Ide Itu Murah

Padepokan Budi Rahardjo

Salah satu poin yang saya sampaikan pada presentasi saya kemarin adalah ide itu murah. Ternyata tidak mudah untuk meyakinkan orang-orang bahwa ide itu murah.

Bagi saya yang mahal adalah mewujudkan ide itu menjadi kenyataan, dalam bentuk produk atau layanan. Ini yang mahal. Ketika kita mencoba mewujudkan ide tersebut maka mulailah muncul hambatan, masalah, tantangan, dan yang sejenisnya. Kalau kata orang sono, “the devils are in details”. Begitulah.

Sebagai contoh, saya punya ide untuk membuat buku yang membahas bahwa “ide itu murah”. Nah gampang kan menghasilkan ide. Yang susah – dan mahal – adalah betulan membuat buku tersebut. Kalau saya yang membuat buku itu mungkin butuh waktu tahunan. Berapa biaya yang saya butuhkan untuk membuat buku tersebut? Nah itu yang mahal.

Berapa banyak orang yang punya ide membuat buku tetapi tidak menjadi kenyataan? Saya yakin banyak! Mungkin Anda juga termasuk yang ingin buat buku tetapi belum terlaksana? 🙂

Mencari ide…

Lihat pos aslinya 191 kata lagi

Komentar ditutup.