Pemanfaatan Facebook dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis

Pemanfaatan Facebook

Pemanfaatan Facebook

Saat ini, ada situs pertemanan yang bernama facebook yang begitu digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Facebook menurut saya sangat berguna bagi kalangan masyarakat yang ingin berkomunikasi secara praktis. Sekarang saja Facebook sudah Overpopulated Member dikarenakan banyak orang yang tertarik dengan Facebook. Facebook memudahkan orang berkomunikasi dengan orang lain dengan cara chatting, menulis di Wall, dan mengirim Pesan/Message. Tanpa disadari, facebook telah menjadi sumber informasi bagi semua orang di seluruh dunia.

Selain itu, facebook dapat juga melepaskan rasa bosan dikarenakan banyak games-games yang menyenangkan. Hanya dengan mengetik nama game yang kita inginkan di dalam kotak ‘Search’, maka dengan segera akan muncul hasilnya. Dibandingkan dengan website yang lain, Facebook lebih mudah digunakan, lebih cepat, dan lengkap sehingga membuat Facebook lebih bermanfaat dan lebih banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Facebook juga menyediakan space-space iklan dan informasi untuk para Businessman. Di sanalah kita banyak ditawarkan produk-produk yang barangkali kita sangat membutuhkannya. Jika ada seseorang yang menulis di Wall, kita akan segera tahu di dalam kolom ‘Notifications’. Dan, kita bisa chatting langsung dengan teman kita yang sedang Online. Kita bahkan bisa meng-upload foto dan video, dan bahkan menulis sebuah ‘Notes’ yang berguna untuk memplubikasikan suatu Artikel atau bacaan yang berguna.

Namun sangat disayangkan, hasil pengamatan saya dan juga dari penyebaran angket di kelas 8 SMP, tidak banyak siswa yang memanfaatkan facebook ini untuk meningkatkan kreativitasnya dalam menulis. Anak-anak lebih banyak chating, bermain games, dan menge-tag foto-foto dan saling memberikan komentar. Jarang sekali didapati ada siswa yang sengaja menulis di facebook, khususnya di menu notes (catatan). Padahal, pada bagian ini kita dapat memanfaatakannya  untuk berlatih menulis.

Saya terkejut ketika berkunjung ke facebooknya mas hernowo hasim. Setiap harinya beliau menulis di catatan (notes) dan beliau sharingkan tulisannya itu kepada teman-temannya. Kreativitas beliau sangat luar biasa. Beliau sangat komitmen sekali dalam menulis. Alhasil, dalam 4 bulan telah ada sekitar 120 tulisan yang kalau diteruskan selama setahun, akan menjadi sebuah buku yang sangat luar biasa.

Saya pun terperanjat dibuatnya. Ternyata, dari sedikit demi sedikit menulis, bila kita fokus pada materi tulisan, maka kita akan menjadi penulis buku. Di sanalah sebenarnya resep mas Hernowo dalam membuat buku-buku berkualitas yang best seller. Anda dapat melihat tulisan Mas Hernowo Hasim di sini.

Agar para siswa juga dapat memanfaatkan facebook ini secara tepat dan benar, dibutuhkan contoh dari guru agar mereka juga menjadi rajin dan kreatif dalam menulis di facebook. Guru berusaha memberikan contoh kepada anak didiknya dengan sering menulis di facebook. Guru pun memberikan tugas-tugas internet dengan cara meminta siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru dengan metode pemberian tugas.

Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat dilakukan secara individual atau kelompok. Agar pemberian tugas dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka tugas harus dapat dikerjakan oleh siswa, hasil dari kegiatan dapat ditindak lanjuti, dan adanya kesimpulan dari tugas yang didapat.

Dari metode pemberian tugas inilah terlihat kreativitas menulis siswa. Anak-anak mulai sedikit demi sedikit terlihat rajin dalam menulis di menu catatan dalam facebook. Ternyata, bila kita tekun dan sabar, facebook dapat mengantarkan anak didik kita menjadi kreatif dalam menulis. Sudahkah anda memberikan contoh pada anak-anak anda agar rajin menulis apa saja yang mereka suka dalam facebook mereka?

Salam Blogger Kompasiana

Omjay

Iklan

2 responses to “Pemanfaatan Facebook dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis

  1. Bagi saya, facebook bukan tempat yang bagus untuk menulis. Bila ingin menuangkan gagasan, maka blog tetap menjadi media paling efektif untuk penulis.

  2. Ping-balik: “Manfaat FACEBOOK” (Kumpulan Artikel dari WORDPRESS) « ARIEFMAS's WEBLOG