Senjata Seorang Blogger

Senjata Seorang Blogger

Senjata Seorang Blogger

Tahukah kawan senjata apa yang digunakan oleh seorang Blogger? Kalau kawan tahu, coba kau tambahkan dalam kolom komentar di bawah tulisanku ini, tetapi kalau kawan ingin tahu versiku, maka akan kuberitahu senjata apa yang dipakai oleh para blogger untuk mengirimkan informasi dan berkomunikasi di dalam blog pribadinya.

Kalau kawan pernah melihat tentara, maka senjata yang digunakannya adalah sebuah pistol. Pistol inilah yang digunakan untuk membela diri menghadapi musuh. Tetapi kawan, kita bukan tentara, kita seorang blogger. Karena itu senjata seorang blogger bukan pistol atau senjata api, tetapi senjata seorang blogger adalah menulis dengan hati. Menulis dengan hati yang jernih, lebih jernih dari iklan operator XL. (Kok jadi Iklan ya?, hehehehehe)

Untuk bisa menulis dengan hati, ada beberapa perlengkapan yang kawan harus persiapkan dengan baik. Tahukah kawan apakah perlengkapan itu? Kalau mas Tukul Arwana dalam acara “Bukan Empat Mata” di tevisi bilang “kembali ke laptop”, maka bagi seorang blogger handal laptop itu adalah perlengkapan terpenting dalam menyebarkan apa yang ditulisnya.

Sebenarnya sih bisa saja pakai komputer PC atau pergi ke warnet, tapi kawan pasti kesulitan bila kawan harus berpergian. Belum tentu setiap daerah ada warnetnya, atau ada orang yang mau meminjamkan PC-nya. Oleh karenanya, bagi kamu yang telah memproklamirkan diri jadi seorang blogger, ya usahakan punya laptop. Kawan harus punya patop, karena laptop adalah sahabat setiamu yang akan menemanimu menulis dengan hati. Kalau kamu tidak punya uang untuk beli laptop, ya usaha dengan cara lainnya.

Maukah kawan kuceritakan bagaimana caranya untuk bisa punya laptop tanpa membeli dengan uang sendiri? Caranya mudah, ikutlah berbagai lomba menulis yang hadiahnya cukup besar . Dari hadiah itu kawan bisa beli laptop. Atau ikuti lomba blog di bloggerbekasi.com yang total hadiahnya 45 juta rupiah. Wow, besar sekali kawan, makanya buruan daftar! Jurinya, kang pepih nugraha, admin kompasiana yang terkenal itu loh!.

Aku pernah merasakan mendapat hadiah dari lomba kawan. Waktu itu aku menang sebagai juara pertama lomba karya tulis ilmiah guru di tahun 2006. Judul tulisanku, Proses Pebelajaran Internet dalam Mneingkatkan Imtak Siswa. Aku mendapatkan hadiah uang yang cukup besar. Lalu uang itu aku belikan laptop yang sekarang ini kupakai untuk memberikan informasi kepadamu. Menemaniku menulis dengan hati. Mencatat segala pengalamanku dari dunia nyata ke dunia maya. Karena itu, aku sangat menyayangi laptopku ini. Merawatnya dan menjaganya dengan sepenuh hati seperti dia anak ketigaku. Bahkan istriku sempat cemburu, dan mengatakan kalau laptopku adalah istri keduaku, hahahahaha (Emangnya laptopku cewek, hehehehehehe)

Perlengkapan kedua setelah  punya  laptop adalah kawan harus punya akses internet. Sebab kalau kawan tak punya akses internet, bagaimana mungkin kawan akan menyebarkan tulisan kawan yang bagus itu? Bisa sih numpang di tempat kerja atau di warnet, tapi kalau kawan numpang melulu ngenet di kantor, malu tuh sama bos, hehehehe. Apalagi kalau punya bos galak, wah bisa berabe deh, mau ngenet harus kucing-kucingan dulu sama bos, hehehehehe. (hayo siapa tuh, ngaku aja dech!)

Bisa juga sih ngenet di warung Internet (warnet), tapi kawan kalau kalian lagi berpergian dan tak ada warnet di lokasi, maka gigit jarilah kau kawan. Tak ada akses internet yang bisa kau gunakan. Karenanya kau bisa berlangganan internet mobile, yang bisa kau tenteng-tentang kemanapun kau pergi. Berpasangan dengan laptopmu. Kalau kau punya laptop  edisi jaman sekarang, yang kualitas teknologinya sudah oke banget, maka akses internet sudah menyatu dalam laptopmu, tinggal berlangganan atau isi pulsa ngenetmu bila kau mau berlangganan dengan cara ngirit. Sama halnya kawan mengisi pulsa handphonemu yang setiap bulannya mungkin akan menguras isi kantongmu. Ada loh murid omjay yang pakai pulsa hp sampai 500 ribu/bulan. Boros amat yah!. Itulah murid jaman sekarang, hapenya diapakai facebook-an melulu, hehhehhe (nyindir apa nyindir….hehehehee)

Kalau aku alhamdulillah, begitu aku dapat honor menulis dari majalah guruku dan juga tabloid Gocara tempatku menulis, aku selalu sisihkan uang honor menulisku untuk membeli kelengkapanku sebagai blogger. Alhamdulillah, aku telah bisa membeli USB Modem lengkap dengan kartunya dari honor menulisku, sehingga kemana aku pergi aku bisa segera menginformasikan apa yang kulihat dengan cepat.  Segera mengabarkan kepada dunia apa yang terjadi dan apa yang kulihat saat ini.

Tapi, ada lagi kelengkapan lainnya yang akan membuat tulisanmu menjadi lebih hidup kawan. Kau harus punya kamera digital agar tulisanmu lebih bernyawa lagi. Membuat tulisanmu lebih hidup dengan fotomu sendiri. Hasil jepretanmu sendiri yang walaupun tak sebagus seorang fotografer profesional, setidaknya kau juga jadi belajar cara mengambil gambar yang baik. Kaupun memiliki ilmu fotografi yang tidak semua orang bisa menguasainya.

Oleh karena itu kawan, senjatan seorang blogger selain dia menulis dengan hatinya, ada kelengkapan lain yang kawan harus siapkan. Punya laptop lengkap dengan internet mobilenya dan juga kamera digital yang akan membuat tulisanmu menjadi semakin hidup. Kalau sudah begitu kawan, kau juga harus “gaul” karena seorang blogger harus gaul. Apalah artinya kawan eksis dalam dunia maya, tapi tak eksis di dunia nyata. Kawan harus bisa menyatukan keduanya dilakukan dengan seimbang.

Cobalah kawan lihat para blogger handal itu, dengan senjata bloggernya mereka selalu gaul dalam dua dunia. Dunia nyata dan dunia maya. Mampu mengajak blogger lainnya untuk banyak memberi dan kau akan dapatkan keajaiban dari blog yang kau kelola dengan baik. Jangan cepat prustasi atau putus asa, bila blog yang kau kelola sepi pengunjungnya. Itu artinya, senjatamu belum ampuh menyentuh hati para pembaca di dunia maya.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

Iklan

3 responses to “Senjata Seorang Blogger

  1. Hmm… informasi yang berharga…
    Jadi semangat nich untuk mendalami BLOG lagi..
    Terima kasih ya PAK…

    Btw, bisa tukeran link kan pak..
    THanks..

  2. Tq bang Jay, atas advise-nya…
    Salam sukses