Pelatihan Aktivitas Belajar C-Generation di Aceh

12959877291432478571
Pelatihan Aktivitas Belajar C-Generation

 

Aceh harus merdeka! Merdeka dari kemiskinan dan kebodohan. Bukan hanya Aceh, tetapi semua tempat yang ada di bumi nusantara. Oleh karena itu, guru-guru harus siap menghadapi aktivitas belajar C-Generation. Sebuah aktivitas belajar yang para peserta didiknya sudah melek ICT. Dalam aktivitas belajar itu, para guru harus menjadi pemandu, dan mampu mengarahkan para peserta didiknya untuk memanfaatkan ICT secara sehat. Mereka harus menjadi produsen pengetahuan. Ketika ICT dapat dimanfaatkan secara sehat, maka kemiskinan, dan kebodohan akan terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai ini. Hal itulah inti dari pelatihan aktivitas belajar C-Generation yang saya bawakan dalam Seminar Nasional IT, Ahad 23 Januari 2011 di Aula Asrama Haji Banda Aceh.

 

1295989170573397599
Omjay Sedang Brrdialog dengan Salah Seorang Guru

 

Dalam aktivitas belajar C-Generation, aktivitas belajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Para guru dituntut untuk mampu membangun konten-konten edukatif yang membuat para peserta didiknya menjadi kreatif. Salah satunya adalah membangun blog sebagai media pembelajaran.

Di dalam blog guru itu, semua penugasan, materi singkat maupun padat dituliskan di sana. Terjadilah diskusi dan komunikasi dua arah antara pendidik, dan peserta didik. Dimana para peserta didik mampu memberikan tanggapan dari apa yang dituliskan oleh para pendidik. Pembelajaranpun menjadi aktif, dan mandiri.

 

 

12959884471805972758
Para Guru yang mendapatkan DoorPrize Buku

 

Para peserta didik akan dengan mudah mengakses darimana saja dan kapan saja. Mereka bisa mengakses dari rumah melalui laptop, atau handphone mereka. Berbagai peralatan canggih seperti ipad dan netbook yang mungil tentu sangat digemari mereka dalam pemanfaatannya. Terjadilah connecting and sharing antara pendidik dan peserta didiknya di era netizen ini.

Para guru harus bisa memasukkan atau mengupload file-file video/film ke dalam web http://youtube.com. Sebagian materi pembelajaran dibuat dalam bentuk video/film, dan di sinilah kreativitas para guru diuji. Bila guru kreatif, maka akan ada sebuah produk pembelajaran baru yang pada akhirnya mampu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan untuk semua.

 

1295988955338091275
Para Peserta Seminar IT di Asrama Haji Banda Aceh

 

Namun sayangnya, belum semua guru dapat memanfaatkan ICT secara optimal. Masih banyak guru yang belum mengaplikasikan ICT ke dalam pembelajarannya di sekolah. Dari sekitar 60 orang guru yang hadir, baru 3 orang saja yang mengaku memiliki blog dan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Sisanya masih belum memiliki blog dan mengaplikasikannya pembelajarannya dalam kegiatan aktivitas belajar C-Generation.

 

 

12959892281160467389
Sebagian Peserta Berfoto Bersama dengan Narasumber seusai Acara

 

Banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan dalam aktivitas belajar C-Generation ini. Sayangnya, struktur dan kultur guru belum seluruhnya siap dalam menghadapi aktivitas belajar C-Generation. Peran lembaga pendidikan sebagai pencetak para guru profesional sangat penting. Para gurupun akhirnya dapat membuat kurikulumnya sendiri sesuai dengan kearifan lokal.

 

 

12959900101310540417
Omjay dan Mus Aceh

 

Banyak hal yang saya sampaikan dalam pelatihan aktivitas belajar C_Generation ini. Bagi anda yang ingin mendapatkan materi yang saya bawakan dalam seminar ICT 2011 itu, dapat mengirimkan email kewijayalabs@gmail.com. Dengan senang hati saya akan memberikannya secara gratis kepada anda. Bangsa ini harus merdeka dari kemiskinan dan kebodohan. Kita pun harus melek ICT.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

 

 

Iklan

3 responses to “Pelatihan Aktivitas Belajar C-Generation di Aceh

  1. ijin tampilin di web saya ya..=)

  2. selahkan mas topan

    salam
    omjay