Pedoman Karya Tulis Ilmiah

PEDOMAN KARTUL

PEDOMAN KARYA TULIS

  1. PENDAHULUAN

 

Karya Tulis Ilmiah adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, dibawah pengawasan atau pengarahan guru pembimbing. Kegiatan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di SMP Labschool Jakarta merupakan salah satu syarat pemenuhan profil lulusan. Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan memiliki pengalaman menulis ilmiah secara sederhana, berpikir runtut, dan memiliki keberanian menyampaikan pendapatnya melalui kegiatan presentasi di akhir kegiatan sebagai bentuk dari aktualisasi dari apa yang telah dikerjakannya.

Pedoman ini disusun oleh Tim Penyusun Pedoman Penulisan KTI  SMP Labschool Jakarta. Pedoman ini diterbitkan dengan tujuan memberikan tuntunan kepada siswa agar dapat dengan mudah mengikuti tahap demi tahap dalam menyesuaikan penulisan KTI sesuai dengan ketentuan yang ada pada buku panduan ini.

  1. FORMAT KARYA TULIS ILMIAH

 

Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini dibagi dalam tiga bagian :

(1) Awal;

(2) Isi;

(3) Akhir.

2.1 Bagian Awal

Bagian Awal Tugas AKhir terdiri atas:

  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
  4. Daftar isi
  5. Daftar Tabel (Jika diperlukan)
  6. Daftar Gambar (Jika diperlukan)
  7. Daftar Lampiran (Jika diperlukan)

2.1.1 Halaman Sampul

Sebagai halaman terdepan yang pertama terbaca dari KTI, Halaman Sampul harus dapat memberikan informasi singkat kepada pembaca tentang karya ilmiah tersebut yang berupa judul, identitas penulis, institusi, dan tahun pengesahan.Ketentuan mengenai penulisan Halaman Sampul dapat dilihat pada butir 3.4.Contoh Halaman Sampul dapat dilihat di Lampiran 1.

2.1.2 Halaman Pengesahan

Halaman Pengesahan berfungsi untuk menjamin keabsahan karya ilmian atau pernyataan tentang penerimanya.Ketentuan mengenai penulisan Halaman Pengesahan dapat dilihat pada butir 3.5.Contoh Halaman Pengesahan dapat dilihat pada Lampiran 2.

2.1.3 Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih

Halaman Kata Pengantar memuat pengantar singkat atas karya ilmiah.Halaman Ucapan Terima Kasih memuat ucapan terima kasih atau penghargaan kepada erbagai pihak yang telah membantu dalampenyusunan KTI.Sebaiknya, ucapan terima kasih atau pengharggan tersebut juga mencantumkan bantuan yang mereka berikan, misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber informasi, serta bantuan dalam penyelesaian KTI.Ketentuan mengenai penulisan Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih dapat dilihat pada butir 3.6.Contoh Ucapan Terima Kasih dapat dilihat pada Lampiran 5.

2.1.4 Daftar Isi

Daftar Isi memuat semua bagian tulisan beserta nomor halaman masing-masing, yang ditulis sama dengan isi yang bersangkutan. Ketentuan yang menyangkut penulisan Daftar Isi dapat dilihat pada butir 3.7. Contoh Daftar Isi dapat dilihat pada Lampiran 8

2.1.5 Daftar Tabel, Gambar, dan Daftar Lain

Daftar Tabel, Gambar, dan Daftar Lain digunakan untuk memuat nama tabel, gambar, dan sebagainya yang ada dalam tugas akhir. Penulisan nama tabel, gambar, dan sebagainya menggunakan huruf kapital di kata awal (title case). Ketentuan yang menyangkut penulisan dapat dilihat pada butir 3.14.

  • Bagian Isi

Isi tugas akhir disampaikan dlam sejumlah bab. Pembagian bab dari pendahuluan sampai kesimpulan ditentukan sesuai kebutuhan, atau deengan peraturan yang terdapat pada butir 3.13.

  • Bagian Akhir

Bagian ini terdiri dari:

  1. Daftar Referensi
  2. Lampiran (jika ada)

2.3.1 Daftar Referensi

Daftar Referensi merupakan daftar bacaan yang menjadi sumber, atau referensi atau acuan dan dasar penulisan KTI. Daftar referensi ini dapat berisi buku,artikel jurnal, majalah atau surat kabar, wawancara, artikel internet, dan sebagainya. Dianjurkan agar 70% daftar referensi yang digunakan adalah buku yang berhubungan dengan tema KTI.

