Belajar Elearning Bareng Onno W Purbo

Alhamdulillah kegiatan workshop elearning untuk rakyat di telkom surabaya, Jl Ketintang 165 dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan roadshow di 4 kota yang dimulai dari kota Jakarta, Solo, Bandung dan Surabaya. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Komunitas guru TIK dan KKPI (KOGTIK). Nara sumber utama dalam kegiatan ini adalah pak Onno W Purbo. Selain pak Onno, ada pak Satria Dharma yang juga ikut menjadi nara sumber di 4 kota.

Presentasi telkom surabaya

Kota keempat yang kami kunjungi adalah Surabaya. Telkom surabaya adalah tempat yang paling pas untuk pelaksanaan kegiatan di surabaya. Ibu Amiroh Adnan dan ibu Neny Else sebagai panitia lokal telah bekerja dengan sangat baik. Jumlah peserta yang lebih dari 100 membuat kegiatan ini lebih meriah. Peserta datang dari berbagai pelosok kabupaten dan kota di Surabaya. Bahkan ada yang datang dari Bali dan Indramayu. Mereka ingin belajar elearning bersama pak Onno W Purbo.

Kami yakin kegiatan ini akan terus berkembang dan menular ke pelosok nusantara. Para peserta nampak sangat antusias sekali menerima materi elearning dari pak Onno W. Purbo. Kali ini beliau fokus pada pembuatan soal un cbt lewat moodle. Guru diarahkan untuk mampu membuat soal atau quiz di moodle. Guru diarahkan untuk mampu membuat soal dan menjadi pengajarnya di http://cyberlearning.web.id/moodle/.

Wah interaktif sekali penyampaian materinya. Sayang sekali waktu pak Onno tidak banyak. Jam 12.30 wib beliau sudah harus meninggalkan lokasi menuju kota yogyakarta. Sudah ada lagi kegiatan lain yang menunggu beliau. Kesempatan itu dipergunakan peserta untuk berfoto bersama sebelum meninggalkan telkom surabaya.

Peserta beristirahat sejenak untuk makan siang dan sholat. Tepat pukul 13.00 wib ibu Juli Dwisusanti membuka kembali acara dan dilanjutkan dengan materi pak Satria Dharma tentang budaya literasi di sekolah. Alhamdulillah respon dan antusias peserta cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan peserta. Ternyata budaya membaca dan menulis bangsa Indonesia masih rendah dan kita mulai dari sekolah untuk memperbaikinya.

Usai pak Satria memberikan materinya, ibu Amiroh memberikan sharing pengalaman tentang pemanfaatan elearning. Penulis buku moodle ini banyak mendapatkan informasi seputar pemanfaatan elearning di sekolah. Beliau juga membagikan bukunya secara gratis kepada para peserta workshop. Terima kasih bu Amiroh, buku anda sangat mmebantu kami belajar elearning lewat moodle.

Materi hour of code atau hoc disampaikan mas yulef dian. Beliau menyampaikan bahwa coding itu penting dan bisa dipelajari dengan cara sederhana. Mereka yang berhasil mengerjakan coding mendapatkan hadiah berupa kaos perjuangan guru tik dan kkpi. Ternyata bahasa pemrograman komputer itu mudah bila kita mau belajar dan memahaminya. Semoga coding bisa masuk kurikulum sekolah kita sehingga bangsa ini tidak hanya menjadi bangsa pengguna, tapi sudah mulai menjadi pemain.

Tak terasa 8 jam waktu berjalan begitu cepat. Dari jam 8 pagi sampai 16 sore acara berjalan begitu padat. Omjay didaulat untuk menutup acara workhop elearning untuk rakyat. Kami bersyukur acara ini dapat berjalan dengan lancar. Belajar bareng pak Onno W Purbo melalui elearning ternyata menyenangkan.

Kami panitia workshop mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang sudah mendukung acara ini. Terutama telkom indonesia yang telah menjadi sponsor utama acara ini. Juga support dari apkomindo dan onno center. Tanpa peran sponsor, mustahil acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

stop

Semoga kegiatan yang sangat baik ini terus menyebar ke seluruh tanah air. Aamiin.

Ada sebuah kejutan dari seorang sahabat dari madura. Usai kegiatan workshop, semua panitia ditraktir di ole orang resto di jl raya ketengan km3 Bangkalan madura. Alhamdulillah kami sempat melewati jembatan suramadu dan makan malam di sana. Seperti mimpi rasanya melewati pulau jawan masuk ke pulau Madura. Sayang waktunya sangat singkat, karena jam 21.00 wib kami sudah harus kembali ke Jakarta naik kereta.

omjay di ole olang resto dapat hadiah ultah dari mbak lela ole olang resto

Dalam perjalanan pulang menuju stasiun pasar senen jakarta pusat saya tertidur lelap. Mungkin karena lelah setelah seharian mengikuti acara workshop elearning di telkom surabaya.

Para penumpang nampak tertidur lelap dengan posisinya masing masing. Bagi saya ini adalah perjalanan bersejarah dalam hidup berorganisasi. Jadi teringat ketika jaman masih mahasiswa s1 dulu. Pergi pulang naik kereta ekonomi terasa bahagia sekali.

Naik kereta ekonomi kertajaya dari pasar turi surabaya memang menyenangkan hati. Walaupun di awal saat naik acnya bocor dan air keluar dari sana sini. Alhamdulillah petugas dengan cekatan menangani. Masalah ac bocor segera cepat teratasi.

Komentar ditutup.