Omjay: Guru yang Takut dengan Pujian

Lama juga tak menyapa teman-teman di rumah sehat ini. Kangen juga membaca tulisan teman-teman semua. Walaupun saya jarang berkomentar, saya selalu membaca tulisan kawan-kawan guru di sini. Setelah membacanya, saya merasa bahwa ilmu saya masih sangat kurang. Saya harus belajar banyak dari bapak dan ibu guru di sini.

Di saat jam kosong seperti ini, biasanya saya mencoba menciptakan informasi di internet. Melalui alat rekam yang ajaib, saya menuliskan apa yang saya ketahui dari blog yang saya kelola dan ikuti. Tak terasa, blog sudah menjadi media ampuh bagi saya untuk menuliskan apa yang disukai dan kuasai. Jangan menulis karena ingin dipuji.

Terus terang saya sangat takut dengan pujian. Pujian itu terkadang membuat diri ini menjadi sombong. Kita merasa menjadi orang paling hebat dan tiada duanya. Padahal pujian itu adalah lahan kita untuk melakukan introspeksi diri. Semakin banyak mendapatkan pujian, itu artinya kita harus semakin mawas diri untuk melakukan hal yang lebih baik dari waktu sebelumnya.

Seringkali kritikan itu tak enak di hati. Bahkan membuat kita sakit hati. Namun percayalah, bahwa krtik itu akan membuatmu menjadi selangkah lebih maju. Mereka telah menunjukkan kepadamu bahwa masih ada hal yang harus diperbaiki atau dibenahi agar engkau menjadi orang yang sukses.

Tentu tidak mudah melaksanakannya. Pujian terkadang lebih menina bobokan kita. Sedangkan kritikan seringkali membuat kita marah. Padahal, berterima kasihlah kepada orang yang mengkritikmu. Sebab dialah yang akan membuatmu menjadi lebih maju dari sebelumnya.

Jadilah manusia yang bermanfaat buat orang banyak, dan berterima kasihlah kepada orang yang mengkritikmu. Jadikan dia sahabat agar membuatmu jadi baik, dan orang hebat. Orang hebat adalah orang yang mampu menginspirasi orang lain, dan memotivasinya agar hidup menjadi lebih hidup.

13702273182102491237

Salam Blogger persahabatan

omjay

http://wijayalabs.com

Komentar ditutup.