Oh, UN itu Begini?

Ninok Eyiz's Journey

Tahun ini pertama kali saya memperoleh kehormatan sebagai pengawas Ujian Nasional! Wow. Saya menyebut kehormatan karena sejak bertugas sebagai guru PNS, baru tahun ini saya mendapatkan kesempatan. Keren sekali rasanya. Hi hi 😀

Jauh-jauh hari sebelum UN, saya melakukan survei kecil-kecilan ke teman-teman guru. Hasil surveinya sangat menarik dan membuat saya penasaran. Mereka bilang kalau nantinya pengawas itu akan jadi boneka di ruang ujian. Waktu saya tanya, Kenapa? Kok gitu? Mereka menjawab, “Ntar kamu tahu sendiri”. Nah looh..


Lihat pos aslinya 1.335 kata lagi

One response to “Oh, UN itu Begini?

  1. Maaf ..membaca tulisan anda sepertinya anda benar- benar guru yang hanya pengalaman di kelas aja.Tidak mengenal dunia anda yang sesungguhnya, apalagi menyelaminya. Anda terpukul dengan kejadian yang secuil, apakah anda belum tahu sesungguhnya banyak cara yang lebih kotor mengangkat nilai UN, yang dilakukan bahkan secara terorganisir dari sekolah sampai unit birokrasi yang lebih tinggi. Silahkan anda cari tahu sendiri.Kenapa hal itu terjadi? Kembali pada semua komponen pelaku pendidikan yang semua ingin mendapat keuntungan dari kasus kasus tersebut.Jadi sesungguhnya birokrasi kita semacam lingkaran setan,.yg mau di dalam harus siap, kalau ngga sebaiknya keluar. Hanya satu saran saya sebaiknya anda simak dulu lingkungan sekolah anda bekerja apakah pelaksanaan UN sudah benar- benar bersih.Jangan jangan ada praktek kecurangan tapi anda gak tahu. Jadi jangan lah koreksi lingkungan yang lain dulu sebelum yakin seklah anda bersih. Sebab banyak sih karena kecemburuan terhadap sekolah negeri,orang sangat mudahnya meungkit kekurangannya, Tahunya eh sekolah sendiri lebih bobrok.