Presentasi 6 Menit di Pecha Kucha Vol. 13

pendidikan kreatif

Rabu, 27 Februari 2013 saya diminta menjadi salah satu pembicara Pecha Kucha Jakarta vol.13 di Es Teler 77 Resto, Jl. Adityawarman, Jakarta Selatan. Ada 11 pembicara yang diminta tampil dan mempresentasikan materinya selama 6 menit. Tema yang diusung adalah Creation: Creative Education atau pendidikan kreatif.

Omjay di Pecha Kucha Jakarta

Omjay di Pecha Kucha Jakarta

Sebagai salah satu pembicara yang mewakili Ikatan Guru Indonesia (IGI), saya membawakan materi menjadi guru kreatif dan menyenangkan. Terus terang, tidak mudah bagi saya bicara di depan forum selama 6 menit. Biasanya materi ini saya bawakan selama lebih dari satu jam.

Dengan dibantu oleh Mas Yulef Dian, akhirnya selesai juga saya buat 20 slide presentasi. Sebagian slide itu ada sebagian yang berubah ketika saya mendapatkan saran dari panitia penyelenggara dari Maverick (mbak Nena) untuk memperbaiki beberapa slide yang kurang hidup karena terlalu banyak teks.Saya pun mengikuti saran panitia, dan segera mengirimkan perbaikannya.

Materi presentasi menjadi guru kreatif dan menyenangkan yang saya bawakan, dapat anda lihat di blog http://pechakuchajkt.wordpress.com. Anda pun bisa bergabung di facebook group : Pecha Kucha Jakarta. Bisa juga follow twitternya @pechakuchajkt. Sedangkan website resminya ada di http://pechakucha.org.

Pecha Kucha Night digagas oleh Astrid Klein dan Mark Dytham pada tahun 2003 sebagai tempat bagai para desainer muda untuk bertemu, membangun jaringan, dan menunjukkan karya mereka kepada publik. Kunci dari Pecha Kucha Night adalah sistem presentasinya. Setiap presenter membawakan 20 slide presentasi. Masing-masing slide dipasang secara otomatis selama 20 detik. Pembicara diberikan waktu 6 menit dan 40 detik sebelum presenter berikutnya tampil. Hal ini menjadikan setiap presentasi tepat sasaran, tingkat ketertarikan tinggi, dan memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk tampil.

Pecha Kucha (bahasa Jepang untuk suara yang keluar dari sebuah percakapan) telah menjadi wadah bagi forum dimana hasil karya kreatif dapat dengan mudah dan secara informal dipublikasikan, tanpa harus menyewa sebuah galeri ataupun mengenal sebuah editor majalah. Kebutuhan ini telah mewabah secara global- dimana Pecha Kucha Night, tanpa didorong kuat telah menyebar ke 318 kota di seluruh dunia. Sedangkan Pecha Kucha jakarta sendiri berdiri pada 10 maret 2009, digagas oleh Nadine Freischlad dan diselenggarakan oleh Maverick, Jakarta. Pecaha Kucha jakarta diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas bagi kaum metropolitan di Jakarta.

Presentasi 6 menit di Pecha Kucha Jakarta vol. 13 membuat saya berbagi pengalaman kepada teman-teman yang hadir pada malam itu. Saya ucapkan terima kasih kepada mbak Nena dan mbak Ignes dari Maverick yang telah menghubungi saya. Semoga diundang kembali di acara yang menginspirasi ini.

1362087457273688638

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Iklan

Komentar ditutup.