Lomba Pidato Nasional OJK Berhadiah Total 25 Juta

Gambar

Kamis, 14 maret 2013 saya mengikuti lomba pidato nasional “Suara Konsumen Lembaga Jasa Keuangan (LJK)” yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kegiatan ini dilaksanakan di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jl. MH. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat.

Tema kegiatan ini adalah Ekspresi suara konsumen terhadap produk dan layanan keuangan non bank (layanan kategori non bank: Pasar modal, asuransi, dana pensiun, pembiayaan konsumen, leasing).

 

13633068162128105055

Brosur Lomba Pidato

Kategori yang dilombakan adalah untuk ibu rumah tangga, karyawan/pegawai/professional, guru/dosen/akademisi.

Para peserta diminta untuk pidato dan menyampaikan pengalamannya sebagai konsumen selama 4 menit di depan dewan juri yang anggotanya sudah ditentukan oleh panitia dari berbagai kalangan.

Adapun syarat materi pidato adalah:

1.       Tidak menyangkut SARA

2.       Tidak merujuk pada instansi / perusahaan/ pemerintah / pribadi tertentu

3.       Tidak menjelek-jelekkan, namun boleh berupa kritik yang kontruktif

4.       Merupakan pengalaman pribadi atau orang terdekat, dan bukan fiktif

5.       Ekspresi positif maupun negatif yang muncul sebaiknya disertai dengan saran /solusi yang dapat diterapkan

Lomba pidato nasional ini berhadiah total senilai Rp. 25.000.000,- (pajak ditanggung pemenang) dimana hadiah per kategori sebagai berikut:

    • Juara I mendapatkan hadiah Rp. 10.000.000,-

     

      • Juara II mendapatkan hadiah Rp. 7.500.000,-

       

      • Juara III mendapatkan hadiah Rp. 5.000.000,-

      1363306886296161743

      No Peserta untuk Omjay

      Sebagai salah seorang peserta yang mengikuti lomba pidato nasional di atas, saya mendapatkan nomor peserta 0214. Alhamdulillah saya mendapatkan giliran terakhir dari jumlah peserta yang ada. Dengan begitu saya berkesempatan melihat teman-teman peserta yang sudah lebih dahulu tampil menyampaikan pidatonya.

      Terus terang saya agak gugup juga dan merasa kurang percaya diri. Seorang bapak yang tepat berada di belakang saya memberikan motivasi. “Bicara saja apa adanya, dan sampaikan apa yang dialami secara jujur”. Begitulah kata bijak seorang bapak yang saya belum tahu siapa namanya. Saya hanya tersenyum saja mendengarnya.

      Ketika nomor peserta saya dipanggil, dan diminta menyampaikan pidatonya, saya agak grogi juga. Bingung mau ngomong apa dan dimulai darimana. Untunglah saya bisa menguasai diri dan bercerita tentang pengalaman saya mengurus asuransi kendaraan bermotor.

      Saya meniru gaya bicara Jokowi, Gubernur DKI Jakarta. Beliau biasa bicara efektif di podium dan tidak membuat bosan orang yang mendengarnya. Gaya bicara Jokowi itulah yang saya praktikkan langsung   dalam lomba pidato nasional yang diselenggarakan oleh OJK. Saya begitu lancar menceritakan pengalaman saya sebagai konsumen asuransi dan menyampaikan 3 tips konsumen dalam menggunakan jasa perbankan non bank, yaitu pastikan manfaatnya, pahami resikonya, dan perhatikan biayanya.

       

      1363306959136621289

      Salah satu peserta lomba sedang menyampaikan pidatonya

      Ketiga tips itulah yang saya lakukan dalam memilih asuransi kendaraan bermotor. Sewaktu saya membeli mobil baru, saya langsung memilih jasa asuransi yang dapat dipercaya. Ketika mobil saya mengalami musibah tertabrak kendaraan lain, maka dengan mudahnya saya mengurus complain asuransinya. Pengalaman itu sudah saya tuliskan panjang lebar di blog dan saya sebarkan ke berbagai social media di internet.

      Alhamdulillah, Allahu akbar! Dewan juri rupanya begitu terpesona dengan pidato yang saya sampaikan. Saat pengumuman dewan juri, nomor saya 0214 terpanggil dan masuk babak final bersama 2 orang peserta lainnya. Jadi ada 3 orang yang masuk final. Tentu saya sangat bersyukur mendengarnya dan tak mengira akan masuk babak final besok siang, Jumat, 15 Maret 2013 pukul 14.00 wib di tempat yang sama.

      Jokowi, dan lomba pidato nasional OJK membuat saya bahagia sekali hari ini. Mohon doanya, semoga besok bisa menang, dan mendapatkan juara pertama.  Saya pun berharap teman-teman pembaca ada yang bisa hadir di hotel Indonesia, bisa ikutan makan siang bareng di hotel bersejarah ini, dan menjadi suporter omjay. Bakalan ramai khan? Apalagi peserta dan pengunjungan yang hadir tidak dikenai biaya sama sekali alias GRATIS. Asyikkan, bisa kopdaran di hotel Indonesia?

      Teman-teman pembaca yang Omjay sayangi dan banggakan. Baru saja saya menerima sms dari panitia lomba yang isinya sebagai berikut:

      Dear para finalis lomba pidato nasional otoritas jasa keuangan (OJK). Diharapkan kedatangannya besok siang pukul 13.00 wib untuk registrasi ulang dan makan siang di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski. Babak final akan dimulai pada pukul 14.00 wib. Bawa suportermu, dan dapatkan hadiah Rp. 10.000.000,- untuk masing-masing kategori sebagai pemenang pertama. (Panitia OJK)

       

       

      1363307039928785423

      serius

      Salam Blogger Persahabatan

      Omjay

      http://wijayalabs.com

      Iklan

      One response to “Lomba Pidato Nasional OJK Berhadiah Total 25 Juta

      1. wah…siip bro. selamat dan sukses!