Bagaimana Meningkatkan Pengunjung ke Blog Kita?

Seorang kawan blogger bertanya kepada saya. Bagaimana meningkatkan pengunjung ke blog pribadi yang dikelola sendiri?

Terus terang saya bukanlah pakar blog dalam hal ini, dan bukan orang yang tepat untuk menjawabnya. Oleh karena itu, saya menjawabnya berdasarkan hasil pengalaman saja sebagai seorang blogger.

Sudah menjadi motto saya untuk menulis setiap hari di blog. Mantra ajaib Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi sudah melekat dalam diri saya.

Menulis bagi saya sudah merupakan sebuah kebutuhan, dan blog adalah media saya untuk memenuhi kebutuhan itu.

Kalau kita melihat perkembangan dunia ICT sekarang ini, maka ada 5K yang menguasai dunia, dan mempengaruhinya. Kelima K itu adalah, Konvergensi, Kontekstual, Konektivitas, Kolaborasi, dan Konten Kreatif.

Dengan adanya perkembangan ICT di abad 21 ini, kita membutuhkan banyak konten kreatif yang semuanya menyatu ke dalam bentuk informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Peran blogger di sini muncul dan sangat dibutuhkan.

Seorang blogger kondang, Padepokan Budi Rahardjo di blog pribadinya menuliskan tentang traffic palsu di http://rahard.wordpress.com/2013/03/10/traffic-palsu/ , dan membuat saya tersenyum sendiri dengan apa yang dituliskannya.

Bila ingin pengunjung blog anda banyak, maka tak perlulah belajar SEO atau menggunakan traffic palsu. Cukup dengan banyak menulis di blog, dan selalu update blog yang kita kelola dengan baik.

Saya banyak belajar dari blog Prof. Imam Suprayogo, salah seorang rektor di salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur. Beliau menulis setiap hari, dan tak peduli dengan pengunjung blognya. Namun bila anda jeli dan senang membaca, maka anda akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman dari apa yang beliau tuliskan.

Seorang trainer dan motivator terkenal Jamil Azzaini selalu menulis di blognya. Blog beliau di http://www.jamilazzaini.com sangat ramai sekali pengunjungnya. Baginya tiada hari tanpa menulis. Bila Sabtu dan Minggu biasanya beliau berhenti menulis, karena di saat itulah biasanya beliau berbagi kepada keluarga, dan banyak orang lainnya.

Beberapa blogger di atas, jelas banyak memotivasi saya dalam menulis di blog. Tak heran bila blog pribadi yang saya kelola selalu banyak pengunjungnya di http://wijayalabs.com. Meskipun tak seramai mereka para blogger hebat, saya selalu berusaha untuk mengupdate blog yang dikelola. Bahkan saya justru banyak menulis di blog keroyokan http://kompasiana.com/wijayalabs, karena di blog ini interaksi terjadi begitu cepat daripada blog pribadi.

Seorang blogger lainnya yang juga sangat menginspirasi saya dalam menulis adalah blog http://daengbattala.com. Blog milik Amril Taufik Gobel ini membuat saya termotivasi terus dalam menulis di blog. Tak berapa lama kemudian, Komunitas Blogger Bekasi mempertemukan kami. Lalu kami diminta untuk menjadi penasehat komunitas blogger bekasi dengan blognya di http://bloggerbekasi.com.

Saya juga belajar banyak dari blog ketua komunitas blogger bekasi, Aris Heru Utomo. Melalui blog http://arisheruutomo.com saya banyak belajar tentang kehidupan di luar negeri. Kebetulan saat ini beliau sedang ditugaskan di Beijing China.

Blog yang banyak pengunjungnya dan menginspirasi saya dalam menulis adalah blog http://eeshape.com yang juga merupakan wakil ketua komunitas blogger bekasi. Meskipun harus bolak balik Jakarta-Yogyakarta setiap minggunya, beliau masih terus mengupdate blognya yang banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari dengan bahasa dialog yang mudah dimengerti. Tak heran bila blog Eko S Hape ini selalu banyak pengunjungnya. Pakdhe ngeblog adalah buku kecil yang dituliskannya dari hasil ngeblog.

Blog yang juga unik dan juga banyak pengunjungnya adalah blog http://vavai.com. Beliau banyak bercerita tentang open source dan dunia kewirausahaan. Bagi saya, Masim Vavai Sugianto ini guru yang banyak menginspirasi saya melalui tulisannya. Diam-diam saya belajar banyak dari tulisan beliau yang banyak melakukan training open source dan menjadi konsultan IT di beberapa instansi terkenal ini.

Ada juga blog yang terkenal dengan motto “menulislah dari hatimu, maka kau akan menyentuh hati pembacamu”. Blog http://irmasenja.com sangat menginspirasi sekali dalam memotivasi saya untuk mengelola secara baik. Blogger Irma Susanti yang merupakan seorang ibu rumah tangga ini begitu piawai dalam membuat puisi, dan cerita ibu rumah tangga lainnya. Tak heran, bila beliau menulis, maka akan banyak komentar yang muncul di blognya.

