Mari Meciptakan Pembelajaran Aktf dan Menyenangkan

Mulai Tahun ajaran ini, selain mengajar TIK, saya mendapat tugas baru mengajar Pendidikan Lingkungan Kesenian Jakarta (PLKJ). Terus terang saya masih mencari bentuk pembelajaran yang tepat agar materi PLKJ kelas 7 dapat diterima oleh anak-anak peserta didik saya. Mereka tentu tidak saya minta untuk menghafalkan isi buku, tetapi mampu memahami materi pelajaran. Bila mereka paham, pasti mereka dapat mengerjakan soal ujian apapun bentuknya.

Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan
Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan


Untuk bisa memahami materi pelajaran, saya mencoba menerapkan beberapa metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran dengan pembagian kelompok. Dimana para siswa bekerja secara kelompok, dan mengurangi peran guru yang terkadang terlalu dominan dalam mengajar. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas.

Alhamdulilah, ternyata cara ini efektif, dan peserta didik senang dalam penugasan yang diberikan oleh guru. Mereka antusias berdiskusi dengan sesama kelompoknya. Belajarpun menjadi aktif dan menyenangkan. Semua kelompok menghasikan produk yang hasilnya sungguh luar biasa. Mereka pun menjadi terbiasa bekerja secara kolaborasi. Bukankah kolaborasi akan meningkatkan prestasi tinggi?

Berikut ini saya share sedikit foto-fotonya. Semoga bermanfaat.

Siswa Aktif Belajar Bersama kelompoknya
Siswa Aktif Belajar Bersama kelompoknya

Guru Bertugas Sebagai fasilitator

Guru Bertugas Sebagai fasilitator


Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Mari Meciptakan Pembelajaran Aktf dan Menyenangkan

Iklan

Komentar ditutup.