Benarkah Internet Itu Surganya Orang Belajar?


Teman mengajar saya bilang, kalau sekarang ini internet sudah menjadi surganya orang belajar. Mengapa? Karena segala macam ilmu dapat dipelajari dan diperoleh dengan cepat melalui internet. Semua bisa dicari dan dipelajari. Anda mau belajar apapun ada informasinya. Kuncinya cuma satu kuasai bahasa, khususnya bahasa international yang banyak digunakan orang di seluruh dunia.


Dengan hanya mengetikkan keyword di mesin pencari semisal GOOGLE, maka informasi yang kita inginkan akan cepat tersaji di depan mata kita. Enak, khan! Nggak perlu buka dan baca buku satu persatu. Atau mencari bukunya dari satu perpustakaan ke perpustakaan lainnya. Pasti capek dech!. Untunglah ada makhluk teknologi yang bernama INTERNET.


Internet menyediakan segala macam informasi yang dibutuhkan manusia modern abad ini. Dari mulai informasi tentang "IPTEK" sampai hal-hal yang sifatnya cuma hiburan (games).


Internet juga memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi ke seluruh dunia dengan biaya murah. Baik melalui email atau melalui teknologi "VOIP" seperti SKYPE yang canggih itu. Jarak yang jauh menjadi terasa dekat. Batas antar negara seolah tiada lagi. Manusia bisa berkomunikasi melalui internet kapan saja dan dimana saja mereka mau. Dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan. Internet akan dengan senang hati melayani anda online 24 jam tanpa henti. Dia pun tak akan pernah marah, bila anda terus bersamanya seharian penuh. Walaupun 'bau' badan anda sudah menyengat hidung karena belum mandi. Hehehe.


Adanya internet, membuat peserta didik tak perlu lagi ke kampus atau ke sekolah setiap hari (kalau boleh). Apalagi harus datang pagi hari jam 06.30 karena menghindari macetnya lalu lintas kota besar seperti Jakarta.

Pembelajaran tatap muka langsung agaknya sudah mulai berkurang saat ini. Guru dan murid bisa saling berinteraksi lewat dunia maya. Para orang tua tak mau lagi menyekolahkan anak-anaknya. Mereka merasa bisa mendidik dan mengajar anaknya sendiri. Home schooling sudah mulai jadi idola. Mengapa? Karena, sumber belajar tidak lagi berpusat pada guru melainkan sudah beralih ke internet. Para penggiat home schooling bertepuk dada karenanya.


Menurut hasil penelitian di AS, belajar dengan internet tidak kalah mutu dan kualitasnya dengan belajar langsung dengan guru atau dosen di depan kelas. Tanpa tatap muka pun pembelajaran dapat berjalan dengan baik asalkan anda mandiri. Guru atau dosen cukup memasukkan semua materi pembelajarannya ke dalam internet. Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa kampus dan sekolah dengan program e-learningnya.


Para pendidik dituntut untuk kreatif membuat sebuah pembelajaran yang mengundang, agar internet menjadi surga bagi para peserta didiknya. Lihatlah twitter, facebook, dan googleplus yang telah sukses membuat pembelajaran yang mengundang. Jutaan orang akan dengan senang hati dan tanpa paksaan untuk join atau bergabung dalam komunitas itu. Mereka pun belajar dan saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Terjadi proses pembelajaran sambil bermain, bermain sambil belajar. Pembelajaran menjadi sangat menyenangkan karena peserta terlibat aktif. Ada interaksi terjadi, dan keriuhan seperti pasar terjadi dalam media sosial yang lagi top sekarang ini.


Internet, benar-benar surga bagi orang belajar. Seperti kumpulan bidadari cantik dan cowok ganteng yang dengan setia menemani anda mencari informasi. Bila lagi pusing dapat tugas membuat makalah, atau bingung untuk mencari ide karya tulis, internetlah tempatnya. Anda akan dapatkan ribuan ide dan segudang khasanah ilmu pengetahuan baru yang dapat anda jadikan tulisan menarik bila anda kreatif. Tapi ingat! Jangan pernah anda menjadi seorang plagiat, karena kemudahan informasi itu. Anda pun harus hati-hati agar tak terjebak dengan malware jahat yang dibuat orang.


Awas jangan sampai anda terperangkap dalam hutan belantara internet. Anda harus menetapkan tujuan anda ketika browsing di internet. Bisa-bisa anda hanya akan mendapatkan 'sampah informasi'. Apalagi bila anda terjebak oleh situs-situs yang dapat menghabiskan waktu anda dengan percuma. Ingat internet itu surganya orang belajar, jadi harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penggunanya. Anda harus pandai memilah dan memilih blog atau website apa yang cocok untuk anda pelajari. Berhati-hatilah dalam mencari informasi. Bila anda tak paham, sebaiknya bertanya dan bergabung dalam blog atau milis orang-orang hebat.


Pada saat ini perkembangan blog di internet sudah demikian pesat. Sudah banyak orang yang mempunyai blog di internet walaupun mereka tak paham bahasa HTML (Hyperteks Markup Language). Para pengguna blog serasa dimanjakan oleh para penyelenggara jasa pembuat blog. Anda tinggal mengisi blog yang anda buat dengan tulisan-tulisan anda yang kreatif dan menarik. Karena itu diperlukan kreativitas menulis agar blog yang sudah dibuat tidak menjadi 'sampah informasi'.


Kita harus belajar bagaimana dapat menciptakan informasi yang sebanyak-banyaknya melalui internet sehingga dapat bermanfaat dan berbagi untuk orang lain. Dengan jumlah pengguna internet lebih dari 42 juta orang, yang di dapat dari situs http://www.internetworldstats.com, membuat Indonesia menjadi 5 (lima) negara pengguna internet terbesar di Asia. Perlu ada upaya untuk meningkatkan minat dan kreativitas menulis melalui pengelolaan blog di internet. Perlu ada kampanye internet sehat agar pemanfaatan internet terasakan buat masyarakat berpengetahuan.


Tetapi jangan lupa lho, kalau internet juga neraka buat orang belajar bila anda tak dapat memanfaatkannya dan terjerumus dalam lembah nista dan dosa. Bullying, dan berbagai kasus negatif lainnya membuat kita merinding dari orang yang memanfaatkan internet untuk tujuan jahat. Hal terpenting yang harus diingat, internet itu surga bagi orang yang mau belajar, dan mampu membaginya dengan penuh cinta kasih kepada sesama. Mari kita ajak teman-teman lainnya untuk menjadikan internet sebagai surganya orang belajar.

 

Salam Blogger Persahabatan
Omjay


 

Benarkah Internet Itu Surganya Orang Belajar?

Iklan

Komentar ditutup.