60 Guru Demo di Ruang Rapat Balaikota Bekasi

60 orang guru terdiri dari beberapa lembaga pendidikan, mulai dari guru SD, Madrasah, SMP dan SMA Minggu kemarin melakukan demonstrasi di ruang rapat Balaikota Bekasi. Demo yang mereka lakukan adalah membuat blog pribadi berbasis WordPress.

Acara ini adalah bagian dari Pelatihan Blog Untuk Guru yang diadakan oleh Komunitas Blogger Bekasi (BeBlog) bersama Ikatan Guru Indonesia Cabang Bekasi yang kedua kalinya, setelah yang pertama kali sukses dilaksanakan di Islamic Centre 30 Oktober lalu. Pelatihan kedua ini juga bisa berlangsung setelah mendapat dukungan sponsor dari Indosat dan bagian Telematika Kodya Bekasi, yang memfasilitasi dengan ruang rapat di kantor Walikota Bekasi.

Seperti pada pelatihan pertama, materi yang diberikan pada pelatihan kedua ini tetap sama. Yaitu bagaimana guru-guru anggota atau calon anggota IGI bekasi ini bisa membuat Blog pribadi mereka dan kemudian menuangkan ide dan gagasan mereka disana. Sebagai bagian dari metode pendidikan yang dapat mereka terapkan di sekolah masing-masing terhadap para muridnya.

Sesi pertama pelatihan ini para guru diberi pelajaran bagaimana menulis, blogging dan pergaulan virtual, yang disampaikan oleh Amril Taufik Gobel dengan moderator Indah Juli.

Sesi kedua dengan moderator Komaruddin Ibnu Mikam sang “Jawara” Bekasi Utara diisi oleh Masim “Vavai” Saugianto denga materi utama yaitu, Bagaimana membuat Blog dengan WordPress. Sesi yang benar-benar menguras konsentrasi para guru, karena hasil pembuatan blog ini nantinya diadakan penilaian siapa yang berhasil membuat blog terbaik dan mendapatkan hadiah yang disediakan oleh panitia.

Sesi ketiga adalah Mobil Blogging, yang disampaikan oleh Endy Junaedy Kurniawan dari Indosat. Satu kejutan yang cukup memberi inspirasi para peserta adalah hadirnya penulis buku Srondol Gayus ke Italy, Hazmi Srondol. Kehadiran Hazmi Srondol ini yang sempat di daulat untuk tampil ke depan memberikan kata sambutan ini, cukup mendapat applaus dari para peserta.

Sesi ke empat adalah Etika Blogging yang disampaikan Indah Juli, serta yang terakhir Wijayakusumah yang lebih dikenal dengan Omjay dengan materi Menggunakan Blog sebagai Media Pembelajaran.

Seperti pada pelatihan pertama, pelatihan gelombang kedua inipun mendapatkan perhatian yang besar dari para guru anggota IGI Bekasi. Hal ini terlihat dengan pendaftaran yang melebih kapasitas tempat yang tersedia, sehingga beberapa diantaranya terpaksa ditolak, dan dialokasikan untuk pelatihan berikutnya.

(Buat Bang Jay alias Wijayah Kusuma, thanks berat nih saya diterima bergabung belajar blog…hehe)

Guru-guru peserta pelatihan belajar membuat blog. Saya diantaranya duduk deretan di depan berjaket hitam. (foto: dok bloger bekasi)

Sumber:

http://edukasi.kompasiana.com/2011/11/22/60-guru-demo-di-ruang-rapat-balaikota-bekasi/

Iklan

Komentar ditutup.