
3. Wijaya Kusumah, S.Pd (Finalis LKGDP 2008)
4. Diah Alfaningtyas, S.Pd (Finalis LKGDP 2008)

Keempat pembicara ini berbicara tentang manfaat PTK bagi Guru di Sekolah.

Kebermanfaatan PTK Bagi Guru

Kebermanfaatan PTK Bagi Guru

Acara ini juga diikuti dengan cara membuat proposal PTK yang dibimbing oleh Drs. Khaerudin, M.Pd. Bagi teman-teman guru yang ingin mendapatkan makalah dan memesan buku PTK dapat menghubungi, wijaya kusumah melalui email wijayalabs@gmail.com.

Peserta Seminar peningkatan Mutu guru di Pps UNJ

Peserta Seminar peningkatan Mutu guru di Pps UNJ

Terima kasih kepada Penerbit Indeks, dan Tabloid Pendidikan GOCARA yang telah menjadi sponsor acara ini. Terima kasih pula kepada Kompas.com yang telah mempublikasikan acara ini di internet.

Buat para guru Indonesia, Selamat melakukan PTK di kelas Anda! Hasilkan khasanah ilmu pengetahuan baru dalam PTK anda, dan laporkan hasilnya. Barangkali tahun ini salah satu dari PTK Anda terpilih dalam lomba Keberhasilan guru dalam pembelajaran Tingkat nasional yang selalu rutin dilaksanakan oleh Depdiknas setiap tahun.

Salam Blogger.

4 responses to “Menjadi Guru Profesional Melalui PTK

  1. bravo … hebat bang haji … selamat atas sukses seminarnya, keep fight

  2. Ping-balik: sharring di Seminar Nasional PTK di Aula Pascasarjana UNJ « Dedi Dwitagama

  3. pak bisa ngak e mail saya penjelasan sedikit atau yg penting tentang PTK, saya tertarik insyaAllah akan beli bukunya tapi saya ingin ada gambaran ‘Penelitian Tindakan Kelas’ itu seperti apa sic??Mohon bimbingannya, sebagai guru baru saya sangat awam…terimakasih

  4. ptk banyak memberi pengalaman baru utk guru, di sini guru belajar dg metode2 yang selama ini blm ia terapkan.. semoga manfaat