Enam Prinsip Mengelola Blog Versi Omjay

Menulislah setiap hari di Blog Anda

Menulislah setiap hari di Blog Anda

Hal terpenting yang perlu anda ketahui dalam mengelola blog di dunia maya adalah bahwa layaknya mengelola rumah di dunia nyata, mengelola blog juga memerlukan prinsip dalam hal menggapai keberhasilan dan kesuksesan. Selama ini penulis menjalani prinsip 5 K, yaitu: Kemauan, Kerja keras, Komitmen, Koneksi, dan Kreativitas.

  • Kemauan yang kuat harus anda miliki sebagai modal utama, karena nantinya anda harus meluangkan waktu setidaknya 1 s.d 4 jam perhari bahkan bisa lebih, untuk merawat Blog anda. Blog ibarat tanaman yang perlu disiram dan diberi pupuk agar dapat tumbuh berkembang dan menghasilkan buah. Karena itu buatlah blog anda seperti pohon yang menghasilkan buah. Kemauan harus menjadi prinsip utama anda agar blog anda benar-benar bernilai harganya.
  • Kerja keras tentu saja harus anda lakukan, karena kerja keras berbanding lurus dengan hasil yang akan anda terima, tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Selain meluangkan waktu anda juga memerlukan tenaga dan pikiran dalam mengelola blog. Anda harus bekerja keras agar blog anda menjadi terkenal dan terbaca oleh orang lain. Indikatornya mudah saja, bila semakin banyak orang yang membaca dan memberikan komentar di blog anda, itu tandanya blog anda sudah mulai tumbuh. Lalu perhatikan jumlah pengunjung yang mengunjungi blog anda. Kemudian lakukan pula kunjungan balasan agar anda pun dapat belajar dari blog orang lain. Pakailah metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Diperlukan kerja keras yang fokus bila blog anda ingin ramai pengunjungnya.
  • Komitmen perlu anda pegang dalam diri anda, mengingat mengelola blog yang anda jalani nantinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan waktu yang cukup panjang, Menulis di blog memang tak mendapatkan uang tapi setelah anda menuliskan sesuatu yang bermanfaat, akan ada orang lain yang mengambil tulisan anda bahkan saya merasakan sendiri, bila ada media yang mengambil tulisan saya itu dan meminta izin saya untuk diterbitkan dalam tabloid pendidikan. Kalau sudah demikian tanpa terasa uang masuk lewat rekening. Inilah yang disebut rezeki yang tak terduga-duga datangnya. Belum lagi bila ada tawaran mengisi materi dari tulisan yang kita buat, wah akan banyak orang yang mengundang anda untuk menjadi pembicara seminar di tingkat nasional.
  • Koneksi menjadi penting dalam pengelolaan blog, mengingat salah satu media yang digunakan adalah Internet yang membutuhkan koneksi. Pilihlah koneksi internet yang mumpuni untuk pengelolaan blog anda, saat ini tersedia teknologi ADSL, sepert pakai Speedy dll . Anda dapat memilih mana yang terbaik untuk anda dalam berkoneksi ke internet. Masing-masing provider sekarang ini saling bersaing dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggannya.
  • Kreativitas akan menjadikan anda menjadi lebih berhasil. Salah satu bentuk kreativitas yang dapat anda lakukan dalam mengelola blog adalah melakukan duplikasi, analoginya jika dengan 1 blog anda mendapatkan penghasilan Rp. 100.000 perbulan, bagaimana jika anda memiliki 10 blog atau bahkan lebih, tentu saja penghasilan anda juga akan berlipat ganda. Tapi kreativitas yang baik adalah perhatikan juga pernak-pernik blog yang anda kelola. Buatlah semenarik mungkin. tapi yang lebih penting lagi adalah konten kreatifnya. Itu yang sangat dinantikan oleh para pembaca setia blog anda. Buatlah tulisan yang kreatif dalam blog yang anda kelola.
  • Kredibel, artinya mampu untuk dipercaya bahwa tulisannya benar-benar hasil karya sendiri dan berlian hasilnya.

Jadi jangan menunda lagi, lekaslah membuat blog pribadi anda dan kelolalah dengan baik seperti anda mengelola atau merawat rumah anda di dunia nyata. Tapi jangan lupa, menulislah di blog setiap hari. Biasakanlah menulis selembar, bila anda komitmen selembar setiap hari, lalu dikalikan 30 hari maka akan ada 30 tulisan per bulan. Bila tulisan anda sudah banyak, maka dalam setahun bila anda komitmen menulis di blog, maka tulisan kamu bisa jadi sebuah buku dengan tebal halaman minimal 365 halaman. Bukankah ini akan menjadi sebuah keajaiban?

Buktikan keajaiban blog setahun Kemudian, dan lihatlah mereka yang sudah merasakannya. Ingat selalu prinsip 6 K, yaitu: Kemauan, Kerja keras, Komitmen, Koneksi, Kredibel, dan Kreativitas. Selamat Mencoba!

Saya sudah merasakannya dengan terbitnya buku saya ” Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, yang saya tuliskan berkolaborasi dengan bapak Dedi Dwitagama, dan telah terjual habis di toko buku gramedia. Bahkan kini telah mengalami cetakan yang ketiga. Salam

Sumber: http://www.blogspreneur.com/index.php/2009/03/29/5k-kunci-sukses-bisnis-online/

Iklan

6 responses to “Enam Prinsip Mengelola Blog Versi Omjay

  1. Salam kenal, saya mau konfirmasi apakah anda menyadur artikel dari blog saya http://www.blogspreneur.com/index.php/2009/03/29/5k-kunci-sukses-bisnis-online5k-kunci-sukses-bisnis-online/
    mengingat anda memang menulis bahwa anda menjalankan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Mohon dicantumkan sumbernya jika memang mengutip 🙂

    Terima kasih

  2. Saya memang mengambil tulisan ini untuk saya rubah mwenggunakan ATM, dan disesuaikan dengan kondisi pribadi. Mohon maaf bila terlupakan menuliskan sumbernya, karena pada saat itu saya dapatkan dari email di milis. Jadi terlupakan dech nulis sumbernya.

    Makasih ya mas, sudah dikoreksi dan salam kenal. Teruslah menulis dan berbagilah!

    Salam Blogger
    Omjay

  3. salam kenal dari saya…oya kapan-kapan main keblog saya…btw untuk postingan anda saya juga baca dari blog$preneur.com tapi saya salut dengan anda secara jantan mengakui sekaligus memohon maaf kepada sumber (karena tidak mencantumkannya)
    Satu hal yang membuat saya tertarik terhadap blog anda, anda mempunyai keinginan yang besar untuk berbagi walaupun dengan cara menghadirkan tulisan dari orang lain.
    Ok…next time, saya yakin anda bisa…apalagi kalau menjalankan langkah-langkah dari postingan sekarang…

  4. Trus terang saya sangat menyukai blog anda ini. Kalo blh tanya, bgm cara menyalin artikel blog seseorang ke blog yg saya miliki? Apakah hrs minta izin terlebih dahulu? Terima kasih atas jwbannya. Salam kenal dari saya. (orang baru dalam dunia blog).

  5. Silahkan copy and paste, tetapi tetap cantumkan darimana anda mengambil tulisan itu. jangan sampai kelupaan seperti apa yang pernah saya alami, hehhehe.