Berbagi Ilmu KKM dan PTK di SMK Petri Jaya

Siang tadi, Kamis 6 Agustus 2009, setelah mengikuti acara simposium hasil penelitian di hotel millenium, saya diundang oleh teman kuliah S2 saya ibu Yulia untuk menjadi pembicara tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekaligus momotivasi para guru di  SMK Petri Jaya, Kalimalang Jakarta Timur.

Senang sekali bisa sharing dengan mereka. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sekolah ini. Hari Selasa besok, sekolah ini akan mengikuti akreditasi dan berharap mendapatkan nilai B dari nilai sebelumnya yang mendapatkan nilai C. Menurut saya, daya juang para guru di sekolah ini sangatlah luar biasa. dengan fasilitas yang serba sederhana, mampu melahirkan siswa hebat seperti di film Laskar pelangi Andrea Hirata. Ada guru yang telah dua puluh tahun mengajar di sekolah ini, padahal menurut teman saya itu, gaji guru di sekolah itu tidaklah besar. Mereka benar-benar guru yang mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa ini.

SMK Petri Jaya telah berhasil meluluskan ribuan siswa-siswi terbaiknya, dan  rata-rata dari mereka telah bekerja di perusahaan-perusahaan ternama papan atas negeri ini, seperti indosat, telkom, dan  perusahaan BUMN lainnya. Konsep “Link and Match” telah mereka terapkan jauh sebelum mantan mendiknas bapak. Prof. Dr. Ing. Wardiman Djoyonegoro menerapkannya di SMK.

Menurut saya, sekolah ini sangat unik. Dengan jurusan administrasi perkantoran yang dimilikinya, sekolah ini telah mencetak para ahli menajemen perkantoran. Sekolah SMK ini juga sangat unik dan berbeda dari sekolah SMK kebanyakan, karena sekolah ini memiliki budaya sekolah (school culture) yang hebat. dimana para guru, siswa dan orang tua siswa menyatu menjadi satu (three ini one) untuk memajukan sekolah.

Setelah memberikan materi ilmu KKM dan PTK itu, saya merasakan kegembiraan dari mereka karena mendapatkan pengetahuan tambahan. Saya pun turut bergembira mendapatkan pengetahuan tambahan dari mereka bahwa kerjasama yang erat antara sesama guru, membuat sekolah ini menjadi sekolah favorit di masyarakat. Setidaknya, SMK Petri Jaya yang berstatus swasta mampu untuk bersaing dengan SMK swasta lainnya, bahkan dengan  SMK negeri yang ada di sekitarnya.

Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sini dan percaya dengan kemampuan para guru dalam mengembangkan pembelajarannya, sehingga hampir setiap tahun sekolah ini selalu diserbu oleh para orang tua yang ingin memasukkan anaknya di sekolah SMK. Sementara jumlah kelas yang dimiliki sekolah ini terbatas.

Setelah berbagi ilmu KKM dan PTK di SMK Petri Jaya, membuat saya termenung sejenak. Hari ini saya mendapatkan dua pembelajaran yang sangat berharga. Pagi hari saya mengikuti Simposium hasil penelitian di sebuah hotel yang mewah dengan para guru yang ahi dalam meneliti, dan siangnya saya mengikuti kegiatan berbagi ilmu KKM dan PTK dari sekolah yang memiliki guru hebat luar biasa dalam mengembangkan sekolahnya.

Setidaknya, hari ini, saya telah bertemu dengan para guru super Indonesia. Semoga semakin banyak guru yang profesional dan bermartabat di negara kita. Memahami profesinya sebagai guru dan memiliki budaya sekolah yang mampu mengembangkan potensi unik siswa di sekolah.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Komentar ditutup.