Saksi 2016 SMP Labschool Jakarta

Senang banget bisa belajar kepemimpinan bareng tentara nasional Indonesia angkatan darat (TNI-AD). Kami bersama mereka dari tanggal 5 sampai 7 Februari 2016. Kegiatan studi dan apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia yang disingkat SAKSI menyatukan hati kami. Selama berada di dodik latpur gunung bunder Bogor jawa barat kami ditempa untuk menjadi calon pemimpin masa depan. Dengan tema “semarakkan masa mudamu dengan kemandirian dan kedisiplinan guna menggapai masa depan gemilang”, kami menikmati kegiatan saksi dengan kesenangan hati.

Berangkat pagi pukul 07.00 dari SMP Labschool Jakarta, dengan riang gembira. Kami naik truk tronton menuju lokasi. Dari rawamangun sampai gunung bunder ditempuh hanya 2,5 jam karena dikawal polisi. Perjalanan lancar sampai tujuan. Ada 15 truk tronton membawa semua peserta saksi 2016 dan pengurus OSIS SMP Labschool Jakarta. Jumlahnya hampir 300 orang. Kami berangkat dengan pakaian pramuka lengkap. Seneng banget bisa naik truk tronton tentara. Tahun lalu kami naik bus ac, sekarang tidak lagi.

Sampai di lokasi kami diminta berkumpul untuk menuju barak tentara. Jalannya naik turun dan membuat lelah tubuh kami. Keringat keluar bercucuran sangat deras, karena naik turunnya jalan. Namun karena kami semangat untuk belajar, rintangan dan tantangan di depan mata kami hadapi dengan kegembiraan. Sambil berlari dan menyanyi bersama, tak terasa sampai juga di barak tentara. Posisinya ada di paling atas. Kalau sudah di atas, malas ke bawah lagi. Pemandangan alamnya sangat indah sekali. Apalagi bila melihatnya di pagi dan sore hari. Mereka yang sudah pernah ke sini pasti ingin ke sini lagi dalam suasana yang berbeda.

Belajar kepemimpinan di barak tentara membuat kami menjadi terlatih. Suka dan duka kami temui. Tak terasa sudah 3 hari di sini mengkuti saksi 2016. Materi survival dan penanggulangan hewan berbisa kami dapatkan. Materi kepemimpinan dan kedisiplinan sudah tentu kami dapatkan juga. Kami pun menampilkan pentas seni dan parade busana daerah di nusantara. Hal yang tak terlupkan adalah kegiatan outbond dan Hicking ke curug pangeran. Di sana kami menikmati air terjun dan mandi sepuasnya. Asyik euy!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s