Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di Pusdiklat Depag

Senin, 8 Februari 2010 saya diundang oleh Panitia Penataran Pusdiklat Departemen Agama untuk memberikan materi pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Para peserta pelatihan adalah para guru agama bidang Studi BahasaArab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dari 33 propinsi yang ada di Indonesia.

Senang sekali bisa belajar dan berbagi ilmu PTK di Pusdiklat Depag Ciputat ini. Selain tempatnya nyaman, Pusdiklat ini adalah tempat pelatihan para guru-guru di bawah naungan departemen agama. Para pejabat di depag sangat memperhatikan pengelolaan pusdiklat ini agar terus terawat asri dan bisa terus menerus dijadikan tempat pelatihan yang terpelihara dengan baik.

Alhamdulillah, saya diundang kembali untuk memberikan materi PTK. Materi yang memang telah saya kuasai dan sukai. Dari pengalaman meneliti dan juga hasil kolaborasi dengan pak Dedi, akhirnya kami telah menerbit buku Mengenal PTK Edisi kedua yang kini  telah menjadi buku best seller dan dicari oleh banyak guru di seluruh Indonesia.

Dalam memberikan materi PTK, saya tidak sekedar memberi materi tentang PTK, tetapi saya juga memotivasi teman-teman guru agar mampu membuat karya tulis ilmahnya sendiri. Menemukan dan mengembangkan potensi unik yang dimiliki oleh para siswa. Semua itu dimulai dari melihat, membaca, menulis, meneliti, dan melaporkan hasil penelitian dalam bentuk PTK.

PTK itu tidaklah sulit, sebab dilakukan dari keseharian mengajar dan tidak memerlukan biaya. Bila guru melakukan instropeksi diri dalam proses pembelajarannya dengan melakukan PTK, maka guru yang bersangkutan akan memperbaiki kinerjanya sebagai guru. D sinilah awal dimulainya sebuah masalah PTK dan membuat guru berusaha untuk mencari solusinya.

Peserta Diklat PTK di Pusdiklat Depag Ciputat

Peserta Diklat PTK di Pusdiklat Depag Ciputat

Bila anda ingin mendapatkan slide presentasi materi PTK yang saya sampaikan, dapat mengunduhnya di kiat-pembuatan-kti-jepara-paud.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

4 responses to “Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di Pusdiklat Depag

  1. ass. sukses pak. dan sy coba unduh datanya..

  2. wah ..ok pak dah hasil nie… tinggal dibaca dan pelajari….terimakasih…salam

  3. Salam kenal.Terima kasih utk infonya yg sangat berguna utk saya di daerah perbatasan Indonesia-Timor LEste ini

  4. sama-sama mas pius

    salam
    Omjay