Halal bi Halal di RT-ku yang Membahagiakan

Sabtu malam Minggu, 17 Agustus 2013, kami sekeluarga mengikuti acara halal bihalal keluarga besar RT 005, RW 10 di gedung serba guna Komplek TNI AL Jatibening Indah, Pondok Gede Bekasi. Acara dimulai tepat pukul 19.30 wib, dan dibuka langsung oleh pembawa acara yang begitu semangat membawakan acaranya.

Halal Bi Halal Rt.005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah Bekasi
Halal Bi Halal Rt.005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah Bekasi

Kami semua diminta berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan gagahnya. Tua-muda, laki-laki maupun perempuan menyatu dalam lagu Indonesia Raya yang begitu bergelora. Setelah itu, tampil pak ketua RT 005, Pak Purwo menyampaikan kata sambutannya. Beliau menyampaikan kata sambutannya singkat dan padat. Intinya mohon maaf lahir batin bila ada kesalahan.

Ketua RW10, pak Purnomo memberikan sambutan dan disaksikan Ketua RT.005, pak Purwo
Ketua RW10, pak Purnomo memberikan sambutan dan disaksikan Ketua RT.005, pak Purwo

Usai Pak ketua RT 005 memberikan sambutannya, pembawa acara meminta bapak Ketua RW 10, bapak Brigjen (Purnawiran) Purnomo memberikan sambutan. Pak Purnomo adalah sesepuh kami. Beliau usianya sudah 65 tahun, tapi masih sehat dan penuh semangat. Pak Pur (Biasa beliau dipanggil warga) adalah pensiunan jenderal bintang satu dari korp marinir TNI-AL. Kami bangga memiliki ketua Rukun Warga (RW) seperti beliau. Sangat bersahaja dan sedehana sekali orangnya. Sangat mengayomi warga, dan sangat dekat dengan warganya. Tak salah bila beliau berbicara, kami semua terasa tersirap karena kharismanya yang baik.

Beliau sangat komunikatif sekali bicara dengan warganya, meskipun warga kami berasal dari suku dan agama yang berbeda-beda. Tak semua warga anggota TNI-AL, dan sudah banyak warga bukan anggota TNI. AL. Termasuk saya sendiri, yang tinggal di komplek ini karena orang tua saya dulu pensiunan PNS dari Mabes TNI AL Cilangkap.

Ketua RW 10, Bapak Brigjen TNI (Purn) Purnomo
Ketua RW 10, Bapak Brigjen TNI (Purn) Purnomo

Dalam sambutannya, beliau justru membuka dialog dengan warga, dan mereka dipersilahkan untuk bertanya kepada beliau tentang permasalahan yang dihadapi. Senang sekali rasanya dapat berdialog langsung dengan bapak ketua RW 10, sehingga kami semua warga RT. 005/RW 10 menjadi tahu permasalahan yang terjadi di lingkungan kami. Kebersamaan dan rasa saling asah, asih, dan asuhakhirnya terwujud. Terjadilah komunikasi yang baik antara pengurus Rukun Warga (RW) dengan para warganya.

Dalam kesempatan itu, pak ketua RW 10 kembali mengingatkan warga akan pentingnya keamanan di lingkungan komplek. Beliau juga mengingatkan kepada kami untuk menjaga kebersamaan dan saling bantu membantu dalam permasalahan warga. Sehingga tak ada kesan kita menjadi warga yang egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Kebersamaan itu indah dan membahagiakan.

