Pandai Merasakan dan Mendengar

Cempakawarna

Sering sekali dalam pergaulan terjadi kesalahpahaman antara seseorang dengan yang lainnya, yang akhirnya akan berlanjut pada permusuhan. Tidak jarang juga dapat menimbulkan perkelahian. Konflik. Ya sebuah konflik telah terjadi pada diri kita dengan orang lain.

Umumnya konflik terjadi karena sebuah ketidakmengertian akan perasaaan orang lain. Hingga membuat satu sama lain merasa dilecehkan. Tapi, sebenarnya di balik semua masalah ini ada beberapa pelajaran yang menarik untuk kita.

Sebenarnya, untuk dapat menjaga perasaan orang lain butuh keterampilan dan kebiasaan. Bukankah kita sendiri memiliki perasaan, dan begitu juga dengan orang lain. Memang seringkali kita melupakan bahwa teman kita juga mempunyai perasaan seperti kita. Dan kita kadang juga lupa bahwa kesabaran seseorang itu ada batasnya. Kita semua tahu rambut boleh sama hitam tetapi hati setiap orang berbeda. Masalahnya sekarang adalah apa yang kita anggap baik untuk kita lakukan belum tentu baik pula untuk orang lain. Di sini lah sebenarnya apa yang kita sebut dengan…

Lihat pos aslinya 313 kata lagi

Iklan

Komentar ditutup.