Kenapa Saya Malas Menabung di Bank Syariah?

Kenapa saya Malas menabung di bank Syariah?Sebenarnya saya malu mau menuliskan ini, tetapi biarlah malu yang penting saya bisa berbagi cerita tentang pengalaman pribadi ini yang malas menabung di bank syariah.

Terus terang saya mau jujur, entah kenapa saya tak merasa punya “greget” untuk menabung di bank syariah. Saya malas banget menabung di bank syariah. Memang sih saya sudah nabung, tetapi dari awal nabung sampai sekarang saldonya nggak nambah-nambah juga tuh. Segitu-segitu aja. Padahal, tabungan saya di bank konvensional jumlahnya terus bertambah. Kenapa ya?

Setelah saya melakukan refleksi (perenungan) diri dan juga tanya  kepada teman-teman dekat, maka saya dapatkan beberapa point yang ingin saya sharingkan kepada anda.

  1. Program bank syariah kurang terpublikasi dengan baik, banyak nasabah yang kurang mendapatkan publikasi bank syariah secara gencar, misalnya disurati, dikirimi email, ditelepon, dll.
  2. jarak antara bank syariah dan tempat tinggal serta tempat bekerja saya cukup jauh. Hal ini membuat para nasabah (termasuk saya) jadi malas menabung di bank syariah. Mungkin perlu ada mobil banking kali yah? kayak kantor pos keliling begitu. Jadi bagi daerah yang kantor cabang pembantunya jarang atau tidak ada bisa disiasati dengan mobil keliling ini.
  3. Tak ada program yang bisa membuat nasabah bank syariah lebih tertarik  atau berminat untuk berlomba-lomba menabung di bank syariah. Kalaupun ada, mohon maaf kurang tersosialisasi dengan baik. Contohnya saja lomba ib blogger ini, berapa banyak sih blogger yang mau posting tentang bank syariah?
  4. Pelayanan internet (online) bank syariah masih kalah jauh dengan bank konvensional. Maaf ya kalau saya membandingkannya dengan bank konvensional. Mungkin bank syariah bisa belajar dari bank konvensional seperti klik BCA milik swasta, walaupun saya tahu, sudah banyak bank konvensional membuka juga bank syariah, tetapi implementasi di lapangan, masih jauh panggang dari api.
  5. Program-program bank syariah sebenarnya bagus-bagus loh,  anda bisa lihat dari brosur atau pamflet yang dibuat, tetapi kenapa saya tak tertarik ya? Mungkin juga pelayanan di bank syariah masih kurang profesional dibandingkan dengan bank konvensional, misalnya saya pernah dapat cerita dari pengalaman teman saya, kalau ada pegawai di bank syariah yang kurang mampu untuk menjelaskan programnya secara gamblang. terlalu muter-muter, padahal sepele yang dipresentasikan. Tapi yah itu, karena terlalu bertele-tele, akhirnya teman saya itu jadi bete sendiri dan malas menabung di bank syariah. Mungkin perlu ditraining lagi tuh pegawai ya! Hehhehehe.

Itulah beberapa point yang bisa saya sharingkan dan mohon maaf kalau ada yang tersinggung, saya cuma menulis apa yang saya alami, juga teman saya, dan mungkin juga anda pernah mengalaminya. Tetapi, enaknya menabung di bank syariah adalah tabungan kita nggak dipotong loh walaupun anda pasif! Nggak percaya, tanya aja sama custumer servicenya pasti jawabannya sama. Nggak dipotong.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Iklan

9 responses to “Kenapa Saya Malas Menabung di Bank Syariah?

  1. Saya buka rekening di mandiri syariah dan saya gunakan berbagai hal, pelayanannya cukup bagus, meskipun saya juga masih menggunakan makai bank konvensional. Mungkin cerita bapak yah ada benernya tapi sebagai muslim dukungan kita sangat diperlukan. lah kalo muslim ja gak mau siapa lagi pak?

  2. betul mas, makanya saya juga menabung di bank syariah. Tulisan ini hanya sebuah otokritik agar bank syariah memperbaiki kinerjanya yg belum profesional

    salam
    omjay

  3. Yang penting halal dan menentramkan.
    Si Bapak terlalu manja !!!

  4. iya mas ahmad, saya memang terlalu manja, dan mulai menyadari akan pentingnya menabung di bank syariah.

    salam
    omjay

  5. assalamu’alaikum..
    maf? tp bank konvensional memiliki bunga tabungan dan bunga pinjaman..tentu sj jk dkaitkan dg hukum islam bunga it adalah riba,dan riba=haram..
    tuk lebih jelasnya silakan googling bagaimana hukum bunga bank dalam islam..

  6. Saya pikir, beberapa point yang bapak kemukakan ada benarnya juga. Tapi saya yakin, bank syariah akan semakin baik dalam pelayanannya kedepan. Siapa lagi yang mau mendukung bank syariah selain kita sendiri? 😀
    Tapi pengalaman saya menabung di bank syariah bertolak belakang dengan yang bapak sebutkan, saya malah semangat menabung di bank syariah. Apalagi setelah membandingkan buku tabungan bank konv vs bank syariah, di bank syariah ga ada potongan. Dan sejak menabung di bank syariah, saya merasa rezeki saya lebih barokah dan terjaga dari riba bunga bank 😀

  7. ya benar mas, sekarang juga saya sdh menabung di bank syariah

    salam
    omjay

  8. menurut saya hal2 yg bapak kemukakan ada benarnya dan saya yakin pihak B, Syariah tau dan tengah melakukan perbaikan2,

    justru disinilah peranan kita sebagai masyarakat yg bisa membantu bank syariah agar terus maju, jangan justru jadi ogah dan males, bantu mereka dgn menjadi nasabah yg baik,,

    kalo diakitkan dengan agama sih,
    ya emg setan selalu menggoda manusia, bisa aja anda males gara2 digoda syaiton,
    saran saya yah, imani saja

    maap kalo saya rada ngaler ngidul, salam