Mimpi yang Menjadi Nyata

Wijaya Kusumah di Bidakara

Rasanya seperti bermimpi berada di hotel Bidakara selama tiga hari lamanya. Sebab, beberapa waktu yang lalu anak pertama saya Intan pernah berkata, “ayah pasti akan bisa menginap di hotel ini”, ketika kami menghadiri resepsi pernikahan teman mengajar di Bidakara beberapa waktu lalu.

Kini impian itu menjadi nyata. Saya telah berada di hotel ini dari tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2010 dalam rangka menghadiri  Simposium hasil penelitian dan Inovasi Pendidikan tahun 2010 di Jakarta.

Bagi saya secara pribadi, pertemuan ilmiah ini adalah pertemuan para peneliti yang makalahnya telah dinyatakan lolos untuk dipresentasikan dalam kegiatan simposium hasil penelitian dan inovasi pendidikan 2010. Tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi saya, guru yang suka meneliti. Sebab hasil kerja keras dalam meneliti selama ini telah membuahkan hasil, dan hasil penelitian itu terbaca oleh orang banyak, dan telah dibukukan hasilnya dalam kumpulan presentasi makalah hasil penelitian.

Ketika surat panggilan itu datang ke sekolah, saya gembira sekali menerimanya. Apalagi setelah mendapatkan tanda tangan dari kepala sekolah, dan mendapatkan surat tugas untuk mengikuti simposium hasil penelitian ini.

Dari berbagai materi yang disampaikan oleh para pemakalah kunci, saya tertarik sekali dengan pemaparan dari bapak Sumantri Hadi Suseno. Beliau memaparkan akan pentingnya sebuah dokumen hasil penelitian yang terintegarasi secara nasional.  Presentasi beliau yang berjudul National Education Research Library menjadi agenda besar yang harus dikerjakan oleh pusat penelitian dan pengembangan kemendiknas. Sebab kemendiknas yang merupakan lembaga pemerintah, sampai saat ini belum membuat system yang terdokumentasi dalam menyimpan hasil-hasil penelitian. Untuk mewujudkan itu harus ada kolaborasi antara pemerintah, peneliti, dan masyarakat.

Hasil penelitian dan pengembangan pendidikan yang berkualitas menjadi suatu keharusan, mengingat hasil penelitian dan pengembangan akan dimanfaatkan oleh stakeholders dalam merumuskan kebijakan pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Prof. Mansyur Ramly, kepala badan penelitian dan pengembangan, kemendiknas dalam makalahnya.

Selama tiga hari di hotel bidakara, banyak hal yang sebenarnya ingin saya sharingkan. Namun karena kesibukan yang padat, maka saya publish saja foto-foto kegiatan ilmiah ini untuk mendukung laporan saya di sini.

Semoga bermanfaat buat pembaca yang ingin ikut tahun depan.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Iklan

4 responses to “Mimpi yang Menjadi Nyata

  1. Ya! hal tersebut memang sangat penting agar penelitian yang ada bisa didokumentasikan dengan baik dan peneliti yang lain bisa saling membandingkan/ comparasi dan melakukan pengembangan . Hanya satu hal yang mungkin perlu dicermati adalah bahwa pendokumentasian tersebut jangan di salah gunakan oleh oknum tertentu dan menjadikannya sebagai lembaga “copas”. Begitu …aja Om Jay….sesekali saya pengen belajar langsung dari Om….tentang sebuah idea yang terus menggelitik di alam bawah sadar pikiranku….

  2. senang sekali bila kita bisa belajar bersama mas.

    salam
    omjay

  3. Ya Om Jay… bener apa yang om Jay sampaikan tersebut. Pengalaman saya dah tiga kali ikut seleksi agar ikut sebagai Peserta di Simposium tersebut, baru yang ketiga jadi pemakalah. Pengiriman pertama sebagai Poster Sesion, pengalaman kedua sebagai peserta biasa, nah pengalaman ketiga baru tercapai sebagai pemakalah beneran. Menurut saya perjuangan yang bukan main-main lagi atau sambilan.
    Jadi keberhasilan usaha kita patut diikuti oleh rekan-rekan guru yang lain. Semoga deh.
    Sukses terus berjuang Om.

  4. Betul mbak Nur, bila ita fokus, pasti ada jalan.

    salam
    Omjay