2.3.2 Lampiran

Lampiran merupakan data atau pelengkap atau hasil olahan yang menunjang penulisan KTI, tetapi tidak dicantumkan di dalam isi KTI, karena akan mengganggu kesinambungan pembacaan. Lampiran yang perlu disertaka dikelompokkan menurut jenisnya, antara lain jadwal, table, daftar pertanyaan, gambar, graik, desain.

  1. PENULISAN

Penampilan/Perwajahan merupakan faktor penting untuk mewujudkan KTI yang rapi dan seragam.

3.1 Kertas

Spesifikasi kertas yang digunakan:

  1. Jenis     : HVS
  2. Warna : Putih polos
  3. Berat : 80 gram
  4. Ukuran : A4 (21,5 cm x 29,7 cm )

3.2 Pengetikan

Ketentuan pengetikan adalah sebagai berikut:

  1. Pencetakan dilakukan pada satu sisi kertas (single side)
  2. Posisi penempatan teks pada tepi kertas: – batas kiri : 4 cm (termasuk 1 cm untuk penjilidan ) dari tepi kertas – batas bawah : 3 cm dari tepi kertas.
  3. Setiap halaman pada naskah Tugas Akhir, mulai Abstrak sampai Daftar Referensi harus diberi “auto text” pada footer dengan tulisan SMP Labschool Jakarta (Times New Roman 10 poin cetak tebal ), ditulis pada posisi rata kanan (Align Right)
  4. Huruf menggunakan jenis huruf Times New Roman 12 poin (ukuran tulisan sebenarnya) dan diketik rapi ( rata kiri kanan – instify ).
  5. Pengetikan dilakukan dengan spasi granda (Lne spacing = double lines).
  6. Huruf yang tercetak dari printer harus berwarna hitam pekat dan seragam.

3.3 Penomoran Halaman

Penomoran Halaman tidak diberi imbuhan apapun.Jenis nomor Halaman ada 2 macam, yaitu Angka Romawi Kecil dan Angka Latin.

3.3.1 Angka Romawi kecil

  1. Digunakan untuk bagian awal tugas Akhir (LIHAT BUTIR 2.1), kecuali halaman sampul.
  2. Letak tengah 2,5 cm dari tepi bawah kertas.
  3. Khusus untuk halaman judul. Penomorannya tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan dalam daftar isi

3.3.2 Angka Latin

  1. Digunakan untuk bagian isi Tugas Akhir dan bagian akhir Tugas Akhir.
  2. Letak : sudut kanan atas: 1,5 cm dari tepi atas kertas dan 3 cm dari tepi kanan kertas.
  3. Khusus untuk halaman pertama setiap bab, penomorannya diletakkan di tengah, 2,5 cm dari tepi bawah kertas

3.4 Halaman Sampul

Halaman sampul KTI, secara umum, mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Halaman sampul KTI (hasil) terbuat dari karton tebal dilapisi kertas linen biru tua)
  2. Semua huruf harus dicetak dengan tinta kuning emas dengan spasi tunggal (line spacing= single) dan ukuran harus sesuai dengan contoh di lampiran 1.
  3. Ketentuan halaman sampul:
  • Diketik simetris di tengah (center)
  • Judul tidak diperkenankan menggunakan singkatan. Kecuali nama atau istilah contoh : PT,UD, CV dan tidak disusun dalam kalimat tanya serta tidak perlu ditutup dengan tanda baca apapun.
  • Logo Labschool: Logo Labschool UNJ dengan diameter 2,5 cm dan dicetak dengan warna emas, Judul KTI, nama, NIP, SMP Labschool Jakarta, Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta, Tempat Bulan & tahun disahkannya KTI dan dituliskan dalam angka dengan format 4 digit (contoh : Januari 2013)
  • Informasi yang dicantumkan pada punggung halaman sampul adalah: Nama lengkap, dan NIP siswa, judul KTI, Tahun disahkannya KTL. Informasi yang dicantumkan seluruhnya menggunakan huruf besar, dengan jenis huruf Times New Roman 12 poin, dan ditulis di tengah punggung halaman sampul (center alignment)

3.5. Halaman Pengesahan

  1. Halaman pengesahan KTI ditulis dengan spasi tunggal (line spacing= single), tipe Times New Roman 12 poin sesuai dengan contoh pada lampiran 5.

