Pengalaman Mengajar Mahasiswa UT Jurusan PGSD

Minggu, 7 Oktober 2012 saya diminta untuk mengajar mata kuliah “komputer dan media pembelajaran” oleh pengelola Universitas Terbuka. Saya diminta mengajar mahasiswa S1 jurusan PGSD Universitas Terbuka (UT) yang lokasi mengajarnya di SMPN 1 Tarumajaya, Bekasi Utara. Cukup jauh juga tempat mengajarnya. Saya ke sana menggunakan sepeda motor. Mobil sengaja saya simpan di garasi.

Lokasi tempat mengajar Mahasiswa UT
Lokasi tempat mengajar Mahasiswa UT

Pukul 06.30 wib saya berangkat dari rumah di Jatibening Indah Bekasi. Setelah bertanya sana-sini, akhirnya sampai juga saya di SMPN 1 Tarumajaya, setelah melewati kota Harapan Indah Bekasi. Pukul 07.30 wib alhamdulillah saya sudah tiba di lokasi dan bertemu dengan pengelola UT, yaitu pak Yusuf.

Untuk pertama kalinya kami bertemu, dan bertatap muka. Selama ini kami berkomunikasi hanya lewat telepon dan sms saja. Saya baru tahu wajahnya hari ini, dan ternyata beliau ganteng juga loh!

Pak Yusuf, Pengelola UT di SMPN 1 Tarumajaya Bekasi
Pak Yusuf, Pengelola UT di SMPN 1 Tarumajaya Bekasi


Di tempat itu, kami berkoordinasi sejenak soal teknis penyampaian materi kuliah. Lalu pak Yusuf meminjamkan saya buku paket mahasiswa UT IDIK 4010 cetakan terbaru mata kuliah “komputer, dan Media Pembelajaran” yang diterbitkan oleh UT. Buku ini ditulis dan disusun oleh tim dosen UT yaitu Mariisa, M.Pd, Dr. Benny A. Pribadi, MA, Merry Noviyanti, S.Si, Drs. Ario, dan Dra. Andayani, M.Ed.

Ada 9 modul dalam buku ini yang harus diberikan kepada mahasiswa UT, yaitu modul tentang:

  1. Konsep pemanfaatan media dalam pembelajaran
  2. Pemanfaatan Media dalam pembelajaran: Berbagai faktor yang perlu diperhatikan
  3. Pemanfaatan media display dan realia dalam pembelajaran
  4. Pemanfaatan media audio dalam pembelajaran
  5. Video sebagai media pembelajaran
  6. Pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran
  7. Komputer, dan aplikasinya
  8. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran
  9. Panduan tugas dan praktik mata kuliah IDIK 4010, komputer dan media pembelajaran

Senang sekali saya mendapatkan buku cetakan terbaru ini. Isinya jauh lebih lengkap dari edisi sebelumnya. Saya pun langsung membaca (speed reading) isinya secara cepat sambil menunggu mahasiswa semuanya kumpul di ruangan kelas. Tak berapa lama kemudian, saya dipanggil oleh pihak pengelola UT untuk masuk ke dalam kelas. Sekitar 12 orang mahasiswa UT sudah menunggu dosennya dalam ruangan kelas di SMPN 1 Tarumajaya. Sebuah ruangan kelas yang cukup nyaman digunakan untuk belajar.

Mahasiswa UT Jurusan PGSD di SMPN 1 Tarumajaya
Mahasiswa UT Jurusan PGSD di SMPN 1 Tarumajaya


Begitu masuk ruangan, saya langsung mengucapkan salam, dan menyapa mahasiswa saya. Luar biasa! Hampir semuanya guru, dan rata-rata sudah mengajar di taman kanak-kanak, dan sekolah dasar. Bahkan ada seorang guru senior yang mengikuti kuliah ini. Sayapun langsung memperkenalkan diri, dan memanggil nama mereka satu persatu untuk saling berkenalan. Ternyata, mahasiswa UT cantik-cantik loh!

Di dalam ruangan, hanya ada satu orang mahasiswa. Hampir semuanya mahasiswi. Jadi jangan heran kalau di kelas itu cuma ada 2 orang cowok ganteng yang dikerubungi wanita-wanita cantik, hehehe.

Suasana sudah mulai mencair ketiak eh ketika saya memperkenalkan diri. Saya jelaskan sejelas-jelasnya jati diri saya, lengkap dengan nomor ponsel yang mudah dihubungi. Saya memanggil mereka dengan sebutan “temen-teman guru”, dan meminta dipanggil “omjay” oleh mereka agar lebih akrab selama perkuliahan berjalan. Rencananya kita akan bertemu dalam 8 kali pertemuan dalam satu semester ganjil ini.

Pengalaman pertama mengajar mahasiswa UT di SMPN 1 Tarumajaya Bekasi begitu menggoda. Selanjutnya terserah anda. Tak lupa saya memotivasi teman-teman guru agar gemar membaca, dan saya pun menutup pertemuan dengan sebuah tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa/mahasiswi, dan harus ditandatangani pada saat mengumpulkannya. Tak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 10.30 wib. Sayapun mengakhiri pertemuan kuliah perdana ini dengan mengucapkan alhamdulillah.

Saya memberikan Tugas kepada Mahasiswa UT Jurusan PGSD
Saya memberikan Tugas kepada Mahasiswa UT Jurusan PGSD

 

Salam blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Pengalaman Mengajar Mahasiswa UT Jurusan PGSD

Komentar ditutup.