Ada apa dengan MGMP TIK?

Banyak MGMP yang mati suri. Termasuk juga MGMP TIK. Bagi anda yang belum tahu kepanjangan MGMP, maka akan saya beritahu.
MGMP singkatan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Sedangkan TIK singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bahasa kerennya ICT yang merupakan singkatan dari Information and Communication Technology.
Anda pasti kaget melihat peringkat ICT negara Indonesia. Nanti akan saya beritahukan dalam kesempatan lain.
Saya sering mendapatkan undangan dari MGMP. Baik sebagai pembicara atau peserta kegiatan. Tapi belum pernah dapat undangan dari MGMP TIK. Setelah saya telusuri, MGMP TIK banyak yang mati suri. Jadi antara ada dan tiada.
Pengurusnya sudah sibuk dengan urusan sendiri. Apalagi setelah TIK tidak menjadi mata pelajaran lagi dalam kurikulum 2013. Banyak guru TIK menjadi guru prakarya. Bahkan ada ketua MGMP TIK menjadi instruktur nasional prakarya.
Mereka tidak bisa menolak tugas, sebab ternyata guru prakarya belum disiapkan dengan baik. Begitu juga materinya yang ternyata bisa masuk ke dalam materi IPA dan seni Budaya.
MGMP TIK seharusnya hadir dalam mencerahkan anggotanya.Semua guru TIK diundang dan diberikan diklat. Tapi sayang hal itu tidak dilakukan, karena penerima mandat atau amanah bingung dengan apa yang harus dilakukan.
Persoalan dana dan waktu menjadi persoalannya. Berbagai alasan pun dikemukakan sebagai alat bantu pembenaran. Ketika mata pelajaran TIK dihapus, barulah kemudian MGMP TIK mulai dilirik kembali.
MGMP TIK harus bangkit kembali dari tidur panjangnya. Sekarang tak perlu lagi saling menyalahkan. Buat kegiatan dari apa yang kita bisa. Kumpulkan semua guru TIK, dan ajak untuk berdiskusi.
Lupakan masa lalu kelabu, dan tatap masa depan. Pikirkan dan kembangkan materi TIK ke depan untuk generasi emas Indonesia. Sudah banyak hal baru berkembang dalam dunia TIK.
Sekarang ini, TIK tidak lagi berbasis aplikasi dan sistem operasi. Pengolah kata dan pengolah angka serta presentasi hanya bagian kecil dari materi TIK.
Perkembangan TIK yang cepat dan pesat harus diimbangi dengan belajar sepanjang hayat.
MGMP TIK seharusnya menjadi motor penggerak agar TIK di Indonesia tidak tertinggal. Materinya harus terus diupdate dan guru-gurunya dilatih dari para pakar TIK Indonesia dan luar negeri.
Saya menyambut baik undangan forum MGMP TIK SMP di Jakarta. Semoga kegiatannya berjalan baik dan menghasilkan materi TIK terbaru. Bagi anda yang belum mendapatkan undangannya, dapat mengunduh undangannya di sini.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wijayalabs/mgmp-tik_57c8c66f349773c07b379eb9

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s