3.6 Kata Pengantar/ Ucapan Terima Kasih.

  1. Halaman kata pengantar atau ucapan terima kasih, secara umum, adalah sebagai berikut :
  2. Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, spasi 1,5 (line spacing=1,5 lines) dan ukuran sesuai dengan contoh pada lampiran 5.
  3. Jadul kata pengantar atau ucapan terimakasih ditulis dengan Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf besar.
  4. Urutan pihak pihak yang diberi ucapan terimakasih dimulai dari pihak luar, lalu keluarga atau teman.
  5. Jarak antara judul dan isi kata pegantar/ ucapan terima kasih adalah 2×2 spasi

3.7. Daftar Isi

Halaman daftar isi secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Sesuai huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, spasi tunggal (line sparing = single).
  2. Khusus untuk judul tiap bab ditulis dengan tipe time new roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf besar (capital)
  3. Contoh dafar isi dapat dilihat pada lampiran 8.
  4. Jarak antara judul dengan isi dftar isi adalah 3 spasi

3.8. Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain

Ketentuan penulisan Daftar Gambar Tugas Akhir secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Semua hufur ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dalam spasi tunggal (line spacing = single)
  2. Khusus untuk judul Daftar Gambar ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf besar (kapital)

3.9. Isi Tugas Akhir

Bagian tubuh/pokok memuat uraian/penjabaran yang dilakukan oleh penulis. Penjabaran mancakup tinjauan pustaka, metode penelitian, dan hasil serta pembahasannya. Sistematika yang dipakai dalam penulisan KTI adalah sebagai berikut:

  1. PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Latar belakang menjelaskan tentang pentingnya pembahasna maslah atau alas an yang mendorong penulis untuk memilih tema/topic yang sudah dipilih. Mungkin juga berisi tentang tulisan yang sudah ada sebelumnya.

1.2 Perumusan Masalah

Tujuan penulisan adalah menjelaskan pokok-pokok atau hal-hal yang akan dikerjakan untuk memecahkan masalah. Tujuan akan memberikan arah yang lebih jelas/focus pada permasalahan yang sedang dibahas. Memberikan gambaran tentang hasil-hasil yang akan dicapai.

1.3 Tujuan

Tujuan penulisan adalah menjelaskan pokok-pokok atau hal-hal yang akan dikerjakan untuk memecahkan masalah. Tujuan akan memberikan arah yang lebih jelas/focus pada permasalahan yang sedang dibahas. Memberikan gambaran tentang hasil-hasil yang akan dicapai.

1.4 Ruang Lingkup/Pembatasan Masalah

Memeberikan batasan tentang maslah yang sedang dibahas. Masalah yang dibahs supaya tidak melebar ke masalah-maslah lain sehingga tidak focus pada masalah yang diajukan.

1.5 Teknik Pengumpulan Data

Pada bagian ini menjelaskan tentang cara memperoleh data yang digunakan untuk memperkuat alas an dalam pembahasan maslah.

  1. PEMBAHASAN
  1. Landasan Teori

Memaparkan tentang topik yangdibahas sesuai dengan teori-teori yang mendukung topik yang sudah dipilih. Paparan minimal dapat menjawab pertanyaa: apa?, bagaimana?, dan untuk apa topik tersebut.

  1. Analisis Interprestasi Opini

Menjelaskan maslah yang sudah dipilih berdasarkan pendapat pribadi sesuai dengan kajian teori yang sudah dipaparkan sebelumnya.Memberikan interprestasi dan pendapat-pendapat sesuai dengan kajian teori dan data-data yang sudah didapatkan sebelumnya.

  1. Ilustrasi Tabel, Gambar, dll.

Yang tergolong gambar adalah gambar, grafik, dan diagram.Ketentuan pembuatan tabel dan gambar adalah sebagai berikut.

  1. Grafik, dan Diagram diberi nama.
  2. Penulisan nama tabel, gambar, dan lainnya menggunakan huruf besar di awal kata (title case)
  3. Tabel dan gambar ditempatlan di antara bagian teks yang paling banyak membahasnya.
  4. Tabel dan gambar selalu simetris ditengah (center) terhadap halaman.
  5. Nomor tabel dan gambar harus menyertakan nomor bab tebel dan gambar tersebut berada. Misalnya tabel 1.1 berarti tabel yang ada di bab 1. Gambar diperlukan untuk memperjelas pembahasan dan memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari penulis.
  1. PENUTUP
  1. Kesimpulan

Menjelaskan tentang analisa dari bab pembahasan secara lebih singkat. Kesimpulan adalah merupakan jawaban dari pertanyaan yang dikemukakan pada bagian pendahuluan. Kesimpulan disampaikan secara berurutan sesuai dengan pembahasan.

  1. Saran-Saran

Berdasarkankesimpulan yang disampaikan kemudian penulis menyampaikan saran-saran untuk perbaikan.Saran-sarah tersebut sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang sedang dibahas.

Komentar ditutup.