Workshop Nasional PTK

 

Worshop PTK

WORKSHOP NASIONAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

tema:

”Mengembangkan Potensi Unik Peserta Didik Melalui PTK”


 

 

I. LATAR BELAKANG

Dewasa ini, dengan adanya sertifikasi guru para pendidik dituntut untuk mampu meneliti. Tuntutan agar guru mampu meneliti semakin gencar dilakukan oleh pemerintah. Hal itu dibuktikan dari laporan portofolio guru yang mensyaratkan melampirkan karya tulisnya dalam sertifikasi guru dalam jabatan karena hal itulah maka guru-guru di sekolah harus dapat meneliti di kelasnya sendiri dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sesungguhnya merupakan  implementasi dari kreativitas dan kekritisan seorang guru terhadap apa yang sehari-hari diamati dan dialaminya sehubungan dengan profesinya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Namun, sangat disayangkan masih banyak guru-guru di Indonesia yang belum mengenal dan belum melakukan PTK sama sekali di kelasnya sehingga tujuan dari seminar dan worshop ini adalah mengajak atau memotivasi guru yang masih enggan mengadakan penelitian karena berbagai alasan untuk dapat mengembangkan potensi unik siswa yang ada di kelasnya. Dengan mengetahui potensi unik siswa, guru menjadi semakin dekat dengan para siswanya, dan terjadilah proses interaktif di antara guru dan siswa.

Workshop ini juga mengajak teman-teman guru untuk melangkah kepada berbagai catatan yang setelah diolah dapat mewujud menjadi suatu penelitian yang berkualitas. Melaksanakan penelitian tentang apa yang sehari-hari dilakukan oleh seorang guru yang akhirnya dapat menghasilkan suatu karya yang disebut PTK. Hal itu dapat terjadi apabila suatu urutan umum prosedur, yaitu bermula dari identifikasi masalah penelitian yang dihadapi sampai dengan laporan hasil akhirnya dicatat. Jadi, amat penting suatu prosedur ini dipahami dan ditaati oleh guru yang meneliti.

Penelitian di bidang pendidikan memang memerlukan sejumlah instrumen (toolbox) yang terdiri dari berbagai pendekatan untuk mengkaji berbagai isu pendidikan dalam masyarakat kita. Tidak cukup pendidikan formal membatasi diri pada eksperimen atau penelitian yang hanya berkenaan dengan kurikulum ataupun masalah-masalah yang terungkap dalam buku pelajaran. Seharusnya praktek pendidikan lebih menerobos kepada kehidupan nyata, mengajak peserta didik untuk tidak saja berpikir pada kala ia belajar, tetapi lebih banyak belajar untuk berpikir lebih dalam tentang berbagai masalah dalam kehidupan ataupun lingkungan sekitar. Melalui berbagai cara yang telah dipaparkan, berbagai masalah itu akan membuka pikiran kita dalam menemukan berbagai solusi untuk mengatasi berbagai kesenjangan masalah pembelajaran.

Dengan memahami dan memperhatikan karakteristik setiap siswa, maka guru akan dapat mengembangkan potensi unik yang dimiliki oleh setiap siswa dengan melakukan berbagai tindakan yang terhimpun ke dalam sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK yang dirancang guru, para guru diharapkan dapat menemukan potensi unik siswa yang berujung kepada peningkatan hasil belajar.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kami  bersama penerbit Indeks mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk melakukan suatu kegiatan workshop nasional PTK yang mengajak para guru untuk aktif menulis, meneliti dan menuliskan laporan penelitiannya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas.

II. Tujuan

  1. Memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan PTK.
  2. Memberikan keterampilan langsung untuk melakukan PTK.
  3. Memberikan pemahaman pada guru akan kebermanfaatan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
  4. Melatih para guru agar dapat membuat sendiri proposal PTK.
  5. Berbagi pengalaman dalam Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran.
  6. Mengenal Potensi Unik Siswa yang dapat dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajarannya masing-masing.

 

III. Tema

 

Mengembangkan Potensi Unik Peserta Didik Melalui Penelitian Tindakan Kelas


 

 

IV. Sasaran

Setelah Mengikuti Workshop ini diharapkan para guru memperoleh wawasan tambahan tentang mengembangkan potensi unik siswa melalui PTK sekaligus Praktek Membuat Proposal PTK. Jumlah peserta yang diharapkan hadir dalam acara ini sekitar 100 (seratus) orang.

V. Peserta

  1. Guru TK, SD, SMP, SMA, DAN SMK
  2. Mahasiswa Keguruan
  3. Pengamat pendidikan
  4. Undangan

 

VI. Waktu dan Tempat

Waktu                   :  Sabtu atau Minggu

Pukul                     :  08.00 s.d. 15.30

Tempat                  : Aula Sekolah atau gedung serbaguna

 

VII. Susunan Acara

 

Terlampir

 

VIII. Biaya Pengeluaran

 

  1. Honor Narasumber PTK 3 orang untuk 3 sesi disiapkan oleh panitia
  2. Biaya pelaksanaan kegiatan Workshop direncanakan sendiri oleh panitia

IX. Narasumber Workshop PTK

  1. Agus Sampurno, M.Pd (guru SD Global Jaya, Bintaro Jakarta)
  2. Wijaya Kusumah, M.Pd (guru SMP Labschool Jakarta)
  3. Drs. Dedi Dwitagama, M.Si (Kepala Sekolah SMKN 36 Jakarta)

X. Acara Workshop PTK

Pembicara I : 09.00 s.d.10.30 adalah Drs. Dedi Dwitagama, M.Sc

Materi: Motivasi Melaksanakan PTK

Pembicara II : 11.00 s.d 12.30 adalah Wijaya Kusumah, M.Pd

Materi: Menemukan Potensi Unik Peserta didik melalui PTK

Pembcara III            : 13.30 s.d. 15.30 adalah Agus Sampurno, M.Pd

Materi: Anekdotal dalam PTK

Demikianlah proposal workshop nasional ini dibuat agar dapat diketahui dan dipelajari sebagai gambaran kegiatan yang akan kami laksanakan. Semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Amin, Amin ya Rabbal Alamin.