Blog http://ayankmira.com juga banyak sekali pengunjungnya. Inspirasi mama menjadi tagline selain motto tetaplah menulis, maka kamu akan tahu siapa dirimu. Mira Sahid yang merupakan salah satu Founder Komunitas emak-emak Blogger ini begitu piawai sekali dalam mempermainkan kata sehingga membuai pembaca untuk betah berlama-lama dalam rumah virtualnya.

Blogger ibu rumah tangga lainnya yang saya tahu banyak pengunjungnya adalah blog http://indahjulianti.com. Indah Julianti mampu membuat blognya untuk menginspirasi orang lain menulis tentang cerita anak Indonesia. Buku keroyokan pun banyak digagas oleh ibu yang sangat menginspirasi ini. Suatu ketika saya pernah mengundangnya untuk menjadi nara sumber creative writing di sekolah tempat saya mengajar.

Blogger bukanlah seorang wartawan. Meskipun ada kemiripan, blogger bukanlah seorang wartawan profesional. Namun, berkat keunikan tulisannya yang sangat berbeda dengan media mainstream atau media arus utama itulah yang membuat mereka eksis dan narsis dengan gaya penulisan mereka. Tentu semua orang ingin terkenal dan dikenal melaui blog yang dikelolanya.

Tak heran bila buku Citizen Journalism yang dituliskan oleh Pepih Nugraha begitu sangat menarik. Sebab banyak berita bagus dan menjadi headline di media arus utama justru berasal dari orang biasa atau seorang blogger yang mungkin tidak dikenal sebelumnya. Rekaman film Cut Putri yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta menjadi contoh kasus seperti apa dahsyatnya tsunami Aceh.

Kekuatan sosial media saat ini janganlah dianggap remeh. Kasus Hazmi Srondol yang menulis tentang “sesuatu”yang haram dari Indomie di kompasiana.com, sempat menjadi buah bibir, dan membuat kisahnya banyak diketahui oleh publik. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa blogger tak bisa dianggap enteng. Melalui tulisannya, seorang blogger dapat membuat perusahaan sekelas “Indomie” dapat di bulying di media sosial.

Pengalaman saya menjadi pembicara dan nara sumber di berbagai tempat membuat saya banyak menuliskan pengalaman saya di blog. Berbicara yang efektif menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Sebab kebanyakan orang ketika menjadi nara sumber terlalu berbelit-belit dalam penyampaiannya, sehingga membosankan pendengarnya. Oleh karena itu, pengalama saya selama 6 menit bicara di pecha kucha vol. 13 menjadi pengalaman unik tersendiri yang saya tuliskan di blog.

Bila anda seorang blogger, maka banyak sekali hal yang bisa dituliskan. Blog tak melulu dituliskan dengan bahasa yang serius. Pilihlah gaya menulis anda sendiri. Bahkan bila anda tak mampu menulis panjang, satu alinea pun bahkan satu katapun akan berarti bila itu dituliskan dengan background sebuah foto yang berbicara. Pasti orang akan suka mengunjungi blog anda itu.

Inti dari banyaknya pengunjung ke blog kita adalah konten. Bila anda sering mengupdate blog yang dikelola, pastilah akan banyak pengunjung yang datang mencari iformasi di rumah virtual anda. Cepat tanggap dengan keadaan sekitar menjadi kekuatan tersendiri dalam menulis dan menyampaikan informasi melalui blog.

Tak ada alasan bahwa anda terlalu sibuk dengan pekerjaan anda sehingga tak sempat mengupdate blog. Indahnya wajah desaku bisa menjadi cerita yang menarik bila anda mampu menuliskannya dengan baik. Hal yang terpenting atur waktu atau manage waktu anda dari mulai matahari terbit sampai terbenam. Di situlah pasti anda akan menemukan waktu “suci” dalam menulis. Bagi saya, kapanpun, dan dimanapun asalkan ada kesempatan menaruh pantat, maka di situlah saya mulai menulis.

Hal yang terpenting bagi seorang blogger adalah selalulah berada dalam jaringan dan bergabung dalam berbagai komunitas seperti komunitas blogger. Banyak pelajaran penting saya dapatkan ketika saya bertemu dengan teman-teman yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Dari pengalaman ngeblog itulah lahir buku-buku saya yang bahan-bahan mentahnya berasal dari tulisan saya di blog. Buku TIK: Menulis Blog untuk pendidikan adalah satu buku yang saya susun dari pengalaman menulis di blog setiap hari.

Abadikan setiap moment yang anda dapatkan hari ini. Tuliskan apa yang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang kamu tuliskan. Semoga kalimat itu memotivasi anda dalam menulis. Seorang blogger pastilah akan memiliki kemampuan multi talenta seiring dengan kemampuannya menulis dan mengelola blog yang banyak pengunjungnya.

Nikmati prosesnya, dan percayalah bahwa tak ada sesuatu yang instan dalam menulis. Dibutuhkan proses yang panjang dan banyaklah membaca buku. Dengan banyak membaca buku maka anda akan berkeliling dunia. Tetapi bila dunia ingin mengenal anda, maka perbanyaklah menulis. Blog bisa menjadi salah satu sarananya.

 

Salam Blogger Persahabatan.

Omjay

http://wijayalabs.com

 

Komentar ditutup.