Ngeblog Mampu Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Ngeblog Mampu Menumbuhkan Minat Baca Siswa
Oleh: Puspita Wulandari

http://edukasi.kompasiana.com/2010/02/01/ngeblog-mampu-menumbuhkan-minat-baca-siswa/

Pada awalnya saya hanya punya keinginan mengenalkan dunia maya pada siswa, dimulai mewajibkan siswa memiliki email, SASISAE (Satu Siswa Satu Email), dari email saya sarankan mengembangkan diri dengan belajar membuat blog, SASISAB (Satu Siswa satu Blog)

Saya bukan guru KKPI sehingga tidak memiliki hak memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer di sekolah. Namun keterbatasan ini tidak menyurutkan perjuangan saya. Salah satu cara supaya anak-anak mau belajar ngeblog adalah menyiapkan buku panduan, dengan buku panduan siswa terpaksa membaca dan belajar secara otodidak. Kebetulan saya mendapat tugas tambahan mengelola Perpustakaan sekolah, sehingga mampu membantu perjuangan saya. Buku-buku yang tadinya hanya tertata di almari sekarang lebih banyak diminati dan dibaca siswa.

Sejak tahun ajaran 2008-2009 saya mulai belajar ngeblog dan mencoba menugasi siswa ngeblog, , ternyata untuk menumbuhkan minat baca siswa bisa dimulai dari menulis, dimulai dari menuliskan karyanya/idenyanya di blog. Dengan memiliki blog siswa akan berjuang menulis atau mempostingkan karyanya di blog pribadinya, Supaya tulisannya berkualitas maka mau tidak mau siswa akan membaca terlebih dahulu. Membaca apa saja sesuai dengan minatnya. Tugas kita sebagi guru mengarahkan siswa menuliskan terapan ilmu dari materi pembelajaran yang sedang di bahas di blog pribadinya, mengembangkan imajinasinya, menuliskan mimpi/visinya sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Alhamdulillah, meskipun belum sesuai dengan harapan, namun saya melihat hasilnya.

Mengapa baru dua tahun saya menugasi siswa ngeblog, karena kurang lebih baru dua tahun speedy masuk desa. Saat ini saya sudah mampu memandu siswa dari jarak jauh karena jarak rumah ke sekolah lebih kurang 40 km. Jarak bukan lagi menjadi penghalang untuk melakukan pelayanan profesi.

Dengan memiliki blog keinginan siswa membuka situs-situs yang bukan menjadi konsumsinya menjadi berkurang, karena mereka tahu tujuannya datang ke warnet, bukan untuk main-main melainkan belajar dan berkarya. Bagi mereka yang suka main game akhirnya mampu menuliskan imajinasinya pada saat bermain game ke dalam bentuk tulisan, contoh sederhananya; mampu menuliskan terapan fisikanya dalam permainan game sepak bola. Kelihatannya sederhana, namun ternyata mampu menumbuhkan siswa untuk berpikir kreatif dan imajinatif. Bagian guru, menyiapkan bahan pustaka, dimulai dengan membuat animasi sederhana atau mencarikan website rujukannya. Mau tidak mau gurunya juga harus terus menerus belajar, inilah resiko yang membahagiakan.

Menulis ternyata mampu menumbuhkan minat baca siswa, sebelum menulis di blog pribadinya maka mau tidak mau siswa harus mencari referensi kemudian membacanya sebagai bahan rujukan tulisannya. Sehingga dapat disimpulkan; Ngeblog Mampu menumbuhkan Minat Baca Siswa.

7 responses to “Ngeblog Mampu Menumbuhkan Minat Baca Siswa

  1. ass. salam ibu dan salut untuk itu

  2. assalamualaikum.
    satu murid satu blog
    kendala yang dihadapi ibu juga banyak dialami guru yang lain

  3. very creative teach3r

  4. Luar Biasa!!

    Dunia pendidikan bangsa ini sangat membutuhkan orang-orang/guru yang kreatif dalam mencetak generasi muda berkualitas dan bertanggung jawab, yang tidak bermental plagiator.

    Selamat berjuang, semoga tercapai cita-cita dan impiannya…

  5. Ngeblog membuat saya lebih banyak membaca artikel-artikel yang penting

  6. salut untuk ibu..,terus berjuang demi pendidikan