Dr. Lawrence Ng, motivator kondang dunia, menggunakan bahasa Jawa.

Guru Kreatif

IMG-20140924-01860

Kombinasi antara “motivasi” dan “joke” terjalin secara segar dan proporsional sepanjang presentasi Dr. Lawrence Ng–motivator kondang dunia dari Malaysia–selama 90 menit. Teknik redundancy–gabungan antara ucapan dengan tulisan–memudahkan pendengar menangkap pesan-pesan yang disampaikan. Bahwa bahasa Indonesia sering digunakan mudah dipahami, karena dia berasal dari Malaysia. Yang membuat orang tertawa geli karena sekali-sekali digunakan bahasa Jawa.

Perhatikan, di bagian atas tayangan power point terdapat tulisan dalam bahasa Jawa yang menggelitik: ojo komplen, ojo nyalahne wong, ojo alasan, ojo ngrumpi–yang merupakan terjemahan tulisan berbahasa Inggris di bawahnya. Penulisannya yang menggunakan huruf berukuran kecil berwarna merah cukup menggelitik. Setelah kata-kata itu diucapkan oleh pembicara kelucuan benar-benar pecah. Rupanya disadari oleh pembicara bahwa presiden terpilih Indonesa adalah orang Jawa—nama Jokowi pun disebut beberapa kali olehnya.

Rupanya joke merupakan bumbu yang sangat powerfull untuk mengantarkan materi motivasi—disamping yel-yel disertai gerakan, penekanan-penekanan, dan musik khas motivatasi. Tulisan yang berukuran besar dan berwarna-warni…

Lihat pos aslinya 65 kata lagi

Komentar ditutup.