Belajar Internet tanpa Internet dari Pak Onno W Purbo

Wow senang sekali malam ini. Kami para guru mendapat pencerahan dari pak onno w purbo. Seorang pakar internet yang sudah terkenal di indonesia maupun manca negara. Beliau berbagi ilmunya kepada teman-teman guru dari ikatan guru indonesia (igi).

Pak Onno W Purbo di Seminar Nasional Pendidikan dan Internet Sehat Bagi Guru dan PNS Kota Bekasi

Pak Onno W Purbo di Seminar Nasional Pendidikan dan Internet Sehat Bagi Guru dan PNS Kota Bekasi

Kami dikumpulkan dalam seminar nasional pendidikan dan internet sehat di hotel grand cempaka jakarta pusat. Di tempat ini kami belajar bagaimana memanfaatkan internet sehat untuk pendidikan yg diselenggarakan oleh pemkot bekasi.

Pak onno mengatakan supaya sehat dalam berinternet lebih baik ĴªŇбåΏ pakai internet sekalian. Caranya gunakan open source yang gratis dan halal untuk dicopy. Kita harus belajar menggunakan opensource yang memang disediakan gratis buat mereka yang mau belajar.

Pak onno mendemonstrasikan kepada kami cara berinternet tanpa internet kpd kami dengan sebuah server laptop, kabel, router, dan laptop dgn sistem operasi linux. Lalu pak onno mengarahkan kami sebuah link ke alamat http://opensource.telkomspeedy.com/wiki.

Ternyata enak juga pakai opensource, namun sayangnya tak satupun dari kami memakai opensource. Kami sudah terbiasa menggunakan windows. Kata pak onno indonesia menyumbang 300 juta dollar ke microsoft yang berbayar setiap tahunnya.

Pak onno lebih banyak bercerita pengalaman praktis tik untuk pendidikan. Ada dua jenis tik utk pendidikan yaitu:

Tik berbasis jaringan, bisa berupa internet, sebaiknya berupa intranet.

Tik berbasis desktop, ini biasanya identik dgn aplikasi, seperti laboratorium virtual

Gunakan sistem operasi opensource, karena akan memudahkan kita mengembangkan tik utk pendidikan, selain utk melepaskan diri dari penjajahan lisensi software berbayar yg akan mengikat kita di kemudian hari. Saya yakin Şĕm̈υα guru di republik indonesia sales software berbayar!

Malam ini mata saya terbuka lebar tentang tik. Pak onno mengajarkan kpd kami internet tanpa internet. Intinya menyiapkan server di sekolah berbasis open source dan mengembangkan tik berbasis jaringan internet dan intranet. Sedngkan cara berinternet yg baik bis dibaca di situs internet sehat seperti http://www.internetsehat.org.

Bagi teman-teman yg mau materi pak onno dapat mengirimkan email ke wijayalabs@gmail.com.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Belajar Internet tanpa Internet dari Pak Onno W Purbo

Iklan

3 responses to “Belajar Internet tanpa Internet dari Pak Onno W Purbo

  1. pak wijaya .. boleh minta bahan presen tasinya nggak ,:D maw untuk sosialisasi dkampus2 sekolah2.. 🙂

    kalo bisa kirimin ke sini ya pak roedygomugomu@gmail.com.. trims banyak sebelumnya

  2. It’s remarkable for me to have a site, which is helpful designed for my experience. thanks admin

  3. This blog was… how do I say it? Relevant!
    ! Finally I have found something that helped me. Thanks!