Kurikulum Baru, Guru Bidang TIK Tersisih

EDUCATION NEWS MONITORING SERVICE

Kompas, p 12  (2)

Pada Kurikulm 2013, mata pelajaran Teknologi nformasi dan komunikasi (TIK) tidak lagi berdiri sendiri. Mata pelajaran itu diintegrasikan dengan semua mata pelajaran. Meski demikian, petunjuk pelaksanaannya belum ada. hal ini membuat guru bidang studi itu di SMP dan SMA kebingungan. Padahal, banyak dari guru itu sudah mendapat sertifikasi guru profesional di bidang TIK.

Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan mutu Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan, Kemendikbud akan menata ulang peran guru-guru TIK yang sesuai karakteristik sekolah.

Menurutnya, guru TIK yang latar belakangnya TIK bisa saja dialihkan untuk memenuhi kebutuhan guru produktif di SMK. Bisa juga yang latar belakangnya tidak TIK dikembalikan lagi untuk mengajar mata pelajaran sesuai latar belakang ilmunya.

Sementara itu, Wijaya Kusuma, guru TIK SMP Labschool Jakarta, mengatakan, kebingungan para guru TIK ini beralasan karena mereka sudah disertifikasi sebagai guru TIK. Kebingungan para guru TIK sudah dipertanyakan kepada…

Lihat pos aslinya 7 kata lagi

Iklan

Komentar ditutup.