Menjadi Guru Hebat dengan Internet Sehat

Teman-teman Omjay yang saya sayangi dan banggakan. Saya diminta oleh organisasi mahasiswa di salah satu kampus terkenal di Jakarta untuk memberikan materi menjadi guru hebat dengan internet sehat. Tepatnya, setelah Jumat, 11 Mei 2012 di Kampus UNJ.

Terus terang saya agak kelagapan juga dengan materi ini. Pertama saya belum menjadi guru hebat, dan kedua saya belum sepenuhnya memanfaatkan internet secara sehat. Lalu timbullah inspirasi untuk mencari buku-buku yang berhubungan dengan materi yang akan saya berikan. Dengan begitu akan banyak materi baru yang dapat saya berikan dalam kesempatan itu kepada para mahasiswa calon guru.


Usai bertemu dengan ibu Sri (Kepala Telematika) di kantor Pemkot Walikota Bekasi, saya menyempatkan diri mampir ke toko buku Gramedia. Cukup lama juga saya berkeliling di toko buku gramedia yang berada di Mega Mall Bekasi. Tak terasa sudah dua jam lamanya saya mencari buku yang diharapkan dapat membantu saya menemukan "ilham" dalam melengkapi materi menjadi 'guru hebat dengan internet sehat'.


Di saat saya mencari buku-buku di bidang pendidikan, ada terlihat buku terbaru saya yang berjudul menjadi guru tangguh berhati cahaya. Tentu sebagai penulisnya, saya bangga buku yang disusun dari tulisan saya di blog keroyokan kompasiana.com ternyata bisa terajut menjadi sebuah buku. Lalu saya pun berkata dalam hati, "Bukankah itu merupakan wujud dari pemanfaatan internet sehat? Menulis sedikit demi sedikit di internet lama-lama menjadi buku".

 

Buku Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya di Toko Buku Gramedia Mega MallBekasi
Buku Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya di Toko Buku Gramedia Mega MallBekasi


Ternyata, saya merasakan keajaiban menulis di blog adalah kita seperti menyimpan tabungan di bank. Ketika kita rajin menabung, maka akan semakin banyak pula jumlah tabungan kita, ditambah bunga yang akan kita dapatkan setiap bulannya.


Begitu pula dengan menulis. Bila kita rajin menulis di internet melalui blog, maka tulisan kita semakin hari semakin bertambah banyak. Bila kita menggabungkannya dalam sebuah tema, maka akan terajutlah sebuah judul buku yang menarik hati.


Mungkin, kalau kita langsung membuat buku, diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Namun dengan bantuan internet, kita dapat memasukkan tulisan- tulisan kita ke dalam sebuah blog yang menjadi inkubator dalam melahirkan tulisan- tulisan kita yang berkualitas. Kita pun menjadi senang menulis setiap hari yang sudah masuk ke dalam alam bawah sadar kita, karena menulis menjadi sebuah kebutuhan.


Untuk melahirkan sebuah tulisan yang berkualitas diperlukan bantuan seorang editor yang membantu kita menyusun rangkaian kata atau kalimat menjadi renyah dan mudah dicerna. Seorang blogger pada hakekatnya bukanlah seorang editor. Dia tetap membutuhkan orang lain yang membantunya menuliskan kalimat yang benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau EYD.


Kembali kepada cerita menjadi guru hebat dengan internet sehat. Sayapun terpikat dengan sebuah buku yang berjudul "Resep Rahasia Master Twitter". Seorang guru hebat adalah seorang yang memiliki pengikut yang banyak. Kalau seorang guru era baru, tentulah harus memiliki follower atau pengikut yang banyak. Dia belum bisa disebut hebat bila belum memiliki follower di twitter yang jumlah pengikutnya banyak. Kok gitu ya???


Saya akhirnya membeli sebuah buku karangan Alfa Hartoko di atas yang saya lihat sangat menarik untuk menambah materi menjadi guru hebat dengan internet sehat. Selain buku "Resep Rahasia Master Twitter", sayapun membeli sebuah buku yang berjudul "Prinsip-prinsip Manajemen Kelas" karya Salman Rusydie yang menurut saya sangat bagus dimiliki oleh seorang guru yang ingin dianggap hebat. Sebab seorang guru adalah guru yang mampu mengelola kelasnya dengan baik.

Buku-Buku bagus yang Perlu dibaca Oleh Para Guru Hebat

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/05/1336616940770245790.jpg


Manajemen kelas sangat diperlukan bagi mereka yang ingin menjadi guru hebat. Kemampuan guru mengelola kelasnya akan berpengaruh dalam meningkatkan prestasi peserta didiknya. Sebab sebuah kelas merupakan ajang berkumpulnya manusia dengan berbagai karakter, dan latar belakang. Bila seorang guru terus mencari informasinya di internet, dan belajar dengan guru lainnya di dunia maya dalam mengelola kelas yang efektif dan efisien, maka dia akan menjadi guru hebat karena memanfaatkan internet secara sehat. Internet dapat digunakan sebagai sarana untuk belajar dan berbagi pengalaman dan pengetahuan sesama guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas.

Menjadi guru hebat dengan internet sehat sangat mungkin terjadi bila para guru mampu memanfaatkan internet untuk mencari informasi dan menciptakan informasi baru dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen kelas. Belajar tidak lagi terjadi di dalam kelas saja, tetapi juga di luar kelas. Terjadi pembelajaran jarak jauh dimana guru dan murid saling berinteraksi di dalam dunia maya. Bila seorang guru juga mampu memanfaatakan jejaring sosual seperti facebook, dan twitter, bukan mustahil dia akan menjadi master facebook, dan juga master twitter. Folowernya pun menjadi semakin banyak.


Saya pun akhirnya meminta pembaca untuk follow me twitter di @wijayalabs agar pengikut saya semakin bertambah. Dengan begitu saya akan menjadi guru hebat di era baru dengan pengikut di twitter yang terus bertambah setiap harinya. Jangan lupa follow me ya! hehehe.

 

Salam blogger persahabatan
Omjay 

Menjadi Guru Hebat dengan Internet Sehat

2 responses to “Menjadi Guru Hebat dengan Internet Sehat

  1. trimasih, menginspiratif bagi yg membacanya utk belajar menulis melalui media internet..