Kiat Sukses Seorang Blogger

Omjay Ketika mendapat hadiah Juara I lomba Blog Pusat Bahasa

Seseorang yang memiliki blog pribadi di internet disebut blogger. Blogger di dunia maya banyak sekali orangnya. Namun hanya sedikit blogger yang mampu bertahan mengelola blog pribadinya. Rata-rata mereka akan mundur selangkah demi selagkah karena mereka menyerah tak sanggup lagi mengelola blog pribadinya dengan baik dengan  berbagai macam alasan. Kalaupun ada yang bertahan, blognya sepi pengunjung dan kurang banyak pembaca setianya. Mengapa itu sampai terjadi?

Terus terang Omjay banyak belajar dari para blogger handal seperti mas Budi Putra dan Mas Wicaksono (Ndoro Kakung). Mereka adalah blogger handal di era global. Mampu bersaing dengan para blogger lainnya, bukan hanya di Indonesia tetapi juga disegani di manca Negara. Bahkan Mas Budi Putra sekarang ini sudah menjadi Contry Editor Yahoo! Indonesia yang berkantor di Singapura.

Ada beberapa kiat khusus agar anda sukses menjadi seorang blogger. Kiat sukses itu adalah:

  1. Perhatikan kontent dalam blog anda, sebab “content is the king”. Ketika orang memutuskan untuk meng-klik blog yang anda kelola, maka pastikan mereka mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat buat pembaca. Syukur bila itu actual dan inspiratif. Disinilah anda harus focus pada isi content anda. Apakah ingin menjadi blog gado-gado atau mau menjadi blog khusus seperti blog pendidikan, blog olahraga, dan lain-lain.
  2. Memiliki Komitmen dan Konsisten. Kedua kata itu mudah diucapkan, tetapi tak semudah melaksanakannya. Kita terkadang komitmen dengan janji kita dalam mengelola blog, tetapi pekerjaan lain yang lebih seru terkadang membuat kita tak lagi komitmen. Kita mulai tidak konsisten dengan janji-janji kita sendiri dan pada akhirnya kita menjadi orang yang inskonsistensi. Kalau sudah begitu jangan harap anda sukses menjadi seorang blogger
  3. Perhatikan perlengkapan seorang blogger. Seorang blogger handal tak pernah lepas dari yang namanya kamera. Baik itu kamera saku maupun kamera profesional layaknya serang wartawan foto. Foto atau gambar sangat penting bagi seorang blogger untuk mendukung tulisannya menjadi lebih hidup. Bila tulisanmu bagus, dan didukung dengan foto hasil jepretanmu sendiri, maka akan semakin hiduplah tulisan yang kamu sharingkan. Janggan lupa pula rawatlah laptop anda dengan baik, dan rawat baik-baik perlengkapan koneksi internet mobile anda.
  4. Harus Gaul dengan sesama blogger lainnya, sebab blogger yang kurang ‘gaul’ biasanya akan kurang di kenal. Untuk memperkenalkan diri kita perlu yang namanya komunitas blogger atau melakukan blog walking saling memberikan tanggapan terhadap tulisan masing-masing. Bila anda ingin sukses menjadi blogger, maka “gaul” itu penting. Bukan hanya gaul dalam dunia maya tetapi juga gaul dalam dunia nyata.
  5. Kuasai bahasa dengan baik. Bila anda ingin sukses sebagai blogger, maka kuasai bahasa dengan baik, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Internasional. Bila blog anda itu sudah go internasional, maka kemampuan berbahasa khususnya bahasa Inggris menjadi wajib dikuasai oleh seorang blogger. Dengan keterampilan berbahasa inilah seorang blogger handal dapat bersaing di era global sekarang ini.
  6. Banyak membaca, dan banyak menulis. Karena kita harus melakukan proses penulisan, memberikan informasi kepada orang lain, maka mau atau tidak mau anda harus banyak membaca untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya. Merangkai kata dengan baik supaya enak dibaca dan bermakna. Garing rasanya bila seorang blogger itu kurang membaca. Postingannya agak sedikit kurang berwawasan karena yang dituliskan hanya alam pikirannya saja. Sedangkan manusia itu perlu yang namanya interaksi. Dari interaksi inilah terjadi proses connecting and sharing.
  7. Jangan “Copas”. Usahakan sebisa mungkin tidak melakukan copy and paste tulisan orang lain. Bila itu terjadi, maka anda akan mendapatkan sangsi moral dari para blogger lainnya. Jadi usahakan sebisa mungkin agar tulisan yang anda buat bukan “copas” dari tulisan orang lain. Originalitas dan kreativitas menulis harus anda miliki sesuai dengan minat dan bakat yang anda sukai dan kuasai.
  8. Jangan ragu untuk belajar dengan blogger lainnya. Semakin banyak anda belajar dengan blogger lainnya yang sudah sukses, maka semakin banyak pula pengetahuan dan pengalaman yang anda dapatkan. Lalu katakan pada diri anda sendiri untuk menulis setiap hari.

Demikianlah beberapa kiat khusus yang omjay dapat sampaikan kepada anda semua berdasarkan pengalaman pribadi omjay yang alhamdulillah blog Omjay tahun 2009 mendapatkan juara pertama tingkat nasional dari pusat Bahasa Depdiknas. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Salam Blogger persahabatan

Omjay

Iklan

10 responses to “Kiat Sukses Seorang Blogger

  1. what a nice tips! Sudah lama saya gak menulis di blog…baca tips ini jadi pingin nulis something…

  2. yuk kita ngeblog mbak!

    salam
    Omjay

  3. Om Jay, tulisan seperti ini nih yang saya tunggu. Makasih banget. Karena suntuk kadang copas aja (tapi saya beritahu kalo copas lo)
    Saya baru belajar jar jar jar.

  4. sama-sama mas semoga bermanfaat

    salam
    omjay

  5. terima kasih mas, saya masih terus belajar

    salam dari kota medan

  6. Salam.
    Tp Om jay, blog ana khususkan hnya u/ mahasiswa kdokteran, tulisannya pun ttg materi” kuliah, jd kira” ga perlu bw kamera kmana” kan??

  7. no problem mas ahmad, yg penting kontentnya bermanfaat.

    salam
    Omjay

  8. thanks untuk sharenya…. sangat memacu semangat untuk menjadi seorang blogger handal, permasalah komitmen dan konsistent merupakan hal yang berat, seringkali di lupakan dan akhirnya kegagalan yang di dapat..

  9. om… JAY…SALAM KENAL …. MAKSIH ATAS SEMANGATNYA… SAYA AKAN KEMBALI BERJUANG

  10. Wahhh…
    Bener2, jd blogger jg jangan kuper.
    mesti bnyak gaul dgn blogger2 lainnya 😀