Informasi hubungi: Wiranto Hp. 081398916712

14 responses to “Workshop Nasional PTK

  1. mantap nie pak.
    salam kenal ya pak??
    bisa ber tukar link kah pak??

  2. bisa mas adi

    salam
    Omjay

  3. numpang lewat aja..hehe

  4. mana yang barunya ya… 🙂

  5. Bp.WK….Contoh Proposalnya sudah saya dapatkan.semoga kota banjarmasin dan sekitar bisa saya adain acaranya. sayalah EO nya .

  6. semoga sukses pak, dan saya bisa ke banjarmasin.

    salam
    Omjay

  7. Om Jay, wah jadi Bapak PTK Indonesia nie. Selamat! Barakallah juga untuk buku Om Jay. Semoga memberi banyak manfaat bagi peningkatan kualitas tradisi ilmiah kita.

    Tabik
    dwi budiyanto

  8. terima kasih mas dwi, senang bisa berkenalan dan berteman dengan anda. Seorang dosen muda yang kreatif dan isnpiratif.

    salam
    Omjay

  9. selamat berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa, salut pak. mohon maaf, saya Ikbal Barlian Palembang, ingin juga berbagi dg teman-teman guru se-Indonesia terutama yg kesulitan membuat PTK, silakan hubungi situs web di http://ptk-tidak-sulit.blogspot.com. sudah terbukti, semuapasti bisa dg cepat dan mudah.

  10. wow keren mas ikbal, semoga bisa terus berbagi ilmu PTK.

    salam
    omjay

  11. mohon maaf Om Jay, mengkritisi jadwal acara workshop yg Om tawarkan, akan membikin peserta menjadi bingung, dan semakin tidak paham, ini berdasarkan pengalaman menjadi instruktur pd worshop guru school grant 1999 sd 2004 bantuan bank dunia, dan satuan kerja di masing-masing provinsi 2003 sd 2010 sebagai konsultan peningkatan mutu pembelajaran SMP. utk tidak mengulang hal yang sama. acara workshop lisensi saya adalah sebagai berikut: 1. 07.30 sd 10.00 acara identifikasi masalah-masalah pembelajaran dan mengenali tindakan-tindakan yg akan dilakukan diteruskan masing-masing peserta minimal dapat merumuskan 20 judul PTK. pkl. 10.00 – 12.00 menentukan masalah yg urgent diteruskan menyelesaikan proposal ptk diselingi ishoma sampai pukul 15.00 (bab I,II, III minus) . pukul 1530 sd 17.00 acara uji coba ceklis observasi tindakan (sebagian bab IV) dan info utk bab v mengenai kesimpulan dan saran. ini sdh saya lakukan dan berhasil. semua bisa, semua bisa ptk.

  12. mohon maaf Om Jay, mengkritisi jadwal acara workshop yg Om tawarkan, akan membikin peserta menjadi bingung, dan semakin tidak paham, ini berdasarkan pengalaman menjadi instruktur pd worshop guru school grant 1999 sd 2004 bantuan bank dunia, dan satuan kerja di masing-masing provinsi 2003 sd 2010 sebagai konsultan peningkatan mutu pembelajaran SMP. utk tidak mengulang hal yang sama. acara workshop lisensi saya adalah sebagai berikut: 1. 07.30 sd 10.00 acara identifikasi masalah-masalah pembelajaran dan mengenali tindakan-tindakan yg akan dilakukan diteruskan masing-masing peserta minimal dapat merumuskan 20 judul PTK. pkl. 10.00 – 12.00 menentukan masalah yg urgent diteruskan menyelesaikan proposal ptk diselingi ishoma sampai pukul 15.00 (bab I,II, III minus) . pukul 1530 sd 17.00 acara uji coba ceklis observasi tindakan (sebagian bab IV) dan info utk bab v mengenai kesimpulan dan saran. sehingg semua peserta memiliki pengetahuan yg lengkap ttg ptk. guru yg baik adalah guru yg dpt membuat siswanya menjadi tenang dan termotivasi, yg sulit jadi mudah, yg mudah menjadi sangat mudah. ini sdh saya lakukan dan berhasil. semua bisa, semua bisa ptk.

  13. Terima kasih Bapak buat blognya ini. Kalau boleh saya minta tolong kirimkan saya salah satu contoh hasil PTK Bapak, ke alamat e-mail saya. Saya kan baru dalam hal ini. Terima kasih sebelumnya.

  14. mas ikbal, terima kasih masukannya, hal itu sdh kami lakukan di berbagai daerah, dan tak semua materi bisa cocok diterapkan dengan apa yg anda tuliskan.
    mas jotam, kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com, nanti akan saya kirimkan contoh ptknya.

    salam
    Omjay