5 tips management waktu yang baik dan efektif

Dalam buku manajemen waktu karya Marion E. Haynes Edisi Ketiga (2010), dituliskan lima tips manajemen waktu yang efektif. Buku yang diterbitkan oleh PT Indeks ini sangat menarik, dan sangat bagus dibaca oleh para netter agar mampu memanaje waktu dengan baik. Dengan memanaje waktu dengan baik, maka cita-cita kita menjadi terwujud. Kelima hal itulah yang omjay gunakan sehingga dapat tepat waktu menyelesaikan belajar S2 di pascasarjana UNJ.

KeLima Tips Manajemen waktu itu adalah:

Buatlah daftar dan tentukan prioritas sasaran mingguan
Buatlah daftar “to do” harian, dan tentukan prioritas
Curahlan perhatian utama pada prioritas A
Tangani setiap tugas sekali
Terus menerus bertanya, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN!
Intinya adalah “kerjakan apa yang kamu tuliskan, dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu dikerjakan menggunakan cara. Cara terbaik untuk memulai adalah memulainya (Marie Edmund Jones).

Pertama, Dengan membuat daftar dan menentukan prioritas sasaran dalam minggu pertama sampai minggu keempat dalam setiap bulannya, maka akan anda dapati progres report yang dicapai selama kurun waktu seminggu itu. Contohnya, ketika anda sedang mengerjakan tesis, maka tuliskan pencapaian yang anda dapatkan dari minggu ke minggu. Dari situlah sebenarnya terekam apa yang sudah anda kerjakan.

Kedua, dengan meggunakan daftar pekerjaan yang harus anda tuntaskan hari ini membuat anda menentukan skala prioritas. Anda harus atur mana yang lebih mudah dulu dikerjakan, dan disesuaikan dengan kondisi anda sendiri. Gunakan catatan kecil untuk mencatat apa yang sudah anda lakukan hari ini, minimal di dalam otak bawah sadar anda agar anda merasakan ketuntasan dari apa yang telah anda kerjakan. Intinya adalah kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja tuntas.

Ketiga, curahkan prioritas utama anda pada prioritas A atau yang paling penting. Bila target anda lulus kuliah tahun ini, maka curahkan prioritas utama anda menuju target anda itu, dan kesampingkan prioritas lainnya. Dengan begitu anda menjadi fokus pada tujuan anda. Bla anda tidak fokus, maka tak ada satupun pekerrjaan yang sampai tujuan atau mencapai hasil yang diharapkan.

Keempat, tangani tugas sekali, dan usahakan mengerjakan pekerjaan lainnya bila anda telah selesai. Jangan mengulang kembali pekerjaan anda yang sudah ditugaskan. usahakan cukup sekali saja anda menuntaskannya. Contohnya, bila proposal tesis anda sudah selesai sampai dengan bab III, maka langsunglah menuju ke bab IV bukan kembali ke bab I lagi. Dengan begitu anda akan segera memulai penelitian, dan mampu menemukan kesimpulan dan saran di bab V. Tesis anda pun akhirnya selesai.

Kelima, terus menerus bertanya kepada diri sendiri untuk memperbaiki diri. Lakukan perenungan dari apa yang telah anda kerjakan, dengan begitu anda selalu mawas diri, dan mampu melakukan refleksi diri agar menjadi manusia yang lebih baik dari hari kemarin.

Cara terbaik menggunakan waktu adalah segera lakukan tindakan, dan buang kemalasan. Kemauan dan pikiran harus disatukan untuk melakukan tindakan nyata dan bukan kata-kata. Ketika anda pandai bicara, maka tindakan anda memberikan contoh atau keteladanan sangat diperlukan. Jangan sombong, karena kesombongan akan menjatuhkan diri anda sendiri.

Selamat menjalankan kelima tips manajamen waktu yang efektif dalam hidup anda. Semoga anda sukses dalam mewujudkan keinginan atau cita-cita anda yang sekarang ini mungkin masih dalam alam pikiran. Segera tuliskan, dan lakukan tindakan nyata dari apa yang anda tuliskan itu. Kesuksesan telah menanti anda!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Tags: omjay, manajemen waktu, efektif

5 tips management waktu yang baik dan efektif

Iklan

Komentar ditutup.