Penyerahan Hadiah lomba Hut RI kepada para pemenang
Penyerahan Hadiah lomba Hut RI kepada para pemenang

Senang sekali bisa berinteraksi langsung dengan pengurus RT.005 dan RW10. Semua warga suatu saat akan kebagian menjadi pengurus Rukun Tetangga (RT). Di lingkungan kecil inilah kami menjadi terlatih dan dilatih menjadi seorang pemimpin. Dengan pemilihan secara langsung, para warga diminta memilih kandidat calon ketua RT. Mereka yang dipilih adalah mereka yang belum pernah terpilih menjadi pengurus RT sebelumnya. Kaderisasi pun akhirnya berjalan dengan baik di lingkungan kami. Siapa yang menjadi keta RT kami dukung dengan baik, dan tradisi itu alhamdulillah masih terus bertahan hingga kini. Termasuk juga acara halal bi halal yang setiap tahun diselenggarakan di lingkungan RT 005/RW 10 Komplek TNI AL Jatibening Indah.

Terselenggaranya acara ini berkat kesigapan dari ibu-ibu PKK di lingkungan RT 005/10. Para ibu berbagi tugas mempersiapkan konsumsi santap malam secara parasmanan. Lezat sekali masakannya, dan anak-anak saya lihat menghabiskan makanannya tanpa tersisa. Termasuk saya sendiri yang hampir saja ingin nambah 2 piring. Untunglah istri memberi kode, berhentilah makan sebelum kenyang.

Acara santap malam Warga Rt 005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah
Acara santap malam Warga Rt 005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah

Acara halal bi halal juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah lomba peringatan HUT RI yang ke-68. Pengurus RT setiap tahun menyelenggarakan lomba HUT RI untuk anak-anak. Para pemenang diminta tampil ke depan, dan bangga sekali para orang tua yang melihat anaknya menang. Bahkan ada orang tua yang terpaksa tampil ke depan, karena anaknya berhalangan hadir. Lucu juga jadinya. Pada saat pembagian hadiah lomba makan krupuk, yang menerima hadiah lomba juara pertama adalah orang dewasa. Sedangkan juara kedua dan ketiga anak-anak usia SD. Maklumlah, karena anaknya berhalangan hadir, jadi ayahnya yang didaulat untuk menerima hadiahnya. Kamipun menjadi tertawa melihatnya.

Orang tua yang mewakili anaknya menerima hadiah langsung dari pak RW10
Orang tua yang mewakili anaknya menerima hadiah langsung dari pak RW10. Gambar kurang bagus karena cuma pakai ponsel jadul diambilnya.

Usai pembagian hadiah, acara ditutup dengan doa. Seorang anak muda tampil memimpin doa. Setelah kami semua berdoa, tibalah acara yang dinantikan. Acara makan malam pun dilaksanakan, sekaligus pemotongan tumpeng. Semua warga berdiri rapih setelah saling bersalaman dan bermaaf-maafan. Senang sekali rasanya bisa saling bermaafan. Kami yang baru pulang mudik dari kampung halaman dan belum sempat berlebaran menjadi terbantu dengan adanya acara halal bi halal ini. Di acara halal bi halal, tak lupa ada warga baru yang memperkenalkan diri. Beliau baru saja pindah dan menempati rumah di samping kanan rumah saya.

Inilah sebuah kisah nyata yang terjadi lingkungan RT-ku yang membahagiakan. Tidak ada warga yang tak saling kenal. Semoga di lingkungan RT-mu juga demikian. Tradisi atau budaya halal bi halal yang baik ini memang harus terus dilestarikan. Halal bi halal menjadi media warga untuk saling bermaafan dan berdiskusi langsung dengan pengurus RT-nya. Terjalin interaksi yang baik antar sesama warga. Kalau sudah begitu, bertempat tinggal di lingkungan tempat tinggal yang baik akan membuat kita menjadi warga yang baik pula. Bukankah begitu seharusnya?

Mantan Ketua RT 005, Pak Suradji telah memberikan hadiah lomba kepada anak-anak di lingkungan RT.005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah, Bekasi
Mantan Ketua RT 005, Pak Suradji telah memberikan hadiah lomba kepada anak-anak di lingkungan RT.005/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah, Bekasi (Dokumentasi Omjay)

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Iklan

Komentar ditutup.