Guru-guru Dahsyat yang Memikat

Kompas.comSelama menjadi guru, saya selalu termotivasi untuk menjadi guru yang terdahsyat bagi para peserta didiknya. Oleh karena itu, saya selalu melakukan instrospeksi diri dan senantiasa mengoreksi diri melalui berbagai macam penelitian. Dari hasil penelitian itulah saya menemukan berbagai metode-metode baru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus juga meningkatkan kinerja saya sebagai seorang guru.

Hari ini, Selasa 3 Agustus 2010, saya membaca berita di kompas.com tentang hebatnya seorang guru yang bernama Ayatollah Hidayat, seorang penemu mesin pencari planet. Mesin ini beliau ciptakan untuk membantu murid-muridnya di tingkat SD agar dapat memahami susunan planet dan tata surya pada pelajaran IPA.

Menurut beliau,  “Pola tingkah laku mereka mulai berubah dalam belajar. Daya ingat dan daya tangkapnya juga jauh lebih baik.” Berita lengkapnya ada di sini.

Inilah guru dahsyat yang saya kenal dari kreativitasnya. Beliau adalah guru  SDN Ma’lengu, Gowa, Sulawesi Selatan. Tahun ini beliau menjadi salah satu guru finalis Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) 2010, dengan alat ciptaannya; Mesin Pencari Planet (MP2).

Selain beliau, masih banyak guru-guru dahsyat lainnya yang mempresentasikan hasil karyanya dalam LKIG 2010, Mereka itu adalah:

TINGKAT SEKOLAH DASAR

  1. Rusli , SDLB Negeri 64 Lubuk Basung, Sumatera Barat, dengan judul “Komandan Pleton Sebagai Media Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Positif dan Negatif”
  2. Wahyu Subagyo, S.Pd , SDN Airlangga I/198, Jawa Timur, dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Tentang Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Bermain Satutil dan Karbilbul pada Siswa Kelas IV SDN Airlangga I”
  3. Ayatollah Hidayat, S.Pd , SDN Ma’lengu, Sulawesi Selatan, dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Mesin Pencari Planet (MP2) Pada Pelajaran IPA Konsep Tata Surya Kelas VI SD”
  4. Sri Haryani Wahyu Lestari,M.Pd , SD N Depok 1, DIY, dengan judul “Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar’
  5. Suswandi, S.Pd.,M.Pd, SD Negeri Kutawaru 04, Jawa Tengah, dengan judul ” Optimalisasi Pemahaman Konsep IPA Tentang Pesawat Sederhana dengan Pendekatan Multi Indrawi (SAVI) Bernuansa Hejo (Hapines,efective, and joyfull) Melalui Variasi Permainan Ultapa pada Siswa Kelas V SD Negeri Kutawaru 04 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten C” >

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG IPSK

  1. Aji Marwonto Aris Munandar, S.Si , SMP Internat Al Kausar Sukabumi, Jawa Barat, dengan judul “Pembentukan Karakter melalui Wahana Archipelago’s Food Treasure Hunt Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kuis”
  2. Tri Artivining , SMP Smart Ekselensia Indonesia Bogor, Jawa Barat, dengan judul “Proyek Kelas Sosial “Mencari Modal Tanpa Modal” sebagai sarana Menumbuhkan Karakteristik Wirausaha, Keterampilan Sosial dan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII (Tujuh) SMP Smart Ekselensia Indonesia)”
  3. Mahmud Saefi, S.Pd , SMPN 5 Cilacap, Jawa Tengah, dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi melalui Pendekatan Berbaling pada Siswa Kelas VIIA SMPN 5 Cilacap Tahun Pelajaran 2009/2010”
  4. Joko Sulistya, M.Pd , SMP 2 Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan judul “Upaya meningkatkan Prestasi Ujian Nasional Bahasa Inggris si SMP 2 Bambanglipura Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Deteksi Dini”
  5. Nanik Sugiartini, S.Pd , SMP Negeri 1 Jenggawah, Jawa Timur, dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 C SMP Negeri 1 Jenggawah pada SK Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat dengan Metode Interaktif Siswa Tahun 2009-2010” >

