Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMPN 230 Jaktim

MGMP Guru-Guru Bahasa Indonesia di SMPN 230 jaktim

MGMP Guru-Guru Bahasa Indonesia di SMPN 230 jaktim

Hari ini saya mendapatkan undangan untuk memberikan materi Penelitian tindakan kelas (PTK) di Musywarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia di SMPN 230 Cipayung Jakarta Timur. Saya diundang oleh ibu Dra. Hj. Saida Edib Hanum, M.Pd, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Jakarta Timur.

Senang sekali bisa bertemu di sini, belajar dan berbagi ilmu PTK dengan teman-teman guru Bahasa Indonesia. Sebagai orang yang senang mempelajari bahasa Indonesia, merupakan sebuah kebahagian tersendiri bisa berbagi dengan teman-teman yang memperjuangkan bahasa Indonesia agar menjadi bahasa yang benar-benar disukai oleh para anak didik kita. Ada 4 keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik yaitu  Mendengar,  Berbicara, Membaca, dan Menulis.

Dari keempat keterampilan berbahasa itulah diharapkan anak didik mampu mengembangkan dirinya menjadi orang yang mampu mengembangkan keterampilan berbahasa itu seperti menjadi reporter, editor, penulis, penyair, dan lain-lain.

Ada juga keterampilan bersastra yang perlu dikembangkan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Seperti mereka bisa membuat puisi, pantun, dan prosa. Dari penerbit Erlangga, mereka mempresentasikan buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Standar Isi KTSP 2006 dan mengacu kepada SK dan KD yang telah ditetapkan oleh pusat kurikulum. Sangat menarik dan membuat para guru yang hadir untuk bisa juga membuat buku.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menggugah teman-teman guru bahasa Indonesia untuk mampu menulis dan mengembangkan karya tulisnya di bidang bahasa yang bermanfaat untuk mengembangkan keempat keterampilan berbahasa itu. Mengembangkan Potensi unik siswa melalui PTK.

Omjay Berfoto bersama guru--guru MGMP Bahasa Indonesia

Omjay Berfoto bersama guru--guru MGMP Bahasa Indonesia

Kalau para peserta didik menguasai keempat keterampilan itu, maka akan hebatlah para peserta didik karena mampu menguasai keterampilan ini dengan baik, dan mereka akan menjadi orang-orang yang dicari secara profesional karena kemampuannya di bidang bahasa. Bahasa Persatuan yang menjadi Bahasa Resmi bangsa Indonesia.

Ada puisi yang dibacakan oleh mas Erwan yang merupakan guru kesusastraan di beberapa sekolah yang membuat saya tertarik dan memaknainya. Dengan judulnya, Impian 3 hari 3 malam. Sunguh sangat mempesona puisinya dan mengingatkan saya pada puisi-puisi karya WS Rendra almarhum.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Iklan

3 responses to “Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMPN 230 Jaktim

  1. Sangat bangga melihat seorang Wijaya Kusumah mau berbagi dengan para Guru. Ini yang selalu kami lakukan (Penerbit Erlangga) di berbagai wilayah di Tanah air.
    Hambatan justru banyak datang dari birokrat yang khawatir dituduh main mata dengan penerbit dan peningkatan mutu dibelakangkan demi citra.
    Sayang memang namun harus terus kita bersama-sama meningkatkan kualitas dan penghargaan kepada Guru.
    Saya akan undang Bapak kalau ada yang akan kami lakukan.
    Kebetulan minggu depan kami akan adakan pelatihan ICT untuk Guru Kimia se DKI di kantor kami.

  2. saya menyambut baik undangan dari bapak, semoga kita bisa sling berbagi dan saling melengkapi. salut utk penerbit erlangga jakarta, di labschool kami selalu bekerjasama dengan erlangga selain dengan rajagrafindo.

    salam
    omjay

  3. Wuih….
    Saya di daerah selalu iri lht kegiatan kayak gini Pak.
    Salam kreatifitas