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG MIPATEK

  1. Puji Lestari, S.Pd., MTsN Giriloyo, Wukirsari, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bunga Waru sebagai Media Praktikum Asam Basa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VII MTsN Giriloyo Bantul
  2. Budiono, S.Pd., SMP Negeri 1 Pejawaran, Jawa Tengah,dengan judul “Media Cakram Elektrik Berindikator Lampu Flip-flop sebagai Petunjuk Problem Solving untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri I Pejawaran”
  3. Budi Sriyanto, S.Pd. , SMP Negeri 2 Kalijambe, Jawa Tengah, dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Tekanan dan Permainan Puzzle sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 2 Kalijambe Tahun Pelajaran 2009/2010”
  4. Dian Mayasari, S.Pd , SMPN 3 Margahayu Bandung, Jawa Barat, dengan judul “Pemakaian Indikator Alami (Bunga Pacar Air, Kembang Kertas dan Mawar) Karbondioksida (CO2) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Respirasi”
  5. Abi Suwito, S.Pd , SMPK Yohanes Gabriel Blitar, Jawa Timur, dengan judul “SMPK Yohanes Gabriel Blitar, Jawa Timur”

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG IPSK

  1. Fransisca Indrihapsari , S.Pd, SMA Xaverius 1, Jambi, dengan judul “Permainan Transaksi Ekonomi”
  2. Joko Pramono, S.Pd , SMA Negeri 1 Kopang, Nusa Tenggara Barat, dengan judul “Memanfaatkan Koran Bekas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Murah, Mudah, dan Menarik”
  3. Syarifah Hidayati, S.Pd , Sekolah Menengah Teknologi Industri, Sumatra Barat, dengan judul “Lab Tracking: Praktik Berbahasa Inggris Melalui Teknik Permainan”
  4. Suhas Caryono, S.Pd., S.E., M.M , SMA Negeri 8 Purworejo, Jawa Tengah, dengan judul “Efektifitas Penggunaan Perangkat Psikologis Sederhana Berbasis Komputer Dalam Kegiatan Layanan Konseling Individu di SMA N 8 Purworejo”
  5. Bambang Kariyawan Ys, S.Pd , SMA Cendana Pekanbaru, Riau, dengan judul “Pembelajaran Kooperatif Multikultural Dengan Teknik Empati Budaya Sebagai Upaya Mengurangi Sikap Primordialisme dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Cendana Pekanbaru”

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG MIPATEK

  1. Budi Susanto, S.Pd , SMK Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul “Eksperimen Pembuatan Cat dari Limbah Kimia Praktik ETSA PCB (Sebuah Implementasi Nyata Pembelajaran AMDAL di SMK)”
  2. Drs. Imran Tahir , SMAN 1 Enrekang, Sulawesi Selatan, dengan judul “Alat Penguji Oksigen dan Pengukur Laju Reaksi (Fotolisis) Reaksi Terang Fontosintesis”
  3. Drs. Budiyanto Soeryono , M.Pd, SMAN 1 Sutojayan, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Myrtillocactus geometrizans dalam Pembelajaran Pencemaran Air dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari”
  4. Juwartini, S.Pd , SMK Negeri 1 Kota Serang, Banten, dengan judul “Pembuatan Tepung Beneng sebagai Salah Satu Cara Meningkatkan Kreatifitas Jiwa Enterpreneur Siswa SMK”
  5. Priya Santosa, S.Pd , SMAN 1 Dolopo, Jawa Timur, “Media Piramida Kode Genetika untuk “Mengkomunikasikan” Sintesis Protein Materi Bioteknologi dengan Pembelajaran Smart Teaching”

Mereka yang namanya ada di atas itu adalah guru-guru dahsyat yang sangat menginspirasi. Semoga bisa terus berkarya dan menemukan media pembelajaran baru untuk memudahkana peserta didik memahami materi pelajaran dengan baik.

Akhirnya, saya belajar banyak dari kreativitas mereka yang luar biasa. Indonesia membutuhkan guru-guru dahsyat yang memikat. Sukses selalu untuk para teman-teman guru yang telah terpilih mengikuti lomba kreativias ilmiah Guru (LKIG) 2010 di Hotel Bumi Wiyata, Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Iklan

7 responses to “Guru-guru Dahsyat yang Memikat

  1. guru dahsyat emang hebat

    salam
    Omjay

  2. guru mantabbb

  3. betul kang hendra. Mantap

    salam
    Omjay

  4. like this

  5. keren guru2 yang hebat teladan bagi semua

  6. Guru seharusnya bisa menjadi sutraadara tak sekedar menulis selamat berjuang semoga sukses

  7. PENGEMBANGAN PROFESI GURU
    1.Karya tulis Ilmiah ( KTI ).
    2.Menemukan tehnologi tepat guna
    3.Menciptakan karya seni
    4. Menyusun alat pembelajaran/ bimbingan
    5. Mengembangkan kurikulum
    ini bisa dilakukan untuk pengembangan profesi guru namun yang aneh ketika mengumpulkan sebagai kelengkapan angka kredit petugas mengatakan tim penilai pengembangan profesi belum dibentuk gimana ini?